Laptop Terkena Air? Apa Yang Harus Segera Dilakukan?

Laptop anda terkena air? Waduh…. Kepanikan itu segera saja datang dan segera tindakan entah benar entah malah membuat laptop semakin rusak kita lakukan. Sebenarnya apa yang harus segera kita lakukan untuk menyelamatkan laptop terkena air?

Saya percaya, jika laptop anda sampai terkena air, anda pasti tidak sengaja. Bisa saja, tidak sengaja ketumpahan kopi atau air minum. Atau kehujanan, atau – ini beneran terjadi – ketesan air di kamar kos-kosan yang atapnya bocor parah.

Kerusakan apa saja yang mungkin terjadi?

  • hubungan pendek arus listrik. Hubungan yang singkat-singkat itu biasanya memang membuat masalah. Iya kan? Hehe… Salah satu sifat air, terlepas air jenis apapun itu, air kopi, air the, atau air tawar), adalah kondusif. Artinya bisa menjadi penghantar arus listrik. Bisa dibayangkan, jika karena tetesan air yang masuk ke dalam laptop anda bisa menghubungkan bagian-bagian yang seharusnya tidak terhubung. Dan itulah, terjadi hubungan singkat.
  • Korosi. – atau karat. Motherboard laptop itu memakai tembaga sebagai penghubung komponen-komponen elektronis di dalamnya. Yang sayangnya, meski berkualitas bagus dan dilindungi pelapis – biasanya berwarna hijau – tetap saja bisa berkarat, terutama kalau terkena cairan yang mengandung asam. Kalau sudah berkarat, ya sudah, lebih mudah mengganti bagian yang rusak itu daripada memperbaiki.Kedua jenis kerusakan di atas, atau salah satunya saja, sudah bisa membuat laptop anda minta ampun dan berhenti mengabdikan diri pada anda.

    Apa yang harus dilakukan?

    Jika terkena air dalam keadaan laptop menyala:

  1. segera matikan laptop anda
  2. cabut baterai laptop
  3. balik laptop sampai air keluar

Jika air sampai ke baterai laptop:

  1. segera keringkan baterai dengan lap kering
  2. jika perlu, jemur di panas matahari dengan dilapisi kain kering
  3. jemur seperlunya saja, baterai yang terpapar panas berlebihan bisa cepat rusak atau meledak

Jika laptop anda terkena air sampai parah:

  1. buka penuh casing laptop
  2. lepaskan bagian-bagian laptop yang bisa dilepas, seperti keyboard, hard disk, RAM, DVD-Drive, modul WiFi (seperlunya juga sih, tergantung airnya sudah masuk sampai mana)
  3. bersihkan dengan hati-hati dengan menggunakan kuas dan hair dryer (hati-hati ya…, seperlunya saja, jangan sampai over, malah tambah rusak nanti)
  4. bersihkan keyboard dengan sepenuhnya. Karena keyboard punya jalur-jalur karet yang punya banyak tempat dimana air tidak bisa keluar dengan sendirinya, pastikan sudah kering betul.
  5. jika ada cairan yang lengket (kopi, teh, soda) bersihkan dengan air sedikit, setelahnya dikeringkan.
  6. angin-anginkan atau jemur keyboard dalam keadaan terbalik, sambil sesekali menekan-nekan tutsnya supaya airnya keluar dan tidak membuat mereka jadi lengket.
  7. diamkan laptop anda sampai paling tidak 10 jam dalam suhu ruangan yang kering. Kalau ruangan anda lembab ya pindahkan ke tempat yang kering dengan ventilasi yang bagus
  8. gunakan lap bagus dan kering. Jangan yang mudah rontok kapasnya
  9. jika layar laptop juga kena air, sama, lepaskan dengan hati-hati sampai anda bisa pastikan air tidak ada yang masuk ke celah-celah lapisannya
  10. rangkai kembali laptop anda
  11. dengan tanpa baterai terpasang, colok-kan ke jaringan listrik tanpa dinyalakan. Pertajam indera penciuman anda, segera cabut kabel ke jaringan listrik jika anda bau hangus atau terbakar (pastikan tidak ada orang bakar sampah atau memasak di sekitar anda, haha….)
  12. Berdoalah

Peringatan:

  • jangan salahkan saya kalau laptop anda malah rusak setelah mengikuti tips di atas
  • jika anda tidak berani mempreteli laptop, ya keringkan dengan lap kering secepatnya, lalu bawa ke reparasi atau teman, atau siapapun yang berani dan bisa memperbaikinya
  • kalau ternyata anda gagal menyelamatkannya, ya bawa ke tukang reparasi.
  • kalau laptop anda tidak bisa diselamatkan, periksa apakah ada bagian yang masih bisa dipakai (RAM, hard disk, optical drive, dll) Biasanya sih motherboardnya kena, jadi relakanlah.
  • jangan kena air lagi ya…. hehe…
(Dibaca 510 kali, hari ini 1)
Loading...
Tags:

Jangan ragu untuk berkomentar ya....