Asus VivoBook A407UA Laptop i3-6006U Harga Murah Dengan Sensor Sidik Jari

Asus VivoBook A407UA Spesifikasi dan Harga| Quick Spec:Intel Core i3-6006U, HDD 1TB, RAM 4GBDDR4, Intel HD 520, WiFi, USB 2.0, USB 3.0, HDMI, FingerPrint Sensor, Windows 10 Home x64| Harga Asus VivoBook A407UA Rp. 5.799.000 | Dengan harga Asus A407UA yang berada di kisaran 5,7 jutaan, spesifikasi yang dibawanya masih terhitung tangguh untuk kebutuhan komputasi harian. Terlebih, ada banyak kelebihannya.

Spesifikasi Asus VivoBook A407UA berada ditengah-tengah antara A407MA dan A407UB. Demikian juga dengan harganya. Kelebihan utama yang paling diunggulkan dari seri A407 ini adalah desain NanoEdge dan sensor sidik jari yang memberi opsi keamanan lebih pada laptop anda.

Perbedaan Asus A407UA dan A407UB

Secara penampakan fisik, keduanya sangat identik, pun jika anda membandingkannya dengan versi yang lebih murah, si Asus A407MA yang harganya cuman 3 jutaan itu. Sehingga kalau anda hanya melihat dari luar, bakalan sulit untuk menebak mana yang versi MA, UA, dan UB ini.

Baru ketika anda melihat spesifikasinya, anda akan menemukan perbedaan Asus A407UA dan A407UB.

Karena keduanya memakai processor yang sama, Intel Core i3-6006U, berarti keduanya juga membawa pengolah grafis bawaan berupa Intel HD Graphics 520.

Nah, disinilah letak perbedaan utama antara keduanya, A407UB membawa GPU diskrit berupa NVIDIA MX110 yang dihargai dengan perbedaan harga sampai sejutaan.

Loading...

Cukup wajar sih, hehe….

Ok, sekarang kita fokus ke Asus A407UA terlebih dahulu. Apakah laptop murah dengan sensor sidik jari yang satu ini cukup layak dibeli?

Untuk itu, mari kita cermati dulu spesifikasi yang dibawanya.

Spesifikasi Asus VivoBook A407UA

  • Layar TFT LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi 1366 x 768 piksel, Glare 60Hz Panel dengan 45% NTSC, Asus Splendid, NanoEdge
  • Prosesor Intel Core i3-6006U dual-core 2GHz
  • Chipset Intel
  • Grafis Intel HD Graphics 520
  • Memori RAM 4GB DDR4 2133MHz, upgradeable max 16GB DDR4
  • Storage hard disk 1TB 5400 rpm
  • Konektifitas WiFi, Port USB 2.0, Port USB 3.0, VGA port, Port HDMI, sensor sidik jari, TPM
  • Stereo speaker, ICEpower audio, Asus SonicMaster Audio
  • Kamera VGA webcam
  • Baterai 3 Cells 33 Whrs Battery
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 10 Home x64
  • Dimensi 328.6 x 246.3 x 21.9 mm  berat 1,55kg
  • Warna Stary Grey dan Icecle Gold

Asus VivoBook A407UA

Bagaimana? Sangat kompetitif kan spesifikasi Asus VivoBook A407UA ini?

Coba kita rinci satu per satu supaya anda lebih yakin lagi kalau mau beli Asus A407UA ini.

Kinerja Asus VivoBook A407UA

Untuk urusan kinerja, A407UA mempercayakan pada Intel Core i3-6006U sebagai processor utamanya. Meskipun ini bukan processor generasi terbaru dari Intel, tetapi masih sangat layak digunakan pada saat sekarang.

Dibandingkan dengan i3-5005U (yang sekarang Review Laptop ID

pakai di Asus Pro P2420LJ), kecepatannya sekitar 5 sampai 10 persen lebih tinggi. Bahkan, jika keduanya dibandingkan pada clock rate yang sama, kinerjanya akan lebih baik lagi. Terutama karena efisiensi penggunaan tenaga listriknya yang berhasil ditingkatkan cukup signifikan.

Sehingga, anda tidak perlu khawatir dengan kinerja Asus VivoBook A407UA ini untuk kegiatan komputasi harian, seperti mengerjakan tugas-tugas kantoran berbasis Microsoft Office (Word, Excel, Power Point, Access, Publisher). Anda bisa install dan menjalankan versi paling baru sekalipun dengan lancar.

Bagaimana dengan kemampuan multitasking-nya?

RAM bawaan Asus VivoBook A407UA sudah sebesar 4GB. Tergolong sedang sih untuk ukuran sekarang. Tapi masih sangat cukup kalau file data yang anda buka tidak terlalu kompleks.

Pun kalau suatu saat anda merasa perlu menambah RAM, ada slot kosong yang bisa anda isi dengan modul RAM sampai 16GB. Paling tidak ini akan membuat merasa aman untuk 2 sampai 4 tahun mendatang (kalau tidak keburu tergoda beli laptop lain, wkwkwk)

Asal tahu saja, Asus Pro P2420LJ dengan RAM 8GB saja bisa megap-megap ketika diajak membuka banyak file Excel kompleks dengan data yang besar.

Kalau digunakan untuk mengetik laporan, mengolah data (menjalankan SPSS 16, misalnya), dia masih sangat perkasa kog.

Dan ketika Intel Core i3-6006U digabung dengan RAM 4GB plus Hard Disk dengan kapasitas 1TB yang dibawa Asus A407UA, anda tidak akan kesulitan mengajaknya bekerja serius.

Mau membuka Chrome atau Firefox dengan banyak tab sambil mendengarkan lagu via Windows Media Player juga tetap lancar minim lag.

Akan sedikit berbeda ceritanya, ketika anda menggunakannya untuk bemain game.

Kinerja Asus VivoBook A407UA untuk main game

Emmm…, game apa’an sih?

Kalau anda cuman mau main game FIFA 2017, GTA V 2015, atau CS: GO, masih bisa dimainkan dengan lancar kog. Beda kalau anda mau main Watch Dog gitu…, ya jangan-lah.

IGP bawaan Intel Core i3-6006U adalah Intel HD Graphics 520. Sebuah IGP kelas menengah yang kinerjanya tidak bisa diremehkan, berkat 24 execution unit (EUs) dengan kecepatan kerja 300 – 1000MHz.

Memang sih, tanpa kehadiran kartu grafis diskrit, pilihan kamu menjadi agak terbatas. Tapi masih bisa untuk bermain game ringan-ringan atau versi yang agak lama sekadar refreshing.

Untuk lebih detail mengenai Intel HD Graphics 520 dan juga daftar game yang bisa dimainkannya, silahkan baca di sini.

Fitur Unggulan Asus A407UA

Tidak hanya mengandalkan spesifikasi bagus, A407UA juga membawa banyak fitur bagus supaya anda lebih puas lagi menggunakannya. Seperti:

  • lapisan anti-glare pada layar
  • Asus Splendid dan Asus Tru2Life
  • Asus Audio Wizard dengan Sonic Master Audio
  • desain cantik dengan layar minim bezzle NanoEdge
  • sensor sidik jari

Lapisan anti-glare pada layarnya ini penting banget supaya tampilan layar tetap terlihat jelas karena lapisan tadi bisa sangat mengurangi pantulan cahaya dari luar. Beda sekali dengan layar biasa yang cenderung glossy sehingga sangat tidak nyaman ketika digunakan ditempat yang terang.

Asus Splendid dan Tru2Life ini memberi anda kemudahan pengaturan tampilan layar supaya lebih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan anda. Pengaturan warna pada layar ini sangat penting supaya tampilan di layar bisa tepat sesuai dengan ketika warna tadi ditampilkan dimedia yang lain, seperti layar LCD atau dicetak.

Untuk kemampuan reproduksi suaranya, masih ada Sonic Master Audio yang bisa membantu anda mendapatkan kualitas keluaran suara optimal dari speaker stereo-nya. Untuk pengaturanya sendiri, ada Asus Audio Wizard yang mudah digunakan.

Kemudian, anda juga akan mendapati bahwa pinggiran layar Asus VivoBook A407UA ini tipis banget, hanya 7,1 milimeter saja. Cantik pakai banget pokoknya. Serasa memaka laptop kelas premium saja.

Dan yang terakhir, ada sensor sidik jari yang diletakkan di dalam area touchpad-nya.

Asus Vivobook A407 FingerPrint Sensor

Menurut Review Laptop ID, ini pemilihan tempat yang pas dan sangat estetis. Beda dengan sensor sidik jari pada P2420LJ yang diletakkan terpisah di sisi kanan.

Sensor sidik jari Asus VivoBook A407UA ini bertipe sentuh mirip dengan yang biasa digunakan pada sensor sidik jadi pada smartphone. Jadi anda hanya perlu menyentuhnya, bukan menggeser jadi seperti pada laptop saya ini, hiks….

Dimana beli Asus VivoBook A407UA?

Anda bisa mencoba mencarinya di toko-toko komputer di kota anda. Meski mungkin untuk sekarang masih agak sulit. Masih relatif baru sih.

Review Laptop ID merekomendasikan beberapa toko online berikut ini:

Kesimpulan

Dengan harga Asus VivoBook A407UA yang sekitar 5,7 juta ini, anda bisa mendapatkan laptop menengah dengan fitur keamanan terbaik, baterai awet, kinerja mumpuni, media penyimpanan lega, sudah terinstall Windows 10, dan tampilan yang keren.

Jika anda memerlukan laptop lebih untuk bekerja dan bukan untuk main game, dan anggaran agak terbatas, maka Asus VivoBook A407UA ini adalah pilihan terbaik anda saat ini.

Kalau ingin yang lebih tangguh, tentu versi A407UB sangat layak dipertimbangkan.

Khusus yang dananya cekak banget, tapi tetap ingin laptop cantik dengan sensor sidik jari, maka Asus VivoBook A407MA pilihannya.

(Dibaca 945 kali, hari ini 6)

Loading...