Laptop Samsung Chromebook 4 Harga 2,5 Jutaan Spesifikasi Cupu! Bisa Apa?

Oleh | Januari 4, 2022

Samsung Chromebook 4 Harga dan Spesifikasi | quick spec: Intel Celeron N4020, RAM 4GB, eMMC 32GB, 11.6 inci, Intel UHD Graphics 600, WiFi 5/ac, Bluetooth 5.0, Chrome OS, MIL-STD-810G, 1.14kg | Saat ini laptop Chrome OS memang sedang mendapatkan momen – keharusan untuk belajar dari rumah membuat kebutuhan akan laptop murah yang bagus untuk anak sekolah menjadi semacam keharusan.

Dan harga Samsung Chromebook 4 yang luar biasa terjangkau – untuk spesifikasi dan nama besar Samsung – akan membuat banyak orang tua berhemat banyak. Chromebook menawarkan efisiensi, harga terjangkau, kemudahan pakai, dan tentu saja keamanan yang lebih baik.

Diantara banyak produk laptop murah untuk anak sekolah yang datang dengan Chrome OS, sebenarnya sebagus apa sih Samsung Chromebook 4 ini?

Harga Samsung Chromebook 4

Kalau kita merujuk di laman resmi Samsung, maka harga yang ditetapkan rupanya cukup tinggi, Rp. 6.250.000,- Lebih mahal dari rata-rata harga laptop Chromebook yang spesifikasinya setara dari pabrikan lain, seperti misalnya HP Chromebook 11 G8 atau Asus Chromebook C214MA. Semua dijual di harga kurang dari 4,5 jutaan.

Sementara itu, harga Samsung Chromebook 4 di lazada, shopee, bukalapak, dan blibli, ada di kisaran 2,4 jutaan saja.


Jika Anda berniat membeli atau sekadar cek stoknya, silahkan ikuti link berikut ini:

Sebelum membeli, pastikan Anda periksa dulu status toko (Official atau bukan), rating toko, dan juga testimoni dari pembeli yang lain, dan juga garansi dari Samsung Indonesia atau SEIN.

Mau dapat cashback dari setiap belanjaan online Anda? Pakai Shopback saja! Gampang pakainya dan pasti!


Apa sih kelebihan Samsung Chromebook 4?

Karena ini adalah laptop dengan OS Chromebook, maka sudah selayaknya jika dibandingkan dengan laptop lain dengan platform OS yang sama.

Desain Bagus pakai Banget!

Bagi Review Laptop ID, kelebihan utama dari Samsung Chromebook 4 ada pada desainnya. Dilihat sekilas saja langsung terlihat kalau Samsung ingin menampilkan kesan modern, classy, sekaligus stylish.

Berbeda dengan tampilan laptop Chromebook dari vendor lain yang sulit melepaskan diri dari kesan rugged. Bisa dimengerti juga sih, karena memang pasar dari laptop Chromebook di level harga murah begini adalah anak-anak. Bukan untuk pasar pengguna bisnis yang sudah terisi oleh Google Pixelbook – laptop Chromebook rilisan Google sendiri.

Dengan desain tipis dan stylish begini, Samsung Chromebook 4 sangat layak untuk dibawa ke sekolah, kampus, atau nugas di cafe, atau meeting dengan client sekalipun – jika Anda menggunakannya untuk aktivitas bisnis.

Sisi terpanjangnya 28.7 cm, lebar 20.2 cm, dan tebalnya 1.67 cm saja. Sementara beratnya hanya 1.18 kg. Dengan dimensi sekompak ini, Anda tidak perlu menyediakan tempat khusus di tas.

Samsung merancang bodi laptop ini dengan desain tanpa sekrup. Jadi jangan heran kalau di bagian bawah casingnya Anda tidak akan menemukan sekrup. Ini membuat tampilannya semakin terlihat sleek dan rapih.

Ini Samsung Chromebook 4 harga dan spesifikasi

Ini laptop Samsung!

Samsung tidak merilis banyak laptop, utamanya di Indonesia. Sehingga nama Samsung tidak terlalu banyak terdengar untuk pasar laptop. Rata-rata laptop Samsung memang premium sih, jadi pasarnya agak sempit.

Nama Samsung sangat kuat di pasar smartphone. Dan sepanjang yang saya pahami, pengguna Samsung cukup loyal dengan brand yang satu ini. Smartphone Samsung rata-rata punya desain dan fitur bagus, serta – yang pasti – layanan aftersales yang dikenal sangat bagus.

Saya kira tidak sulit untuk cukup yakin bahwa hal yang sama juga hadir untuk laptop Samsung Chromebook 4 ini. Produk bagus, fitur meyakinkan, dan layanan service yang terjamin.

Di laman resminya, Samsung menyatakan kalau Chrome OS yang ada pada Samsung Chromebook 4 ini akan terus mendapatkan update sampai Juni 2026. Dari sisi keamanan software, pengguna bisa cukup yakin akan aman setidaknya sampai update-nya berhenti.

Samsung Chromebook 4 harga dan spesifikasi

Baterainya tahan 12.5 jam!

Untuk sekali pengisian, baterai laptop Samsung Chromebook 4 sanggup untuk diajak bekerja sampai 12.5 jam. Itu klaim dari Samsung. Biasanya untuk penggunaan real, daya tahan baterai laptop akan sedikit dibawah klaim. Ternyata yang terjadi berbeda.

Dengan kapasitas 39 Wh, baterainya bisa bertahan sampai sekitar 17 jam kalau dipakai untuk streaming video di youtube. Sementara kalau dipakai untuk browsing, bisa sampai sekitar 14 jam.

12 jam itu sudah waktu yang impressive. Hla ini bisa lebih.

Jangan dibandingkan dengan laptop Windows dengan spesifikasi yang sama. Chrome OS memang dikenal sangat bagus manajemen daya-nya, jadi sebenarnya wajar kalau baterainya bisa bertahan sampai belasan jam begitu.

Kalau begini ceritanya, Anda akan aman-aman saja untuk membawanya sekolah, kuliah, atau ngantor tanpa perlu bawa charger-nya. Meskipun chargernya enteng juga sih, hanya 145an gram saja.

Charger-nya ini berkekuatan 45 Watt. Yang asik lagi adalah bentuknya sama seperti charger smartphone Samsung dengan kabel USB Type-C yang bisa dilepas. Jadi lebih mudah dibawa-bawa karena tidak banyak memakan tempat.

Charger laptop Samsung Chromebook 4 ini juga bisa dipakai untuk mengisi baterai smartphone loh. Cukup bawa satu charger saja kemana-mana. Kecepatan charging-nya juga cukup cepat, sekitar 2 jam 35 menit sudah bisa penuh.

Durabilitas Tinggi!

Meskipun dimensi laptop Samsung Chromebook 4 ini cukup tipis dan material casingnya hanya dari polycarbonat, tetapi itu tidak membuatnya menjadi laptop yang ringkih. Setidaknya, Samsung sudah melakukan 8 tes yang setara dengan Military Grade Standard 810G.

Tes yang dilakukan antara lain adalah transit drop, vibration, high temperature, temperature shocks, freezing, dust, humidity, low pressure.

Laptop Chromebook murah punya Samsung ini telah melewati drop test dari ketinggian 50 cm pada permukaan pelat besi. Cukup meyakinkan.

Dan yang pasti, Anda bisa menggunakannya untuk bekerja atau sekadar nonton drakor di atas kasur, selimut, atau bantal tanpa khawatir laptop Chromebook Samsung paling murah ini kepanasan.

Kog bisa?

Karena Intel Celeron N4020 memang bisa digunakan fan less alias tanpa tambahan kipas pendingin. Artinya, tidak ada lubang ventilasi yang menghisap udara dari luar. Jadi, secara umum, ini membuatnya lebih mudah dirawat. Anda tidak perlu khawatir akan ada debu yang masuk ke dalam bodi laptopnya.

Sudah baterainya awet, bisa digunakan sambil rebahan pula….

Kinerja gesit tapi irit!

Chrome OS dikenal ringan dan gesit untuk diajak bekerja – meskipun menggunakan perangkat yang kinerjanya biasa saja.

Processor yang digunakan adalah Intel Celeron N4020 – sebuah processor dual-core yang sangat populer digunakan pada laptop Windows kelas entry. Kecepatan dasarnya 1.10 GHz yang bisa ditingkatkan sampai 2.70 GHz dengan kapasitas L2 cache 4MB. Urusan grafis ditangani oleh Intel UHD Graphics 600 – kinerjanya cukup bagus untuk kebutuhan komputasi dan multimedia ringan.

Kalau di laptop Windows, Celeron N4020 ini terasa banget lemotnya. Melakukan rapat online via Google Meet ditambah dengan beberapa tab di Chrome itu sudah menyiksa banget. Terasa banget lag dan jeda ketika berpindah tab.

Tetapi semua berjalan lancar nyaris tanpa jeda ketika Celeron N4020 ini digunakan pada Samsung Chromebook 4 ini. Buka banyak tab dengan Google Meet aktif? Tidak masalah.

Dan karena Intel Celeron N4020 ini punya TDP hanya 6 Watt, maka sangat bisa digunakan dengan pendingin pasif, alias tanpa kipas. Banyak sekali laptop yang menggunakan processor ini. Kalau Anda kepo, silahkan baca dulu Daftar Laptop Windows Murah Pakai Intel Celeron N4020.

RAM 4GB LPDDR4 di Chrome OS itu sudah sangat cukup untuk kinerja multitasking yang gesit. Berbeda jauh dengan RAM 4GB pada Windows 10 atau 11.

Untuk storage, tersedia eMMC berkapasitas 32GB.

Kog kecil?

Iya, memang kecil – kalau dibandingkan dengan storage laptop dengan OS Windows.

Tetapi, karena ini laptop Chrome OS, kapasitas 32 GB itu sudah cukup banget. Semua file dan data akan otomatis tersinkronisasi dengan akun Google pengguna – sudah bukan jamannya menyimpan file kerjaan secara offline.

Lagi pula, jaman sekarang semua serba streaming. Nonton film? Ada Netflix atau Disney+. Mau dengerin musik? Ada Spotify? Tidak relevan untuk download-download film atau lagu lagi kan?

Jika dibutuhkan, Samsung menyediakan slot microSD yang bisa diisi sampai kapasitas 1TB. Hmmm…, kayaknya bakal lebih mahal harga microSD-nya daripada laptopnya nih. >> Klik > ini < kalau tidak percaya.

Keyboard dan Touchpad Samsung Chromebook 4 harga dan spesifikasi


Keyboard dan Touchpad-nya enak ga untuk ketik dokumen panjang?

Karena Samsung Chromebook 4 ini dirancang lebih untuk pekerjaan seputar dokumen, maka tidak mengherankan kalau Samsung merancang tombol yang sedikit berbeda dari tombol laptop kebanyakan.

Permukaan tombolnya dibuat sedikit melengkung ke dalam! Ini ergonomik banget sih. Jadi jari bisa dengan mudah dan nyaman menekan setiap tombol untuk mengetik dalam waktu yang lama sekalipun.

Layout keyboard-nya sendiri bersih dan simple – seperti layaknya layout keyboard Chromebook yang lain. Tombol power memang masih berada di dalam area keyboard, tepatnya di pojok kanan atas.

Jangan khawatir akan salah tekan, tombol powernya ini sudah diberi mekanisme khusus sehingga bisa menghindarkan pengguna dari kejadian tidak sengaja tertekan – gara-gara ingin menekan tombol delete.

Asal tahu saja, di laptop ini tidak ada tombol delete. Kalau tombol backspace sih ada.

Jarak antar tombol juga pas. Kalau untuk travel distance-nya sih agak terlalu dangkal bagi sebagian orang. Setelah beberapa saat memakainya sih, ternyata nyaman-nyaman saja. Malah enak, karena mengetik jadi terasa semakin seamless gitu.

Bagi yang baru pertama kali pakai laptop berbasis Chrome OS, sepertinya bakal perlu waktu untuk membiasakan diri dengan layout keyboard Samsung Chromebook 4 ini.

Di baris paling atas, kita bisa temukan tombol shortcut yang rasanya internet banget. Seperti tombol panah kiri, panah kanan, dan tombol refresh. Di sebelah kanannya lagi, ada tombol-tombol shortcut untuk fungsi di laptop Chromebook ini sendiri.

Yang absen adalah tombol fungsi, capslock, Fn, delete, home, page up/down, dan tombol end. Ya…, layout keyboard Chrome OS memang begini.

Dan sayangnya, tombol panahnya ikutan trend jaman sekarang, ukurannya kira-kira separuh dari tombol lain. Kalau bisa sama besar dengan tombol lain, pasti saya akan lebih senang lagi mengetik dengan keyboard Chromebook ini.

Touchpad-nya?

Meskipun peletakan touchpad cenderung center to body daripada center to spacebar, tetapi karena dimensi laptop ini sendiri tidak terlalu lebar, jadinya tetap aman. Telapak tangan dan jari cukup jarang terjebak di touchpad-nya.

Navigasi menu dan layar terasa gesit dan responsive, berkat dukungan multi touch gesture – mirip dengan yang ada pada laptop berbasis Windows.

Port dan Koneksi

Tidak banyak ada colokan yang bisa kita temukan di laptop Chromebook Samsung murah ini.

Di sebelah kiri ada sebuah USB Type-C yang punya dua fungsi utama; untuk mengisi daya dan juga output ke monitor eksternal. Anda bisa mendapatkan resolusi 4K pada 60 fps yang stabil banget pada monitor eksternal yang mendukung. Di dekatnya ada lampu indikator status baterai.

Agak kedepan, ada slot microSD yang bisa Anda gunakan untuk menambah kapasitas storage-nya. Anda bisa menambahkan microSD berkapasitas sampai 1TB. Pas banget buat Anda yang masih ragu bila 32GB eMMC-nya masih kurang lega.

Lebih kedepan lagi, ada port audio combo jack 3.5mm. Penempatan yang menurut saya pas. Jack audio di sisi kanan itu sering mengganggu pengguna mouse akut yang tidak kidal seperti saya.

Sementara di sisi kanan, hanya ada sebuah security slot dan sebuah port USB 3.0. Jika Anda merasa lebih mudah melakukan navigasi dengan mouse, pada port inilah dongle-nya bisa dicolokkan.

Port yang tersedia memang hanya sedikit. Rada disayangkan bahwa cuman ada 1 port berukuran besar di sini.

Karena port USB Type-C punya dua fungsi sekaligus, maka konsekuensinya adalah pengguna harus memilih salah satu, mau mengisi baterai atau menghubungkannya dengan monitor eksternal.

Untungnya baterai Samsung Chromebook 4 ini awet, jadi masih bisa-lah pilih-pilih. Anda juga bisa mengatasi keterbatasan konektor ini dengan menambahkan perangkat USB Hub Type-C yang sekarang harganya sudah terjangkau dengan fitur dan kinerja yang tetap bagus seperti Baseus USB Type-C Hub seharga 300 ribuan itu.

Untuk konektivitas wireless, Anda akan ditemani oleh modul WiFi dari Intel yang sudah mendukung WiFi 5 / WiFi ac dan juga Gigabit WiFi. Bluetooth-nya sudah memakai versi 5. Berarti laptop Chromebook Samsung murah ini bisa terhubung ke TWS, keyboard dan mouse Bluetooth dengan mudah dan tetap irit daya.

Apakah layarnya bagus?

Untuk standar laptop dengan bentang layar 11,6 inci beresolusi 1366 x 768 piksel dengan refresh rate @60 Hz, bisa disebut kalau layar yang dibawa laptop Chromebook Samsung murah ini kualitasnya cukup bagus.

Panel yang digunakan memang berjenis TN, bukan IPS – bukan masalah juga. Toh meskipun panel TN, tapi kualitasnya bagus.

Informasi mengenai cakupan warna atau color gamutnya memang tidak diumumkan resmi oleh Samsung. Wajar juga mengingat ini bukan laptop untuk desain grafis yang butuh color accuracy yang tinggi.

Yang pasti, layarnya dilengkapi dengan permukaan anti-glare, sehingga pengguna bisa lebih nyaman bekerja karena layar-nya bisa meredam pantulan cahaya yang mengganggu.

Bezel di sekeliling layarnya cukup tebal. Tidak seperti trend bezel laptop 14 inci ke atas yang semakin tipis itu. Ini bisa dimengerti, karena bezel yang agak tebal bisa memberi perlindungan lebih pada layarnya dari benturan. Bagaimanapun, pasar paling besar Chromebook murah adalah anak-anak sekolah.

Selain itu, jika bezelnya ditipiskan lagi, berarti akan mengurangi dimensi laptop secara keseluruhan. Artinya, layout keyboard dan ukuran tombol-tombolnya harus lebih kecil lagi. Bukan konsekuensi seperti itu yang dibutuhkan.

Pada bezel bagian tengah atas, ada kamera webcam 720p 30 fps yang kinerjanya cukup bagus.

Layar Samsung Chromebook 4

Audio bagus (di kelasnya)

Keluaran audio laptop Chromebook Samsung murah ini mengandalkan dua buah speaker stereo berkekuatan 1.5 Watt. Karena ditempatkan dibawah casingnya menghadap ke bawah, maka untuk mendapatkan suara maksimal, sebaiknya tempatkan laptop ini di atas permukaan keras – seperti meja kerja begitu.

Kalau ditempatkan di atas kasur, bed cover, atau bantal ya pasti suaranya akan teredam permukaan lembut mereka. Kalau mau lebih maksimal lagi, gunakan earphone atau headset yang bagus.

Meskipun tidak ada embel-embel Harman Kardon atau Dolby Atmos, tetapi suaranya ternyata cukup bulet, nyaring, detail, tetapi tidak sampai menusuk telinga. Kalau nada rendahnya sih memang kurang. Untuk sebuah laptop entry level, audionya tergolong bagus kog.

Bisa digunakan tanpa internet?

Chrome OS – dan seluruh layanan Google memiliki fitur yang memungkinkan untuk bekerja secara offline. Jangan khawatir jadi tidak bisa bekerja ketika tidak terhubung internet. Tetap bisa kog. Seluruh perubahan yang Anda kerjakan pada file kerjaan Anda akan segera tersinkronisasi begitu Anda terhubung internet.

Bisa mencetak langsung ke printer kah?

Ini juga jadi pertanyaan mereka yang ingin beralih ke Chromebook. Jawabannya bisa – dengan catatan: printer Anda tidak jadul-jadul amat dan Anda terhubung dengan internet – supaya Chrome OS-nya bisa mendapatkan driver yang dibutuhkan.

Kalau printer Anda memang didukung dan Chromebook Anda sedang terkoneksi dengan internet, maka Anda cukup mencolokkan printer ke port USB yang tersedia, dan dokumen Anda akan siap dicetak tanpa Anda perlu install driver sendiri secara manual.

Bisa main game?

Bisa banget. Samsung Chromebook 4 ini mendukung Google Play Store. Anda tinggal pergi ke Play Store, temukan game yang Anda inginkan, install, dan mainkan.

Memang tdak semua game didukung, tapi pilihan Anda semakin hari akan semakin banyak. Mengingat Google terus berusaha untuk menghilangkan batas antara pengguna Android dan Chrome OS.

Apakah Samsung Chromebook 4 ini untuk Anda?

Ya.

Pada dasarnya, semua hal yang bisa Anda lakukan di Chrome (terlepas apapun OS perangkat Anda), berarti juga akan lancar dan bahkan semakin efisien ketika berpindah ke Samsung Chromebook 4 ini secara penuh.

Untuk membuat dan mengedit dokumen, Anda bisa menggunakan Google Docs, bikin presentasi pakai Google Slide, membuat dan mengedit spreadsheet bisa pakai Google Sheet.

Jika merasa kurang familiar, Anda juga bisa menggunakan Microsoft Office versi online dengan sama lancarnya.

Mau menikmati konten multimedia via streaming di Netflix, Youtube, atau Spotify juga bisa. Meeting Online, Live Streaming atau Video Call? Juga bisa banget.

Karena bisa install aplikasi Android dari Play Store, berarti Anda juga bisa edit foto atau video dengan aplikasi yang mungkin sudah familiar Anda gunakan di smartphone.

Tidak.

Kalau Anda perlu menjalankan software atau game tertentu yang hanya bisa jalan di laptop Windows. Untuk kebanyakan pengguna sih ini cukup jarang terjadi.

Kalaupun ada, maka Anda selalu bisa memanfaatkan integrasi data dan keamanan lebih yang ditawarkan Chrome OS berkat ekosistemnya yang matang dengan menggunakan Samsung Chromebook 4 ini sebagai perangkat kedua.

Lalu apa kekurangan laptop Samsung Chromebook 4 ini?

  • port yang tersedia terbatas (1x USB Type-C dan 1x USB 3.0
  • port charging dan display port jadi satu

Samsung Chromebook 4 harga dan spesifikasi

Jadi bagaimana?

Dengan harga 2,5 jutaan, Anda mendapatkan sebuah laptop yang baterainya awet banget, tampilan stylish tidak malu-maluin, gegas dan responsif, build quality bagus, keamanan yang lebih baik, mudah digunakan, dan enteng mau dibawa kemana-mana.

Ini penawaran yang sulit ditolak, utamanya jika sekarang ini Anda sedang mencarikan laptop untuk anak sekolah yang bagus, tepat guna, tapi tetap murah.

Pun jika Anda adalah mahasiswa, guru, blogger, aktif mengelola akun online shop, atau sekadar penikmat drakor, Samsung Chromebook 4 ini tidak akan mengecewakan.

Berikut ini adalah rekomendasi online shop untuk beli laptop murah Samsung Chromebook 4 ini:


Spesifikasi Samsung Chromebook 4

  • Prosesor: Intel Celeron N4020 dual-core 1,1GHz dengan 2,8GHz TurboBoost
  • Chipset: Intel
  • Grafis: Intel UHD Graphics 600
  • Layar: TN LCD dengan LED backlight 11,6 inci resolusi HD 1366 x 768 piksel, Anti-Glare
  • Memori: RAM 4GB LPDDR4 2133MHz
  • Storage: eMMC 32GB
  • Konektifitas: WiFi 5 802.11ac, Bluetooth 4.1, Port USB 3.0, Port USB 3.1 Gen 1 Type-C (support Display dan Power Delivery), card reader, combo audio
  • Audio: Stereo speaker 1,5W x 2
  • Kamera: HD 720p webcam
  • Baterai: 3-cell 39Whrs Li-Polymer, penggunaan hingga 12,5 jam
  • Sistem Operasi: Google Chrome OS
  • Military Grade MIL-STD-810G
  • Dimensi: 287,9 x 202,3 x 16,7mm
  • Berat: unit 1,18kg; charger 145 gram; total 1.29 kg
  • Warna: Platinum Titan
Author: Review Laptop ID

suka banget dengan gadget dan laptop. Mencobai laptop atau gadget baru, termasuk punya teman. Kalau sedang tidak ada ide, nonton film adalah hal terbaik untuk meloloskan diri dari waktu. Main game hanya untuk bikin reviewnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *