Spesifikasi dan Harga Asus E210MA Laptop Terbaik Untuk Anak Sekolah


Harga dan spesifikasi Asus E210MA | quick spec: Intel Celeron N4020, RAM 4GB, SSD 256GB, TFT LCD 11.6 inci, WiFi ac,Bluetooth 4.1, USB 3.2 Gen 1, USB Type-C, USB 2.0, HDMI, card reader, numberpad, webcam, Windows 10 Home, Microsoft Office 2019 | Harga Asus E210MA berada di kisaran 4 jutaan. Dengan spesifikasi cukup bagus di kelas harganya, laptop kecil banyak fitur dengan tampilan yang stylish satu ini sangat laris di pasaran.

Diantara laptop layar 11,6 inci yang sekarang ini beredar, sulit untuk mencari pesaing yang punya fitur sebagus Asus E210MA ini.

Jika Anda membutuhkan laptop dengan layar lebih besar – 14 inci – maka Anda bisa beli Asus E410MA dengan fitur yang kurang lebih sama, dengan SSD lebih besar – 512GB dan layar resolusi lebih tinggi – Full HD. E210MA sendiri cukup dengan layar HD 1366 x 768 piksel saja.

Tapi itu tidak masalah, toh dengan layar 11,6 inci, layarnya sanggup menyuguhkan tampilan yang jelas, terang, dan warna yang indah.

baca juga: Hindari 5 Kesalahan Ketika Membeli Laptop Baru Ini Supaya Tidak Menyesal

Varian Asus E210MA

Sampai tulisan ini dibuat, Review Laptop ID hanya menemukan 3 varian saja. Tapi kalau melihat betapa larisnya laptop E210MA ini, sangat mungkin Asus akan segera merilis versi lainnya.

Di pasaran, Anda akan menemui versi:

  • ASUS E210MA – GJ423TS berwarna ROSE PINK
  • ASUS E210MA – GJ422TS berwarna DAZZLING SILVER
  • ASUS E210MA – GJ421TS berwarna PEACOCK BLUE

Iya, ketiga versi Asus E210MA ini hanya berbeda dari warna casingnya saja. Kalau soal spesifikasi dan fiturnya semua sama.

Anda bisa memilih warna yang paling pas dengan kepribadian dan warna favorit Anda sendiri.

Kalau saya sih memilih ASUS E210MA – GJ421TS, warna birunya terihat cool dan kalem. Sementara yang GJ422TS sepertinya lebih cocok untuk Anda yang ingin terlihat smart. Versi warna pink Asus E210MA – GJ423TS akan cocok banget bagi Anda yang feminin dan modis.

Kalau Anda sedang mencarikan laptop untuk anak perempuan yang masih SMP atau SMA, versi yang berwarna pink ini akan cocok banget.

Asus E210MA GJ423TS – Pink-nya manis banget…

Anda bisa beli atau cek harga terbarunya di sini:


Bagaimana Kinerja Asus E210MA?

Laptop kecil Asus E210MA ini ditujukan untuk pekerjaan ringan, seperti browsing, edit dokumen Office, menyusun laporan, dan membuat presentasi. Tenaganya jelas kurang untuk menjalankan aplikasi berat untuk desain grafis atau editing video.

Jika Anda membutuhkan laptop dengan kebutuhan lumayan berat seperti itu, silahkan baca dulu Ini Spesifikasi Laptop Untuk Desain Grafis Yang Ideal Supaya Tidak Tersengal-Sengal.

Atau jika Anda juga membutuhkan laptop yang bisa diajak main game yang rada berat dengan setting rata kanan, silahkan baca juga 7 Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik Dengan Harga Murah.

Asus E210MA ini cukup dengan perpaduan Intel Celeron N4020, RAM 4GB, SSD 256GB, didampingi dengan Intel UHD Graphics 600 untuk urusan grafisnya.

Dengan spesifikasi seperti ini, laptop murah 4 jutaan ini menawarkan kinerja yang cukup bagus untuk kegiatan komputasi harian.

Anda tidak akan kesulitan menjalankan berbagai aplikasi berbasis Office. Mulai dari Microsoft Word, Excel, atau Power Point dengan lancar.

Dan Anda tidak perlu membeli lisensi semua aplikasi kantoran wajib dari Microsoft itu. Dalam paket penjualannya, Anda mendapatkan lisensi gratis Microsoft Windows 10 Home x64 + Microsoft Office Home and Student 2019 – asli yang sudah pre-installed. Ini menyenangkan sekali.

RAM 4GB yang dibawanya juga sudah cukup jika Anda perlu menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Seperti misalnya mengetik laporan di Word atau membuat presentasi di Power Point sembari membuka browser untuk mencari referensi dan data-data yang dibutuhkan.

baca juga: Baru Beli Laptop Baru? Ini Yang Harus Anda Lakukan!

Dengan spesifikasi yang dibawanya, laptop Asus 4 jutaan E210MA ini sudah sangat mumpuni untuk mendukung sekolah jarak jauh yang mengandalkan browser dan internet. Google Meet yang diakses melalui Chrome bisa dijalankan dengan lancar. Zoom meeting juga berjalan dengan baik.

Sayangnya memang modul RAM-nya sudah tersolder pada motherboard dan tidak disediakan slot kosong untuk upgrade.

Webcam resolusi VGA yang ditempatkan di bezel atas layarnya juga punya kinerja yang bagus untuk melakukan meeting dan video call – selama Anda melakukannya di tempat yang cukup cahaya.

Kinerja Asus E210MA didukung oleh prosesor Intel Celeron N4020 yang berasal dari generasi Gemini Lake. Processor dual-core yang satu ini kinerjanya cukup bagus dan stabil serta sangat irit daya. Processor ini juga digunakan pada laptop Asus E410MA yang layarnya lebih besar.

Kinerja multitaskingnya cukup bagus dengan RAM 4GB-nya, hanya mungkin Anda akan sedikit merasakan lag ketika melakukan screen sharing. Tapi ini wajar sih, laptop yang spesifikasinya lebih tinggi saja bisa mengalaminya juga.

Jika itu sampai terjadi, cobalah untuk mengurangi jumlah tab Chrome atau browser yang terbuka.

SSD berkapasitas 256 GB bertipe M.2 PCIe 3.0 x2 sangat membantu kinerja Asus E210MA ini secara keseluruhan. Kecepatan baca tulisnya jauh lebih tinggi dibanding hard disk konvensional. Kurang lebih 10 sampai 15 kali lipat.

Itu sebabnya, meskipun harganya murah dan ukuranya kompak, laptop murah 4 jutaan Asus E210MA ini bisa booting dalam waktu 10 detikan saja. Anda juga tidak perlu menunggu lama untuk mulai menjalankan aplikasi. Jauh berbeda dengan laptop yang masih menggunakan hard disk.

Kapasitas SSD sebesar 256GB sudah cukup besar untuk keperluan pelajar dan mahasiswa. Toh, konten multimedia lebih banyak yang dinikmati via layanan streaming, sudah tidak jamannya download film sampai ber-giga-giga seperti dulu lagi.

Untuk urusan grafis, ada Intel UHD Graphics 600 yang mengusung 12 execution unit (EUs) dengan kecepatan 650MHz. Sudah cukup banget supaya Anda bisa menikmati konten multimedia dengan lancar. Streaming youtube resolusi tinggi juga masih lancar-lancar saja tuh…. Tinggal seberapa cepat koneksi internet saja – dan kuota internet sih….

baca juga: Lakukan Ini Kalau Mau SSD Kamu Awet!

Tanpa Kipas

Iya, laptop Asus E210MA ini hadir tanpa kipas pendingin alias fanless.

Ini bisa terjadi karena memang processor dan komponen lainnya dirancang untuk bekerja dalam batasan tertentu dimana mereka tidak perlu mengeluarkan panas berlebih.

Karena tanpa kipas, artinya Anda tidak akan menemukan lubang udara di bagian bawah casingnya. Jadi dia aman untuk diletakkan di atas kasur atau permukaan bertekstur empuk atau lembut.

Karena tidak ada kipas ini, maka Anda juga tidak akan terganggu dengan suara dengungan kipas. Sehingga, menurut Review Laptop ID, laptop ini akan sangat pas digunakan sebagai laptop untuk merekam audio. Baik jika Anda merekam hanya dengan microphone bawaan laptop maupun dengan microphone external.


Pola di belakang cover layar Asus E210MA

Desain stylish kekinian

Dibandingkan dengan desain laptop 4 jutaan yang lain, desain laptop Asus E410MA ini membawa banyak penyegaran. Yang pertama kali bisa dikenali adalah tekstur pada bagian belakang casing penutup layarnya.

Tidak lagi polosan satu warna seperti yang lain, laptop mungil ini beda – casing belakangnya ini dibubuhi huruf yang tersusun acak. Warnanya juga terlihat berubah jika dilihat dari sudut yang berbeda. Khas anak muda dan sangat stylish.

Kemudian jika kita buka layarnya, ada tombol Enter yang diberi pinggiran berwarna kuning stabilo yang cukup mencolok.

Secara fungsional, sebenarnya tidak ada efeknya. Tetapi secara visual, ini membuat keyboard laptop murah 4 jutaan yang satu ini terlihat berbeda dan segar.

Yang kemudian terlihat mencolok adalah bagian touchpad-nya. Pada touchpad ini terlihat ada angka-angka. Asus menyebutnya sebagai numberpad.

Biasanya Asus hanya memberikan fitur numberpad ini pada kelas ultrabook yang harganya diatas 10 jutaan.

hNah, fitur ini akhirnya ini dihadirkan pada laptop murah 4 jutaan yang satu ini.

Tentu saja fitur ini tidak hanya dihadirkan untuk membuatnya terlihat berbeda. Numberpad ini benar-benar fungsional dan menyenangkan.

Bagi Anda yang pekerjaannya berkutat dengan angka, harus melakukan input berupa data angka yang bejibun, maka fitur numberpad pada laptop murah Asus E210MA ini akan sangat bermanfaat.

Apa enaknya ada numberpad?

Seperti yang Anda mungkin tahu, tombol angka biasanya hanya hadir di laptop yang layarnya 15,6 inci ke atas.  Untuk laptop yang layarnya 14 inci ke bawah, tombol angka ini ditempatkan secara berderet di bawah tombol fungsi.

Dan ini tentu saja bukan penempatan yang ideal. Kita harus benar-benar menggerakkan tangan – bukan hanya jari – untuk mencapai tombol-tombol angka ini. Kalau angka yang diolah jumlahnya sedikit, ini bukan masalah – beda jika yang Anda kerjakan adalah menginput angka dalam jumlah yang banyak sekali.

Proses input data berupa angka ini bisa berjalan lambat, bikin tangan pegal, dan rawan keliru.

hNah, di laptop Asus E210MA ini, tombol angka-nya ditambahkan di touchpad – jadi sebutannya juga berubah menjadi ‘numberpad.’

Sekarang Anda bisa melakukan input data berupa angka dengan lebih cepat, tidak melelahkan, dan lebih aman dari kesalahan.

Fitur numberpad ini pasti akan sangat berguna bagi siswa sekolah atau mahasiswa jurusan Akuntansi, Bisnis dan Manajemen, dan sebagainya.

Kalau untuk bapak ibu guru dan dosen?

Pasti sangat berguna – karena mereka secara rutin perlu menginput data nilai siswa ke dalam laporan mereka. Ini fitur bagus banget.

Sejauh yang saya tahu, tidak ada laptop 4 jutaan lain yang memiliki fitur seperti ini. Secara pribadi, numberpad pada seri E210MA dan E410MA inilah yang menjadi alasan paling kuat buat saya sangat merekomendasikannya. Tentu saja ketika yang Anda butuhkan adalah laptop untuk bekerja sehari-hari, bukan untuk main game atau bekerja dibidang desain dan editing video.

Dimensi ringkas, bobot enteng, baterai awet banget

Laptop Asus E210MA ini berukuran sangat ringkas. Sisi terpanjangnya adalah 27.90 cm, lebarnya 19.10 cm, sementara tingginya cuman 1.69 cm. Kurang lebih hanya seukuran kertas A4. Kompak banget. Beratnya juga hanya 1,05 kilogram.

Dengan ukuran sekompak dan berat seringan ini, Anda tidak akan terbebani untuk membawanya ke sekolah, kampus, perpustakaan, atau ketika ingin bekerja sambil nongkrong di kafe. Penampilannya yang stylish dan modern juga ndak malu-maluin.

Anda bisa menyelipkannya ke dalam tas dan bisa tetap punya banyak sisa space untuk barang-barang yang lain, berkas-berkas tercetak misalnya. Cocok banget untuk kebanyakan siswi atau mahasiswi yang tidak mau membawa tas punggung besar.

Sebenarnya kapasitas baterai laptop Asus E210MA ini sedang-sedang saja, 2 cell 38WHrs. Tetapi karena processor yang digunakan memang irit daya, layarnya kompak, dan komponnen lain yang juga hemat daya, maka daya tahan baterainya terhitung sangat irit.

Daya tahan baterai Asus E210MA ini bisa sampai 12 jam untuk sekali pengisian.

Tentu saja ini untuk penggunaan standar ya…. Kalau dipaksa untuk penggunaan yang agak berat, memang tidak akan selama itu.

Yang pasti, daya tahan baterainya sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan sekolah online atau streaming drakor semalaman.

baca juga: Ingin Kredit Laptop Pakai Kredivo? Begini Caranya….

Layar mungil resolusi HD

Layar berukuran 11,6 inci mungkin terlalu kecil untuk sebagian orang. Tetapi sebenarnya dengan resolusi HD 1366 x 768 piksel yang dibawanya sudah cukup bagus.

Resolusi HD ini memberi keuntungan lebih pada laptop Asus E210MA ini, yaitu lebih hemat daya. Karena resolusi lebih kecil membutuhkan tenaga yang lebih ringan. Lagipula, karena bentangnya hanya 11,6 inci, maka kerapatan pikselnya terbilang masih bagus.

Layar yang dibawanya berjenis TFT TN LCD yang sangat umum dipakai pada laptop 11.6 inci di rentang harga yang sama. Untuk cakupan rentang warna, dia sudah bisa menampilkan 45% NTSC color gamut yang cukup menyenangkan untuk menikmati konten multimedia. Akurasi warnanya sesuai standar dan sudah sangat cukup untuk penggunaan sehari-hari.

Supaya Anda lebih nyaman bekerja, ada dukungan fitur Asus EyeCare protection supaya mata Anda tidak mudah terasa lelah. Lapisan anti glare di layarnya juga membuatnya tidak terlalu memantulkan cahaya, sehingga layarnya tetap mudah terbaca meskipun digunakan di luar ruangan atau ketika Anda terpaksa bekerja dengan membelakangi sumber cahaya yang kuat.

Jika Anda merasa perlu mengatur tingkat kecerahan dan ketajaman layar, gunakan Asus Splendid yang intuitif dalam penggunaannya.

Browsing internet untuk mencari referensi, streaming video dari Youtube, ataupun mengikuti pelajaran secara daring melalui Google Meet atau Zoom juga tidak menjadi masalah – masih sangat nyaman.

Kenyamanan penggunaan, bobot yang ringan, baterai awet, dan portabilitas yang lebih masih menjadi hal-hal yang layak dipertimbangkan ketika kita memilih laptop untuk anak sekolah dan mahasiswa kekinian.

Keyboard enak dan ringkas

Karena laptop ini ditujukan untuk pengguna yang kebutuhan dasarnya akan lebih banyak berurusan dengan teks – seperti menyusun laporan, mengerjakan tugas secara daring, dan mengakses internet, keyboard yang bagus dan nyaman dipakai tentu saja sangat penting.

Keyboard Asus E210MA cukup nyaman digunakan untuk mengetik maupun mengedit dokumen Word atau Google Docs.

Tombolnya masih cukup besar dengan jarak antar tombol yang cukup. Jarak ketuk – key travel 1,4 mm juga pas dengan daya membal yang cukup menyenangkan. Anda tidak perlu menekan terlalu keras untuk mengetik.

Ada tombol angka yang bisa diaktifkan dengan menyentuh tombol kapasitif yang berada di pojok kanan atas touchpad-nya.

Konektivitas memadai

Meskipun ukurannya mungil, tapi laptop cantik Asus E210MA ini cukup murah hati untuk urusan konektivitas.

Anda akan menemukan port USB 3.2 Gen 1, Port USB 3.2 Gen 1 Type-C, Port USB 2.0, Port HDMI, card reader, dan combo audio jack.

Untuk sambungan nirkabel, sudah ada WiFi 5 (802.11 ac) yang lebih cepat dan hemat daya, serta Bluetooth 4.1

Kelebihan Asus E210MA

  • harga murah
  • desain kekinian
  • dimensi ringkas
  • ringan
  • Dilengkapi OS Windows 10 Home x64 + Microsoft Office Home and Student 2019 asli pre-installed

Kekurangan Asus E210MA

  • RAM onboard, tidak upgradeable
  • backlit keyboard bersifat opsional

Harga Asus E210MA

Di beberapa marketplace, harga Asus E210MA ini berada di kisaran 4,6 sampai 5,1 jutaan.

Anda bisa beli atau sekadar update harganya di:

Spesifikasi Asus E210MA

  • Prosesor: Intel Celeron N4020 dual-core (2 thread) 1,1GHz dengan 2,8GHz TurboBoost
  • Chipset: Intel
  • Grafis: Intel UHD Graphics 600
  • Memori: RAM 4GB DDR4-2400MHz onboard
  • Storage: SSD 256GB M.2 PCIe 3.0 x2
  • Layar: TFT LCD dengan LED backlight 11,6 inci resolusi HD 1366 x 768 piksel, 45% NTSC color gamut, Asus Splendid, Asus Eye Care, NanoEdge Display
  • Konektivitas: WiFi 5 (802.11 ac), Bluetooth 4.1, Port USB 3.2 Gen 1, Port USB 3.2 Gen 1 Type-C, Port USB 2.0, Port HDMI, card reader, combo audio jack
  • Backlight chiclet keyboard dilengkapi dengan NumberPad
  • Audio: Speaker stereo, ICEpower, SonicMaster Audio
  • Kamera: webcam dengan resolusi VGA
  • Baterai: 2 Cell 38WHr lithium-ion Battery
  • OS: Microsoft Windows 10 Home x64 + Microsoft Office Home and Student 2019 Asli pre-installed
  • Dimensi: 27.90 x 19.10 x 1.69 ~ 1.69 cm
  • Berat: 1,05 kilogram
  • Warna: Peacock Blue (GJ421TS), Dreamy White (GJ422TS), dan Rose Pink (GJ423TS)

Tinggalkan komentar