Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ACH6 21ID Laptop Gaming Terjangkau Ryzen 5 5600H dan RTX 3060

Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ACH6 21ID harga dan spesifikasi | quick spec:AMD Ryzen 5 5600H, NVIDIA GeForce RTX 3060, RAM 8GB DDR4 (max 16GB), SSD 512GB M.2, layar 15,6″ FHD IPS 100% sRGB, TPM 2.0 | Harga Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ACH6 21ID di berbagai marketplace berkisar antara 16 -17 jutaan.


Anda bisa cek harga dan membelinya di Lenovo Official Store di:


Spesifikasi yang dibawa Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ACH6 21ID ini pas banget bagi Anda yang selain ingin bermain game-game berat dengan lancar – juga perlu laptop yang bisa diajak kerja cari uang.

AMD Ryzen 5 5600H yang digabung dengan GeForce RTX 3060 sanggup memberikan Anda pengalaman bermain game yang cukup memuaskan.

Layar lega 15,6 inci berpanel IPS dengan refresh rate 165Hz juga cukup menjanjikan bisa menghadirkan gameplay yang mulus dan rapih.

Color gamut yang luas di 100% sRGB bisa membuat Anda yakin ketika melakukan color grading. Anda tidak lagi harus membeli monitor kedua demi mendapatkan akurasi warna yang bagus pada desain, illustrasi atau pun konten visual lainnya.

Bisa banget ini diajak bekerja. Main? Ayo! Cari cuan? Siap!

Jika ternyata budget Anda sedikit dibawahnya, Anda tetap punya pilihan terbaiknya. Ada varian  Lenovo IdeaPad Gaming 3 Ryzen 5 5600H juga, tapi pakai RTX 3050 . Harganya di 13 jutaan saja.

Kecuali GPU diskritnya, Anda tidak akan menemukan perbedaan yang signifikan lainnya, baik dari sisi desain, fitur, dan spesifikasinya. Pleg sama.

Kinerja RTX 3050 dan 3060 memang rada jauh sih ya…, wajar kalau kemudian beda harganya juga jauh.

Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ACH6

Kinerja Bagus Untuk Gaming dan Editing

Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ACH6 21ID menawarkan kinerja tinggi sebagai laptop gaming yang bagus sekaligus mumpuni dan pas untuk mereka yang butuh laptop untuk content creator – mulai dari graphic designer sampai youtuber bisa banget memilihnya.

Untuk sebuah laptop gaming 16 jutaan, kinerja tingginya disokong oleh prosesor AMD Ryzen 5 5600H yang berasal dari generasi Cezanne H yang punya 6 inti dengan 12 thread berarsitektur Zen 3 yang efisien.

Kecepatan kerjanya ada di 3.3 GHz dan bisa ditingkatkan sampai 4.2 GHz dengan mengaktifkan mode Turbo.

Kinerjanya didukung dengan RAM DDR4 berkapasitas 8GB 320 MHz – single channel. Untuk kebutuhan gaming dan desain grafis maupun editing video yang ringan-ringan saja sih seharusnya ini sudah cukup.

Jika suatu saat nanti Anda perlu kapasitas RAM yang lebih besar – karena tuntutan minimum requirement game atau aplikasi yang dijalankan – Anda masih bisa menambahkan RAM sampai maksimal 16 GB. Laptop gaming bagus dari Lenovo ini disertai dengan dua buah slot SODIMM.

Kalau ada anggaran lebih, disarankan untuk langsung tambah RAM-nya 8 GB lagi, toh harganya sudah relatif terjangkau – keuntungannya? Yang jelas nambah kapasitas RAM dan konfigurasinya akan menjadi dual-channel yang secara signifikan akan meningkatkan perfomanya.

Dengan begitu, laptop Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ACH6 ini masih akan sanggup diajak bermain game serta menjalankan aplikasi desain grafis dan editing video sampai setidaknya dua atau tiga tahun lagi.

Investasi yang bagus nih!

Sementara itu, pada sisi grafisnya, laptop gaming Lenovo Ryzen 5 5600H ini membawa dua pengolah grafis.

Pertama, ada AMD Radeon RX Vega 6, sebagai integrated GPU bawaan processornya. Radeon RX Vega 6 ini kinerjanya sudah lebih dari cukup untuk kegiatan komputasi harian. Kecepatan kerjanya di 1800 MHz dengan 384 shader core, 24 TMUs, dan 8 ROPs memakai arsitektur Vega yang relatif irit daya dan memanfaatkan shared system memory alias meminjam dari RAM utama.

Dia akan difungsikan ketika laptop menjalankan aplikasi harian yang memang tidak butuh tenaga grafis tinggi – seperti ketika Anda browsing internet, menjalankan Microsoft Office, atau nonton film.

Kedua, ada GPU diskrit NVIDIA GeForce RTX 3060. Sebagai GPU diskrit, kapasitas VRAM-nya 6GB bertipe GDDR6 berbasis chip GA106 dari asitektur Ampere dengan antarmuka memori 256-bit.

Kinerjanya didukung dengan 3840 CUDA core yang berkecepatan 900 MHz dengan turbo sampai 1425 MHz, ditambah dengan 120 TMUs, dan 48 ROPs.

Sebagai media penyimpanan, laptop Ryzen 5 5600H Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ACH6 21ID ini menggunakan SSD berkapasitas 512GB 2280 PCIe Gen3 x4 M.2 NVMe. Ini adalah SSD berkecepatan tinggi yang kualitasnya tinggi dan reliable.

Anda juga masih bisa melakukan menambahkan SSD PCIe NVMe lagi pada slot M.2 kedua yang tersedia. Ini membuktikan bahwa laptop Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ACH6 ini siap digunakan dalam jangka waktu yang relatif panjang berkat adanya opsi upgrade yang leluasa.

baca juga: Lenovo Slim D330 N4020 RAM 8GB Laptop TouchScreen 3 Jutaan Bisa Jadi Tablet

Manajemen panas yang bagus

Laptop gaming Lenovo rata-rata memiliki manajemen panas yang bagus. Ini penting sekali supaya laptop tidak tersiksa ketika dipaksa bekerja ekstra keras ketika dipakai bermain game dalam waktu lama.

Lenovo memasang 2 fan dengan 2 heatpipe. Anda bisa menemukan lubang pembuangan panas di sisi kanan dan kiri agak ke belakang dari case-nya, dan juga di bagian belakang bodi-nya mengarah ke bagian bawah layar.

Bahkan untuk aktivitas yang berat, area keyboard tetap nyaman tanpa terganggu dengan suhu tinggi.

Manajemen panas yang bagus begini, bisa memberi jaminan usia pakai yang lebih lama dan juga aplikasi berjalan optimal minim lag karena throtling.

Layar Cakep

Untuk mendapatkan pengalaman menyenangkan bermain game, dibutuhkan layar dengan refresh rate tinggi dan punya kemampuan mereproduksi warna dengan baik.

Layar laptop gaming 16 jutaan Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ACH6 21ID ini punya itu semua. Dengan diagonal 15,6 inci berproporsi 16:9 yang melebar, resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel dan panel IPS bersudut pandang luas, Anda akan mudah sekali menyukai tampilan layarnya ini.

Untuk pengalaman bermain game dengan mulus utamanya pada scene-scene yang cepat, layarnya memberi Anda refresh rate 165Hz. Sementara untuk keluasan cakupan warnanya, dia punya 100% sRGB color gamut.

Supaya lebih nyaman dan aman buat mata, layar Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ACH6 21ID ini juga dilengkapi dengan lapisan coating Anti-Glare dan DC Dimmer.

Layar seperti ini sangat menyenangkan untuk main game maupun untuk membuat konten berkat akurasi warna yang lebih akurat.


Desain Mantap

Layout Keyboard Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ACH6 21ID

Baik ketika dalam kondisi layar terbuka ataupun tertutup, tampilan laptop Ryzen 5 5600H dari Lenovo ini memiliki kesan yang kalem. Bahkan sedikit kurang terasa “gaming”nya. Lenovo mempertahankan bahasa desain yang sederhana, lebih mengutamakan fungsi, dan kalem.

Secara pribadi, saya lebih menyukai desain macam ini. Tidak semua orang menyukai tampilan laptop yang garang dan banyak aksen di sana-sini. Desain yang dibawa IdeaPad Gamin 3 15ACH6 ini “aman” – dalam artian bisa dibawa ke mana-mana tanpa khawatir akan terlihat norak.

Layar 15,6 inci Full HD-nya dikelilingi oleh bezel yang cukup tipis, terutama di sisi kanan dan kiri. Sementara bezel atasnya agak lebar untuk mengakomodir kehadiran webcam HD lengkap dengan privacy shutter khas Lenovo.

Bahan casingnya sendiri memang masih polycarbonat. Tapi jangan khawatir, build qualitynya bagus – padat, minim area kopong, dan terasa kokoh.

Dimensi laptop gaming ini cukup kompak dengan panjang 35.9 cm, lebar 25.1 cm, dan tebal 2.42 cm. Sementara bobotnya cukup enteng untuk sebuah laptop gaming di 1.97 kg. Charger 170 watt-nya seberat 442 gram. Jadi totalnya adalah 2.41 kg.

Yang juga menyenangkan adalah keyboard-nya.

Tidak banyak laptop gaming yang memberikan keyboard bawaan yang juga enak untuk mengetik dan mengedit dokumen panjang. Kebanyakan lebih memilih untuk membawakan keyboard yang keras, berisik, dan “gaming” banget.

Tapi ini Lenovo, sehingga Anda bisa mengharapkan keyboard yang tetap gaming, tapi masih empuk dan enak.

Selain feel ngetik-nya yang nyaman, yang juga saya sukai adalah tombol panahnya yang tetap diberi tempat sendiri. Ini nyaman banget untuk main game dibandingkan dengan keyboard yang tombol panahnya kecil-kecil seperti varian HP Victus 16 yang juga pakai Ryzen 5 5600H itu.

Dan supaya lebih nyaman lagi, keyboard-nya mendukung RGB backlit 4-zone. Mulai kerasa gamingnya? hehe….

Sebenernya sih saya kurang sreg dengan irisan miring di sudut-sudut layar dan depan body-nya itu. Mending dibiarkan lurus saja. Toh, bezelnya memang sudah tipis.

Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ACH6 terbuka kanan

Fitur Lengkap

Lenovo melengkapi IdeaPad Gaming 3 15AH6 dengan banyak fitur terbaru yang memberinya keunggulan dibanding laptop gaming di rentang harga 15 – 20 jutaan.

Pastinya, Anda tidak perlu repot membeli lisensi Windows 11 Home dan juga Microsoft Office Home & Student 2021 asli sudah terinstall.

Konektivitasnya juga cukup lengkap dengan mengandalkan WiFi 6 802.11ax 2×2, LAN (RJ45), Bluetooth 5.0 Combo, Port USB 3.2 Gen1, Port USB 3.2 Gen1 Type-C, Port HDMI 2.0, dan port combo audio.

Dan seperti laptop Lenovo yang lain, masih ada privacy shutter yang bisa secara manual Anda geser untuk menutup lensa webcam – menjadikannya sangat aman.

Untuk urusan audio, laptop gaming ini dibekali dua buah speaker stereo berkekuatan 2W. Kualitas audionya cukup bagus karena dukungan Nahimic Audio.

Bagaimana dengan baterainya?

Kapasitas baterai Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ACH6 21ID ini cukup besar, 60 WHr. Untuk penggunaan normal non-gaming, Anda bisa menggunakannya sampai 7 jam untuk sekali charge. Cukup impressive untuk sebuah laptop gaming yang tenaganya besar.

Untungnya, Lenovo menyertakan fitur Battery Rapid Charge yang mampu mengisi baterainya 80% dalam 1 jam saja dengan power adapter bawaan yang berkapasitas 170 W.

Kalau untuk bermain game secara intens, baterainya bisa bertahan sekitar 4 sampai 5 jam. Toh, untuk mendapatkan pengalaman yang maksimal, tentu saja Anda akan memilih untuk bermain dengan kondisi terhubung dengan colokan listrik.

Supaya Anda lebih tenang, tersedia base warranty 1 tahun dan ADP 2 tahun.

Pastikan Anda mendapatkan juga Lenovo IdeaPad Gaming M100 RGB Mouse dalam paket penjualan. Jangan ragu untuk menanyakannya pada penjualnya.

Kelebihan Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ACH6 21ID

  • Performa andal dengan GeForce RTX 3060
  • Harga terjangkau
  • Layar 100% sRGB 165Hz
  • Dilengkapi OS Windows 11 Home + Microsoft Office Home & Student 2021 asli pre-installed

Kekurangan Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ACH6 21ID

  • RAM bawaan hanya 8GB

Harga Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ACH6 21ID

Anda sudah bisa membeli Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ACH6 21ID di berbagai marketplace di harga 16 jutaan. Tentunya juga tersedia di toko-toko komputer off-line di berbagai kota.

Silahkan cek harga terbaru atau langsung membelinya di:

Di level harganya, Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ACH6 21ID menawarkan banyak sekali kelebihan. Kinerja tangguh dan bagus berkat AMD Ryzen 5 5600H dan NVIDIA GeForce RTX 3060, layar refresh rate tinggi 165Hz yang bisa membuat game terlihat lebih mulus sekaligus menjaga detail gambarnya.

Sementara color gamut 100% sRGB akan membantu Anda yakin aman warnanya tidak meleset ketika melakukan editing karya desain ataupun color grading pada konten-konten video.

Opsi upgrade yang diberikan juga meyakinkankan Anda akan aman menggunakannya sampai setidaknya 2 atau 3 tahun lagi. Anda tinggal menambahkan SSD jika dirasa 512GB itu kurang.

Kalau untuk RAM, sebaiknya Anda langsung tanyakan ke penjualnya jika mereka memberi layanan tambah RAM dalam proses pembeliannya.

Cukup jarang ada laptop 16 jutaan yang memberikan sebegini banyak kelebihan.

Spesifikasi Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ACH6 21ID

  • Prosesor: AMD Ryzen 5 5600H hexa-core (12 thread) 3,3GHz TurboBoost hingga 4,2GHz
  • Chipset: AMD
  • Grafis: AMD RX Vega 6 iGPU dan Nvidia GeForce RTX 3060 VRAM 6GB GDDR6
  • Memori: RAM 8GB DDR4 3200MHz, Upgradeable to 16GB DDR4
  • Storage: SSD M.2 2280 512GB PCIe Gen3 x4 NVMe (tersedia satu drive bay 2,5 inch untuk HDD/SSD SATA + 1x slot M.2)
  • Layar: IPS LCD dengan LED backlight 15,6 inci resolusi full HD 1920 x 1080 piksel, 300 nits, 100% sRGB color gamut, Anti-glare Panel, 165Hz Refresh Rate, Slim Bezel, DC Dimmer
  • Konektivitas: WiFi 6 802.11ax 2×2, Gb LAN (RJ45), Bluetooth 5.0 Combo, Port USB 3.2 Gen1, Port USB 3.2 Gen1 Type-C, Port HDMI 2.0, port combo audio
  • Keyboard: gaming layout dengan 4-zone RGB backlight
  • Audio: 2 x 2W stereo speaker dengan Nahimic Audio
  • Kamera: Integrated Widescreen HD (720p) Webcam, privacy shutter
  • Baterai: 60WHr, 4-Cell Battery dengan fitur RapidCharge (80% dalam 1 jam)
  • Sistem Operasi: Microsoft Windows 11 Home + Microsoft Office Home & Student 2021 asli pre-installed
  • Dimensi: 359.6 x 251.9 x 24.2 mm
  • Berat: mulai 2,25Kg
  • Warna: Shadow Black
suka banget dengan gadget dan laptop. Mencobai laptop atau gadget baru, termasuk punya teman. Kalau sedang tidak ada ide, nonton film adalah hal terbaik untuk meloloskan diri dari waktu. Main game hanya untuk bikin reviewnya.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.