Asus E410MA Laptop Harga 4 Jutaan Spesifikasi Lumayan Pas Buat Belajar Daring dan Nonton Drakor

By | Oktober 7, 2020

Asus E410MA BV001T spesifikasi dan harga | quick spec: Intel Celeron N4020, RAM 4GB DDR4, SSD 512GB M.2 PCIe,  Intel UHD Graphics 600, 14 inci LED HD, WiFi 5, Bluetooth 4.1, USB 3.2 Gen 1, USB Type-C, HDMI, card reader, combo audio jack, keyboard backlit, numberpad, webcam VGA, Windows 10 x64 ori | Harga Asus E410MA Celeron N4020 ini berada di rentang antara 4,6 sampai 4,8 jutaan – tergantung tokonya.

Laptop baru harga 4 sampai 5 jutaan saat ini lumayan banyak. Semua pabrikan laptop merilis banyak tipe notebook yang spesifikasinya mirip-mirip, sehingga kadang membuat kita bingung memilih mana yang bagus.

Atau setidaknya yang paling pas dengan kebutuhan dan preferensi kita.

Dan Asus E410MA ini cukup mampu memberikan nilai lebih dibanding pesaingnya. Harga boleh beda dikit, tapi fitur dan kelengkapannya bisa membuatnya terlihat lebih baik (sedikit) dibanding merk sebelah.

Yang pertama kali membuat Review Laptop ID kepincut dengan laptop murah 4 jutaan Asus E410MA BV001T ini adalah casingnya yang ‘beda.’

Beda bagaimana?

Pada umumnya, casing laptop di bagian belakang layar itu kan polosan saja. Satu warna saja, cuman ditambahi dengan logo merk pabrikan pembuatnya.

Kalaupun ada variasi, paling banter ya motif spiral seperti rata-rata casing laptop Asus seri menengah.

hNah, casing belakang penutup layar Asus E410MA BV001T ini beda. Ada tempelan huruf-huruf dengan warna nge-doff gitu. Awalnya saya sempat mengira ini cuman semacam sticker gituh…, eh…, ternyata bukan. Huruf-huruf itu benar-benar tercetak pada lapisan luar casing belakang penutup layarnya.


Desain macam ini membuatnya terlihat segar dan dinamis. Sehingga jika sekarang ini Anda sedang mencari laptop untuk anak sekolah harga 4 jutaan, serius…, laptop Asus Vivobook E410MA ini akan cocok banget.

Unit yang direview Review Laptop ID kali ini kebetulan adalah varian BV001T, yang berwarna biru – Asus sih menyebutnya dengan Peacock Blue.

Selain warna biru, anda bisa membeli Asus Vivobook E410MA BV002T dengan warna Dreamy White, atau varian BV003T yang berwarna Rose Gold.

Yang BV001T sepertinya pas banget buat Anda yang berkepribadian kalem dan tenang, BV002T Dreamy White itu buat Anda yang bersih, rapi, dan netral. Sementara BV003T Rose Gold bakal pas banget buat kaum hawa yang suka berpenampilan ceria dan menyenangkan.

Sesuaikan saja dengan preferensi warna Anda masing-masing. Toh, kalau soal spesifikasinya, mereka tidak ada perbedaan, cuman warna casingnya saja.


Anda bisa membeli Asus E410MA BV001T Peacock Blue atau varian warna lain di:

Catatan:

harga diatas adalah yang paling murah yang Review Laptop ID temukan pada saat artikel ini ditulis. Harga diatas bisa berubah setiap saat. Sebelum klik tombol beli, pastikan Anda sudah membaca review pembeli lain, periksa rating penjual, dan chat penjual hanya melalui aplikasi marketplace yang Anda gunakan.


Kelebihan Asus E410MA

  • kinerja bersaing di kelasnya
  • desain kekinian dan fresh
  • webcam bisa disembunyikan
  • bobot enteng
  • numberpad menyatu dengan touchpad
  • SSD lega banget 512GB PCIe M.2
  • backlit keyboard
  • senyap tanpa berisik
  • Windows 10 pre-installed

Kelemahan Asus E410MA

  • tombol power berada di area keyboard
  • tidak bisa upgrade RAM

Apakah Asus E410MA ini cocok untuk pelajar dan mahasiswa?

Pelajar atau mahasiswa jurusan apa dulu nih?

Kalau yang dimaksud pelajar dan mahasiswa ini bukan jurusan yang ada kaitannya dengan desain – laptop murah dari Asus ini bisa banget jadi pilihan.

Kalau Anda dari jurusan DKV misalnya, mending jangan. Carilah laptop yang lebih tangguh spesifikasinya. Silahkan baca dulu:  Spesifikasi Laptop Untuk Desain Grafis Yang Ideal.

Beda ceritanya kalau Anda sekolah atau kuliah yang menuntut Anda untuk lebih banyak berurusan dengan dokumen berupa teks dan angka dan browsing internet, maka laptop ini akan terasa pas banget.

Kenapa begitu?

Ada beberapa alasan kenapa Asus E410MA ini pas banget buat pelajar dan mahasiswa pada umumnya.

Ada numpad yang menyatu dengan touchpad.

Untuk laptop dibawah 5 juta, sepertinya ini laptop pertama yang membawa fitur semacam ini. Laptop lain yang punya fitur seperti ini harganya masih mahal, diatas 10 jutaan.

Biasanya, laptop yang memiliki tombol numpad dedicated itu layarnya 15,6 inci atau lebih besar. Saya belum pernah menemukan laptop layar 14 inci dengan tombol numpad tersendiri. Yang ada ya deretan tombol angka yang berjajar di bawah tombol fungsi itu.

Apa pentingnya sih tombol numpad tersendiri begini?

Wah, kalau Anda bertanya begini, maka kemungkinannya Anda belum pernah input data berupa angka dalam jumlah yang banyak.

Tanpa tombol numeric tersendiri, kita akan dipaksa untuk mengangkat lengan dan jari untuk menekan tombol angka itu dengan cepat. Sementara kalau ada numpad-nya, kita bisa input angka hanya dengan satu tangan saja dengan mudah.

Enteng, baterai awet dan stylish!

Bobot laptop Asus E410MA ini hanya 1.3kg. Pastinya tidak akan membuat Anda merasa ragu untuk membawanya ke sekolah, kampus, ataupun cafe untuk mencari suasana lain ketika belajar atau mengerjakan tugas.

Kan banyak tuh, yang ogah bawa laptop dengan alasan berat dan ribet. Belum lagi ketika harus bawa charger-nya juga. Phew!

hNah, beda cerita kalau Anda memakai laptop Asus E410MA yang murah meriah ini. Baterainya awet. Dalam penggunaan normal, 8 jam sekali charge itu bukan masalah. Sehingga Anda tidak perlu selalu bawa-bawa charger-nya. Asal, sebelum berangkat, sudah dipastikan dulu baterainya dalam kondisi penuh.

Tampilannya yang fresh juga dipastikan tidak akan malu-maluin dibawa ngafe. Sekilas, tidak akan terlihat sebagai laptop murah 4 jutaan. Tombol Enter yang diberi pinggiran warna kuning itu juga berhasil membuatnya semakin pas untuk Anda yang masih sekolah atau kuliah.

Keyboard nyaman, ada backlit-nya

Secara umum, keyboard Asus E410MA ini nyaman banget digunakan untuk mengetik dan mengedit dokumen. Meskipun tombol panahnya relatif kecil seperti pada umumnya laptop jaman sekarang, tetapi masih cukup nyaman untuk navigasi.

Keyboardnya juga sudah ada backlit-nya, sehingga bisa membantu ketika terpaksa mengetik di tempat yang kurang terang.

Satu-satunya yang saya kurang sreg adalah penempatan tombol power yang masih menyatu dengan area keyboard. Butuh penyesuaian supaya tidak keliru pencet ketika maunya menekan tombol delete, hehe….

Aksen pinggiran warna kuning di tombol Enter-nya itu juga menyenangkan. Bisa jadi patokan ketika kita mengetik dengan cepat.


Baterai awet, adem, cocok untuk nonton drakor!

Laptop Asus murah E410MA ini juga cocok buat Anda yang hobi banget menikmati konten video sambil tiduran di kasur.

Pertama, itu tadi, baterainya awet banget.

Kedua, layarnya cukup jernih dengan kontras dan warna yang bisa Anda sesuaikan sendiri dengan mudah melalui fitur Asus Splendid. Beragam pengaturan tampilan layarnya bisa diakses dan disesuaikan dengan preferensi masing-masing.

Dan masih ada fitur Asus Eye Care yang berfungsi untuk mengurangi radiasi sinar biru. Ini penting loh…, supaya mata kita tidak cepat lelah dan tetap aman setelah mantengin layarnya dalam waktu lama.

Ketiga, laptop ini tidak memakai kipas, alias cukup dengan pendingin pasif.

Karena tidak ada kipas, maka jangan heran kalau Anda tidak akan menemukan lubang udara di sekujur bodinya. Tidak ada.

Artinya, aman untuk diletakkan di atas kasur. Ini kebiasaan banyak orang ketika nonton drakor kan? Terlebih Anda yang masih nge-kos dan tidak ada layar televisi di kamanya.

RAM 4GB dan SSD 512GB

Untuk penggunaan harian bagi pelajar dan mahasiswa (bukan jurusan desain), laptop dengan RAM lega dan storage yang cepat itu lebih bermanfaat daripada kinerja processor yang tinggi.

Kita kan tidak sepanjang waktu perlu menggeber tenaga laptop untuk bekerja keras nih…. Apalagi ketika yang kita lakukan adalah membuat laporan, mengerjakan tugas, atau mengedit – copy – paste teks.

Yang ada: laptop nungguin kita menemukan ide. wkwkwk

hNah, dengan RAM 4GB DDR4-2400MHz, laptop Asus murah 4 jutaan ini cukup lancar menjalankan beberapa aplikasi berbarengan. Memang sih, kadang terasa agak nge-lag ketika melakukan screen sharing di Google Meet atau Zoom. Tapi secara overall, masih bisa diterima.

Sayangnya, modul RAM 4GB ini tertanam langsung pada motherboard-nya, dan tidak ada slot memory kosong untuk upgrade RAM.

Untungnya, laptop Asus Vivobook E410MA ini membawa SSD yang lega banget, 512GB. Sementara merk sebelah di rentang harga 4 jutaan, masih banyak yang hanya 240GB saja. Sumpah! Ini menyenangkan.

Tipe SSD yang digunakan juga sudah bukan SATA lagi, tapi M.2 PCIe 3.0 x2. Teorinya, jenis ini memiliki kecepatan baca – tulis yang lebih cepat dari SATA. Tidak usah dibandingin sama HDD konvensional-lah…, jauh.

Dengan SSD 512GB PCIe ini, RAM 4GB-nya jadi tertolong. Sehingga kinerjanya menjadi lebih cepat. Mulai dari proses booting, shutting down, menjalankan aplikasi, menyimpan file kerja, sampai copy – paste file berjalan lebih cepat.

SSD ini juga membuat baterainya lebih irit, dibanding jika pakai HDD.

Dedicated button untuk menghidupkan dan mematikan webcam

Ketika pertama kali mencoba webcam Asus E410MA ini, saya kesulitan untuk mengaktifkannya. Saya kira ini karena masalah driver yang belum terinstall. Kan ceritanya ini laptop masih baru ya…, jadi mungkin perlu update driver lebih dulu.

Dan begitulah, saya relakan kuota internet yang sudah menipis ini untuk update driver webcam-nya. Untung saja masih cukup. Setelah driver webcam selesai di update, ternyata webcam-nya tetap tidak bisa. Hlah….?

Ternyata ada tombol khusus untuk menghidup-matikan webcam Asus E410MA ini. Jadi satu dengan tombol F7. Untuk mengktifkan atau mematikan webcam-nya saya tekan kombinasi tombol Fn + F7…., barulah itu webcam bisa berfungsi.

Asus Vivobook E410MA untuk desain grafis

Kinerja laptop Asus E410MA ini disokong oleh processor Intel Celeron N4020 yang bekerja dengan mengandalkan dual-core (2 thread) dan kecepatan dasarnya 1,1GHz. Bisa sih ditingkatkan sampai 2,8GHz ketika TurboBoost aktif.

Tapi tetap saja, processor ini dirancang lebih untuk mendapatkan perbadingan terbaik antara kinerja dan penghematan tenaga. Kecepatan bukan prioritas utama.

Untuk kegiatan komputasi sehari-hari yang berbasis Office dan internet, bisa dibilang tidak ada kesulitan berarti.

Anda masih bisa menjalankan aplikasi Office (Word, Excel, PowerPoint) sembari membuka browser beberapa tab, dan memutar lagu via Spotify dengan lancar.

Tapi ya itu tadi. Ini laptop dibuat untuk kegiatan komputasi harian. Bukan untuk menjalankan aplikasi desain grafis yang memang membutuhkan kinerja tinggi. Apalagi untuk video editing. Berat bro..

Jika Anda memaksa, sebenarnya masih bisa. Tetapi tidak disarankan install aplikasi desain grafis versi baru. Gunakan saja versi yang sudah agak lama.

Untuk Adobe Photoshop dan Illustrator, gunakan versi CS 5.5 atau yang lebih lawas lagi. Sementara Premiere atau After Effect, tidak perlu dicoba. Bisa – iya bisa…. Tapi tidak sepadan dengan waktu yang akan Anda buang begitu tiba saatnya untuk ngrender.

Lagipula, kasihan sama laptopnya, hehe…..

    Asus Vivobook E410MA Bisa untuk main game?

    Hlah?

    Jawabannya mirip dengan yang sebelumnya ya…

    Bisa, dengan banyak sekali penyesuaian. Yang utama adalah penyesuaian dari keinginan Anda.

    Laptop Asus E410MA ini menggunakan IGP bawaan Celeron N4020 yang berupa Intel UHD Graphics 600. Bukan modul grafis yang buruk sebenarnya. Kecepatan kerjanya 650MHz dengan 12 execution unit (EUs). Performanya sudah mencukupi untuk kebutuhan grafis dasar dan game ringan.

    Jadi kalau mau main game, ya pilihlah judul game yang tidak terlalu berat. Dan kalau nemu, install versi yang sudah agak lama. Jangan versi yang paling baru.

    Lagipula, kalau memang niatnya main game, ya jangan ambil laptop harga dibawah 5 juta dunk… hehe….

    Harga Asus E410MA BV001T / BV002T / BV003T

    Di berbagai marketplace, harga laptop Asus E410MA BV001T / BV002T / BV003T ini berada di kisaran antara 4,5 sampai 5,1 jutaan. Saran saya sih, jangan ambil kalau lebih dari 4,8 jutaan. Mending cari di lapak yang lain.

    Di bawah ini sudah Review Laptop ID carikan harga Asus E410MA paling murah di beberapa marketplace.

    Seperti biasa, harga diatas adalah harga yang saya temukan pada saat artikel ini dibuat, sehingga ada kemungkinan perubahan. Jangan lupa selalu cek testimoni pembeli lain, chat dulu penjualnya langsung dari aplikasi marketplace yang Anda gunakan. Jangan lakukan transaksi jika penjual meminta transaksi diluar aplikasi.



    credit foto: Ciput

    Spesifikasi Asus E410MA BV001T / BV002T / BV003T

    • Prosesor: Intel Celeron N4020 dual-core (2 thread) 1,1GHz dengan 2,8GHz TurboBoost
    • Chipset: Intel
    • Grafis: Intel UHD Graphics 600
    • Memori: RAM 4GB DDR4-2400MHz onboard
    • Storage: SSD 512GB M.2 PCIe 3.0 x2
    • Layar: TFT LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi HD 1366 x 768 piksel, 45% NTSC color gamut, Asus Splendid, Asus Eye Care, NanoEdge Display
    • Konektivitas: WiFi 5 (802.11 ac), Bluetooth 4.1, Port USB 3.2 Gen 1, Port USB 3.2 Gen 1 Type-C, Port USB 2.0, Port HDMI, card reader, combo audio jack
    • Backlit keyaboard dilengkapi dengan NumberPad
    • 2W speaker stereo, ICEpower, SonicMaster Audio
    • Kamera: webcam dengan resolusi VGA
    • Baterai: 2 Cell 42WHr lithium-ion Battery
    • Sistem Operasi: Microsoft Windows 10 Home x64 Asli
    • Dimensi: 325 x 217 x 18.4 mm berat 1,3 kilogram
    • Warna: Peacock Blue (BV001T), Dreamy White (BV002T), dan Rose Gold (BV003T)
    Laptop Murah Harga Dibawah 5 Juta

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *