Cara Aman Membersihkan Layar LCD Gadget Supaya Tidak Rusak

Cara aman membersihkan layar LCD Gadget | Penggunaan gadget berlayar sentuh semakin populer saja. Jumlahnya yang setiap saat bertambah. Jika awalnya dulu ponsel berlayar sentuh itu terkesan mahal, maka sekarang harganya bisa sangat murah. Mulai dari ponsel Android 400 ribuan merk China sampai yang harganya lebih dari 10 juta. Mulai dari Android mungil sampai tablet berlayar besar memanfaatkan touchscreen sebagai media inputnya. Jika dahulu PC desktop dikenal dengan layar CRT yang boros listrik dan berat itu, maka sekarang pengguna komputer meja ini bisa juga menggunakan display berlayar sentuh. OS generasi baru seperti Windows 8 pun sudah mendukung penggunaannya. Laptop juga demikian. Sekarang sudah banyak pilihan laptop berlayar sentuh harga murah di pasaran.

Jadi, sepertinya jari kita sangat dimanjakan. Keyboard menjadi hanya digunakan ketika mengetik. Masalahnya, semakin canggih teknologi yang kita pakai, biasanya mereka juga semakin rumit, semakin menuntut perlakukan yang lebih halus. Termasuk ketika membersihkannya.

Musuh utama layar sentuh adalah jari kita sendiri. Jejak jari kita, terutama yang mudah berkeringat seringkali meninggalkan bercak yang tidak bagus. Belum lagi debu dan kotoran lain. Keringat membuat debu semakin mudah tertinggal di atasnya. Lalu bagaimana cara aman untuk membersihkannya?

Meskipun membersihkan layar sentuh, terutama pada gadget, itu bukan hal sulit, kita tetap harus memperhatikan beberapa hal supaya layar sentuh gadget anda tidak rusak dan bisa lebih lama anda gunakan. Seperti ini:

Matikan gadget anda sebelum membersihkannya

Ini tampaknya alay banget. Tapi upayakan untuk mematikannya jika anda hendak membersihkan layar secara penuh sampai menggunakan cairan tertentu misalnya. Bersifat opsional sih, tapi baiknya begitu. Toh, sekarang semakin banyak juga smartphone yang tahan air. Mematikan ponsel juga memudahkan anda untuk melihat kotoran pada layar, karena tidak terganggu dengan cahaya dari layar itu sendiri.

Jangan lupakan User Guide dan Manual

Diakui atau tidak, ini kelemahan kita: enggan banget membaca buku manual produk. Jika layar anda berjenis khusus, ada baiknya baca dahulu manualnya, siapa tahu dia butuh perawatan dan perlakuan khusus ketika membersihkannya.Cara Aman Membersihkan Layar LCD Gadget Supaya Tidak Rusak

Loading...

Gunakan Kain Bersih dan Kering Terlebih Dahulu

Untuk menghilangkan debu dan jejak jari beserta minyaknya, pertama gunakan dahulu kain microfiber yang halus (biasanya kain untuk membersihkan kaca-mata itu). Jangan gunakan sembarang kain. Kertas tisu sangat tidak disarankan karena malah bisa menyebabkan bekas goresan pada layar. Bersihkan dengan tekanan lembut terlebih dahulu. Jika kotorannya tidak terlalu berat, maka biasanya ini sudah cukup. Jika anda tidak punya kain microfiber, anda bisa membelinya di toko kacamata terdekat. Jika terpaksa banget, anda juga boleh menggunakan kain yang berbahan dasar katun. Sekarang sudah sulit menemukannya. Kalaupun ada harganya agak mahal.

Jika Perlu, Basahi Kain

Terkadang ada debu yang begitu kuat menempel, cara membersihkannya adalah dengan membasahi kain terlebih dahulu, jangan layarnya yang diberi air ya. Kemudian gunakan kain yang sudah lembab tadi dengan tekanan yang cukup untuk membersihkan.

Jangan gunakan kertas tisu pembersih lensa yang biasanya sudah basah itu. Termasuk juga tisu basah, apapun merk-nya. Karena mereka biasanya mengandung alkohol yang bisa merusak touchscreen gadget anda.

Kalau sudah, bersihkan dengan kain microfiber yang kering.

Jangan Menggunakan Cairan Pembersih Dapur

Ada yang pernah mencoba memakai pembersih kaca? Cling misalnya? Jangan ya…, anda tidak perlu mengorbankan layar anda untuk kemudian membuat testimoni. Tidak usah. Pembersih kaca itu biasanya mengandung windex, ammonia, dan tidak jarang alkohol. Semuanya tidak baik untuk layar anda. Efek terjeleknya adalah mereka itu bukan hanya menghilangkan kotoran tetapi juga akan menipiskan lapisan pelindung layar sentuh tersebut. sumber: The Easy Tech

Yang juga sebaiknya tidak dilakukan:

  • memakai terlalu banyak air
  • menyemprotkan cairan pembersih langsung ke layar
  • menekan terlalu keras pada permukaan layar

Sebenarnya, anda juga bisa menggunakan beragam alat untuk membantu membersihkan layar sentuh gadget dan monitor laptop atau PC anda. Diantara banyaknya pilihan itu, Reviw Laptop ID sudah pilihlah beberapa yang terbaik. Silahkan pilih yang mana yang paling pas untuk anda. Berikut daftarnya: Tool Terbaik Untuk Membersihkan Layar Gadget dan Laptop Juga Keyboardnya.

Hmmmm, tips di atas hanyalah tips dasar membersihkan layar sentuh gadget dengan aman. Ada yang punya cara lain? Menggunakan minyak kayu putih sebagai pengganti air misalnya? Ada yang pernah coba? Kalau ada tips lain, silahkan di share dengan berkomentar ya…. Saya tunggu….

(Dibaca 475 kali, hari ini 2)
Loading...
Tags:,

Jangan ragu untuk berkomentar ya....