Tips Membeli Laptop Pertama Kali Supaya Tidak Salah Pilih

By | April 9, 2020

Daya tahan baterai

Baterai juga menjadi perhatian utama sebelum membeli laptop. Rumusnya mudah: layar besar – processor kuat = boros baterai. Pilihan terbaiknya adalah netbook atau laptop berlayar maksimal 13 inchi. Meski anda bisa menggunakan software untuk menghemat baterai anda, namun tetap saja itu masalah ketika setiap dua jam anda harus mengisi ulang baterai laptop anda.





Konektivitas

Inilah yang kebanyakan diabaikan oleh pembeli mula. Para sales biasanya juga tidak secara terbuka mengungkapkan kekurangan yang dimiliki laptop yang dijajakannya. Wi-Fi? Untuk laptop baru, anda tidak usah khawatir. Sudah pasti ada. Bluetooth? Pastikan ada, meski salesnya menawarkan usb bluetooth dongle sebagai alternatif, namun Bluetooth internal bekerja lebih baik. Port USB? Pertimbangkan untuk memperoleh laptop dengan port USB 3.0. Saya jamin anda akan senang dengan kecepatan trasfer datanya. Bisa sampai 10 x kecepatan USB 2.0.

Merk

Meski laptop itu tidak ada yang merk ‘jangkrik’ alias murni rakitan, namun anda perlu perhatikan merk ini secara seksama juga. Merk atau brand yang baik terkait dengan layanan purna jual yang baik pula. Artinya, anda akan merasa aman jika suatu saat nanti laptop anda mengalami masalah. Saya tidak bisa mengatakan bahwa Asus lebih baik dari Acer, atau Apple adalah merk laptop terbaik. Karena masing-masing menyasar pangsa yang berbeda, meski tidak signifikan juga. Kelas yang berbeda, itu tepatnya. Pastikan saja layanan purna jual mereka bagus.


Jangan malu bertanya

Ini yang terakhir. Bertanyalah, jika anda tidak terlalu paham. Pertama, anda bisa bertanya pada teman, saudara, atau kenalan yang anda anggap paham. Kedua, googling. Tanya mbah Google dunk…. Ketiga, cari info di forum-forum yang berkaitan, macam Kaskus. Meski juga banyak yang berjualan, namun, lebih banyak lagi orang-orang yang juga sedang mencari laptop terbaik sama seperti anda.

Baca juga: Asus E402MA Laptop 14 Inchi Tangguh, Stylish, Murah dan Enteng

Dengan membaca ulasan mereka tentang laptop merk anu tipe anu pada mereka, anda akan mendapatkan jawaban yang relatif lebih jujur dibandingkan kalau anda melihat ke situs resmi milik merk tersebut. Ingat, kebutuhan, anggaran, portabilitas, konektivitas, daya tahan baterai, merk, dan tanyalah. Semoga anda menemukan laptop idaman anda dengan selamat. Selamat berburu.

5 thoughts on “Tips Membeli Laptop Pertama Kali Supaya Tidak Salah Pilih

  1. Anonymous

    Gan, mau tanya nih
    Ane pusing banget cari2 laptop, googling udah, tanya kenala udah, tapi tetep aja pusing gan…
    Pas nemu blog ini, ane bersyukur banget deh, jadi mohon bantu masukan ya gan! 😉

    Budget ane max 4 jt, maklum masih anak SMA neh
    buat kerja tugas2 ringan,browsing,yah standard lah
    merk antara ACER/TOSHIBA/COMPAQ
    pengennya sih dpt spek
    kalo bisa udah i3, yah paling ga dual core
    ada bluetooth, kalo bisa ada DVD RW,
    RAM 2Gb, memory kalo bisa 320Gb ke atas
    terus pengennya sih udah include win7

    Ada masukkan ga gan?
    ane baca2 reviewnya, jadi kepikir antara
    ACER AO725-C7 atau
    ACER AO756 atau
    Compaq CQ43-414TU

    Mohon banget masukkannya gan!
    Makasih banyak loh 😀

    Reply
  2. YUDI ESTHER

    @Toko Online Murah: menyamar sambil cari backlink ya gan? boleh-boleh….

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *