Asus A409UA BV302T BV301T Harga 5 Jutaan, Spesifikasi Menantang Bagi Yang Tidak Mau Utang

By | September 6, 2020

Asus A409UA BV302T BV 301T harga dan spesifikasi | Quick Spec: Intel® Core™ i3-7020U, 14 inci HD, Anti-Glare, Intel UHD Graphics 620, RAM 4GB, HDD SATA 1TB 5400RPM, FingerPrint, Wi-Fi 5, Bluetooth 4.2, MicroSD reader, 2x USB 2.0, 1x USB3.1 Type A (Gen1), 1x USB3.1 Type C (Gen1), Audio Combo Jack, HDMI 1.4, Windows 10, Microsoft Office 365 Trial 1 month | Dengan harga Asus A409UA BV302T / BV301T yang hanya 5 jutaan ini, pilihan laptop murah dari Asus bertambah lagi.

Dengan mengandalkan Intel Core i3-7020U untuk komputasi yang gegas, RAM 4GB supaya kinerja multitaskingnya lumayan, Intel UHD Graphics 620 untuk urusan grafis, dan HDD SATA berkapasitas 1TB yang lega, Anda bisa memilih laptop Asus A409UA ini untuk berbagai keperluan.

Jika Anda memerlukan laptop untuk mengerjakan tugas-tugas kantoran, sekolah, atau kuliah – yang lebih banyak untuk menjalankan aplikasi Microsoft Office dan mengakses internet itu, maka laptop Asus i3 5 jutaan ini sudah lebih dari cukup.

Memang akan berbeda ceritanya kalau Anda membutuhkan laptop untuk desain grafis, mengedit video, atau serius bermain game. Review Laptop ID sarankan untuk menambah anggaran setidaknya 2 atau 3 juta lagi, untuk beli laptop gaming kelas entry.

Asus A409UA BV302T / BV301T ini bukan laptop gaming, pun laptop untuk desain grafis atau gaming. Anda bisa melihat bahwa laptop Asus murah ini tidak memiliki GPU diskrit.

Penambahan seri BV302T dan BV301T di belakang itu hanya membedakan warna casingnya saja. Tidak ada perbedaan spesifikasi. BV302T itu yang berwarna Slate Grey, sementara yang BV301T itu untuk yang berwarna Silver.

Tetapi di kelas laptop i3 5 jutaan, spesifikasi Asus A409UA BV302T / BV301T ini cukup tangguh, dan yang pasti membuat kita yang dananya nanggung jadi tambah bingung, hehe….

Asus A409UA BV302T

Harga Asus A409UA BV302T / BV301T

Anda bisa membeli Asus A409UA BV302T / BV301T di berbagai toko online maupun offline dengan mudah. Harga yang Review Laptop ID temukan berkisar antara 5,6 sampai 5,9 jutaan.

Anda bisa membeli atau sekadar cek ketersediaannya di beberapa online shop besar dan terpercaya berikut ini:


Seperti yang anda lihat, perbedaan harga Asus A409UA BV302T / BV301T di masing-masing marketplace ternyata tidak berbeda jauh. Kemungkinannya ya karena pasokan stoknya terjaga.

Pada waktu posting ini ditulis, lazada, blibli, dan shopee sepertinya tidak banyak memiliki stok. Masing-masing hanya punya 3 biji. Sementara di bukalapak dan tokopedia masih tersedia cukup banyak.

Kalau sekarang, bisa jadi sudah berubah. Silahkan klik pada link masing-masing marketplace di atas untuk cek update harga Asus A409UA BV302T / BV301T terbaru bulan ini.

Kelebihan Asus A409UA BV302T / BV301T

  • kinerja bagus di kelasnya
  • HDD 1TB yang super lega
  • desain tipis dan stylish dengan bezel layar tipis
  • cukup enteng dibanding laptop di kelasnya
  • ada fitur fast charging
  • pre-installed Window 10 Home x64
  • RAM bisa diupgrade sampai 16GB

Kekurangan Asus A409UA BV302T / BV301T

  • bezel masih kalah tipis dari Asus Vivobook Ultra A412
  • tidak ada kartu grafis diskrit
  • layar masih HD 1366 x 768
  • kamera hanya VGA
  • belum SSD

Apakah kinerja Asus A409UA BV302T / BV301T cukup tangguh?

Untuk apa dulu?

Kinerja laptop ini bersandar pada processor Intel Core i3-7020U, RAM 4GB DDR4-2400MHz, dan Intel UHD Graphics 620.

Ketiganya mampu memberikan kinerja yang lumayan stabil dan cukup untuk komputasi sehari-hari.

Intel Core i3-7020U adalah SoC dari Intel untuk laptop kelas entry yang lebih mengedepankan efisiensi tenaga. Meskipun dia masih merupakan processor dual-core, tapi ada fitur Speed Shift yang membuatnya bisa menyesuaikan kecepatan kerja dan kebutuhan daya dengan kebutuhan dari aplikasi yang dijalankan dengan cepat.

Ini membuat proses yang ditanganinya bisa berjalan lebih optimal dan tetap menjaga konsumsi daya listrik seefisien mungkin.

Kecepatan kerja standarnya sendiri adalah 2,3GHz yang demi alasan efisiensi – sayangnya – tidak dibekali dengan fitur TurboBoost.

Modul RAM terpasang pada Asus Vivobook A409UA BV302T / BV301Tini terhitung standar saja untuk ukuran sekarang. 4GB saja. Cukup sih untuk keperluan komputasi harian seperti Office, browsing internet, membuat laporan, mengerjakan tugas-tugas kantor atau sekolah.

Tapi ya hanya cukup.

Beberapa dari Anda mungkin akan mengalami lag ketika menggunakannya untuk melakukan screen sharing di Google Meet.

Untungnya, jika anda membelinya, anda masih punya opsi untuk upgrade RAM Asus A409UA BV352T sampai 16GB.

Kemampuan untuk upgrade RAM ini menjadi salah satu kelebihannya, karena pada umumnya laptop entry level murah memasang mati modul RAM-nya tersolder pada motherboard dan tidak ada slot untuk memasang RAM tambahan.

Idealnya, anda menggunkan laptop dengan RAM minimal 8GB supaya laptop berjalan lancar meskipun dipakai untuk menjalankan banyak aplikasi berbarengan. Windows 10 itu boros tenaga pakai banget.

Untuk urusan grafis, ada Intel UHD Graphics 620. Pilihan yang bijak dan sesuai dengan pasar yang dituju laptop Asus murah ini.

Kinerja grafis Intel UHD Graphics 620 sendiri terhitung bagus dan yang lebih penting lagi, hemat daya listrik sehingga baterai laptop anda bisa lebih awet.

Untuk informasi detailnya silahkan baca Intel Core i3-7020U Kaby Lake Ekonomis Dengan Speed Shift Supaya Lebih Hemat Baterai.

Desain kekinian dengan NanoDisplay

Jika sekarang kita melihat trend pada smartphone dimana layar lebih lega itu lebih banyak yang suka, maka agak berbeda dengan trend pada penampakan laptop dimana trend-nya adalah ukuran layar tetap besar tapi bisa terlihat lebih ringkas.

Dan bezel di pinggir layar itulah yang diminimalkan sampai maksimal.

Asus menamai bezel layar yang tipis pada laptopnya ini dengan istilah NanoEdge. Yang meskipun masih jauh dari ukuran ‘nano’ yang sebenarnya, ternyata memang bisa membuat laptop menjadi lebih ringkas, dan memberi efek lega pada layarnya.

Padahal aslinya ya tetap 14 inci, hehe….

Tidak setipis bezel layar Asus Vivobook Ultra A412 sih, tapi masih cukup tipis dan cantik.

Bezel tipis di layarnya ini juga berimbas pada ukuran laptop secara keseluruhan. Dan menurut saya, ini menyenangkan. Jadi lebih nyaman saja memasukkannya ke dalam tas kerja.

Bobotnya enteng

Laptop Asus A409UA BV302T / BV301T ini juga pasti pas banget untuk anda yang sedang mencari laptop yang ringan tapi tangguh dan harga terjangkau. Bobotnya hanya 1,6 kg.


Iya, bukan laptop 14 inci paling ringan sih…. Dan jangan dibandingkan bobotnya dengan seri Asus ultrabook seperti Zenbook yang jelas lebih ringan dan pastinya lebih mahal.

Laptop dengan bobot 1,6 kg itu masih cukup nyaman dibawa-bawa, baik ketika ditenteng tangan maupun dimasukkan ke dalam tas.

Untuk laptop 14 inci, ini sudah termasuk ringan. Saya jadi ingat dengan Asus 1215B yang layarnya 12,1 inci dengan berat juga sama, 1,6 kg.

Layar 14 inci dengan lapisan anti-glare

Dengan harga 5 jutaan, layar laptop Asus Vivobook A409UA BV352T ini ternyata cukup menyenangkan dipakai untuk bekerja.

Memang resolusinya masih sebatas HD 1368 x 768 piksel. Belum Full HD dan menggunakan panel TN.

Bukan masalah besar bagi kita yang pekerjaannya memang masih sebatas Office dan browsing internet.

Toh, kehadiran fitur Asus Splendid lumayan memudahkan kita mendapatkan tampilan layar yang jernih, tajam, dan tidak menyilaukan.

Dan juga lapisan anti-glarenya benar-benar membantu mengurangi pantulan layar ketika kita bekerja di ruangan yang terlalu terang. Dengan tingkat kecerahan layar 30% saja, teks, foto, dan video di layarnya masih bisa kita lihat dengan jelas.

Anda tidak akan tersiksa meski harus bekerja dalam waktu lama melihat pada layarnya.

Menurut saya, ukuran layar 14 inci adalah ukuran paling ideal untuk sebuah laptop harian. Cukup lega untuk mengetik dan menikmati konten hiburan, masih nyaman untuk melakukan editing grafis, dan  tidak terlalu besar (dan biasanya berat) untuk dibawa-bawa bepergian.

Kualitas layarnya cukup bagus, dengan kemampuan reproduksi warna yang tajam, akurat, dan halus. Layarnya juga memiliki sudut pandang yang luas, sehingga masih bisa dilihat dengan jelas meskipun anda tidak berada tepat didepannya.

Anda juga masih mendapatkan fitur Asus EyeCare protection untuk melindungi mata anda dari kelelahan karena harus melihat layar – seperti ketika anda harus mengetik dokumen yang panjang, mengedit foto yang perlu detail, atau menonton film.

Tidak ada kartu grafis diskrit

Asus Vivobook A409UA BV302T / BV301T ini bukan laptop gaming atau laptop yang dibuat untuk content creator begitu. Laptop i3 bagus 5 jutaan ini lebih ditujukan pada mereka yang memerlukan laptop dengan kinerja sedang, baterai lumayan awet, tampilan stylish ala ultrabook. Bukan untuk para gamer wannabe yang suka maksa laptop biasa untuk main game berat-berat.

Maka, sangat wajar ketika dia cukup dilengkapi dengan Intel UHD Graphics 620 saja.

Keuntungannya adalah performa bagus untuk multimedia tetapi tetap awet baterainya.

Kerugiannya?

Ya mau tidak mau, harus kompromi ketika perlu menjalankan aplikasi yang butuh kinerja grafis yang tinggi, seperti menjalankan aplikasi desain grafis dan editing video serta rada susah menemukan game rilisan terbaru yang masih ngangkat untuk dimainkan.

Fitur bagus lainnya

Untuk sektor audio, laptop murah Vivobook A409UA BV352T ini memiliki dua buah speaker stereo berkekuatan 2 W yang cukup bagus berkat Asus SonicMaster dan ICEPower.

Dari sisi konektivitas, laptop ini juga terhitung lengkap sehingga mudah dihubungkan dengan perangkat lain. Ada Bluetooth, WiFi, Port USB 3.1 Gen 1, Port USB 3.1 Gen 1 Type-C, Port USB 2.0, port combo audio, Port HDMI, dan card reader.

Selain itu, ketika anda membelinya, maka anda juga akan mendapatkan Windows 10 Home x64 asli yang sudah terinstall di dalamnya. Setidaknya, anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli lisensi OS Windows 10 baru yang harganya bisa sampai sepertiga harga laptop ini.

Spesifikasi Asus A409UA BV352T

  • Processor: Intel® Core™ i3-7020U 2.3 GHz (3M Cache)
  • Chipset: Intel
  • Display: 14 inci, HD 1366×768, 200nits, Anti-Glare, NTSC: 45%
  • Video Graphics: IGPU Intel UHD Graphics 620
  • On board memory: 4GB on board
  • Memory Slot: 1x
  • Memory Max: 16GB
  • Storage: SATA 1TB 5400RPM 2.5′ HDD
  • Video Camera: VGA Web Camera (Fixed type)
  • Optical Drive: N/A
  • FingerPrint: yes
  • On board Wireless: Wi-Fi 5(802.11ac), Bluetooth 4.2   (Dual band)
  • LAN jack: N/A
  • Card Reader: MicroSD
  • USB Port: 2x USB 2.0, 1x USB3.1 Type A (Gen1),  1x USB3.1 Type C (Gen 1)
  • Interface: 1x Headphone-out & Audio-in Combo Jack, 1x HDMI 1.4
  • Audio: Built-in speaker, Built-in microphone
  • Weight: 1.40 KG (Without Battery) 1.60 KG (with 2 cell battery)
  • Dimension: 32.5(W) x 21.6(D) x 2.31 ~ 2.31 (H) cm
  • AC Adapter: 45W AC Adapter,  Output: 19V DC, 2.37A, 45W , Input: 100~240V AC 50/60Hz universal
  • Battery: 32WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion
  • Software: ASUS GiftBox,  ASUS Smart Gesture,  ASUS Splendid
  • Accessory: Backpack
  • OS: Windows 10 (64bit)
  • Office: Includes 1 month Trial for New   Microsoft Office 405 Customers
  • Warna: Transparent Silver dan Slate Grey

Dimana beli Asus A409UA BV302T / BV301T dengan harga paling murah?

Anda bisa membeli atau sekadar cek ketersediaannya di beberapa online shop besar dan terpercaya berikut ini:

Catatan: harga diatas adalah harga paling murah yang Review Laptop ID temukan pada saat artikel ini ditulis. Sehingga ada kemungkinan sudah ada perubahan. Silahkan anda pastikan dengan mengunjungi masing-masing link di atas.

Rekomendasi:

Jika dana Anda terbatas, dan memang kebutuhan komputasi Anda memang hanya seputar Office dan browsing internet. Asus A409UA BV302T / BV301T ini bisa dipilih. Terutama ketika Anda menganggarkan tidak lebih dari 5,8 jutaan.

Tapi jika ada sedikit saja kelonggaran anggaran, barang 500 ribuan, rasanya akan jauh lebih baik jika Anda memilih Asus A409UA BV352T.

Silahkan baca dulu reviewnya di Asus A409UA BV352T Harga dan Spesifikasi Laptop i3 Dengan SSD NVMe 512GB!

Atau Anda bisa langsung membelinya di:

Anda bisa membelinya di kisaran harga 6 jutaan. Ada dua hal yang bagi saya sangat berpengaruh.

Dengan menambah sedikit Anda akan mendapatkan layar Full HD dengan panel IPS, dan SSD NVMe 512GB.

Untuk spesifikasi lainnya tidak jauh berbeda dengan seri BV302T dan BV301T ini. Processor sama, RAM bawaan juga sama. Fitur dan port yang dibawa juga sama.

Tapi layar IPS dengan resolusi Full HD itu jelas akan memberikan pengalaman yang berbeda.



Dan dengan SSD NVMe 512GB-nya, dijamin Anda akan jarang sekali perlu cek Task Manager Windows 10 hanya untuk melihat jika Performance Disk laptop Anda 100% dalam waktu lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *