Laptop Asus BR1100CKA Harga 3 Jutaan Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Harga dan spesifikasi Asus BR1100CKA | quick spec: Intel Celeron N4500, RAM 4GB DDR4, LCD 11.6 inci HD, eMMC 128GB, webcam 720p, WiFi, Bluetooth, Windows 11 Home | Laptop Asus BR1100CKA adalah salah satu laptop terbaik untuk anak sekolah, utamanya yang masih berada di SD dan SMP.


Anda bisa cek harga atau membeli Asus BR1100CKA ini di:

Pastikan saja harganya berada di rentang 3.3 sampai maksimal 3.8 jutaan. Jangan lupa cek dulu rating dan testimoni di lapak penjualnya.

Mau dapat cashback setiap kali belanja online? Baca caranya di sini!


Bukan semata karena spesifikasinya, tetapi lebih karena desain casingnya yang rugged. Ada lapisan karet di pinggiran casing – mulai dari pinggiran layar sampai bodi utamanya.

Kelebihan utama Asus BR1100CKA ini memang terletak pada desainnya yang rugged alias tangguh banget, berkat lapisan karet yang melindungi semua sisi-sisinya.

Sepintas ini memang sedikit mengganggu estetika tampilannya, karena ya…, begitulah…. Ukurannya jadi lumayan tebal untuk sebuah laptop mungil 11,6 inci.

Lapisan karet ini akan menjaga laptop dari benturan. Bukan berarti akan sepenuhnya aman kalau sengaja dibanting ya….

Setidaknya rasa khawatir orang tua akan berkurang jika laptop Asus BR1100CKA ini tidak sengaja tersenggol dan jatuh dari meja.

Harga dan Spesifikasi Asus BR1100CKA

Sesuai dengan peruntukannya yang memang untuk anak-anak sekolah, maka kombinasi bodi yang tebal – tapi enteng kog – dengan perlindungan maksimal, keyboard spill free, baterai awet, dan juga kinerja yang fokus untuk akses internet ini memang yang diperlukan untuk sebuah laptop murah 3 jutaan untuk pelajar.

Kinerjanya didukung oleh Intel Celeron N4500 yang memiliki 4MB cache dan kecepatan kerja 1.1 GHz sampai 2.8 GHz berasal dari generasi Jasper Lake. Kinerja sedikit lebih bagus dari Celeron N4020 yang sangat populer itu.

RAM 4GB yang dibawanya sudah mencukupi untuk keperluan komputasi harian belajar online yang sangat bergantung pada internet. Sepanjang digunakan sebagai client – bukan host – pada saat meeting online menggunakan Google Meet atau Zoom, maka semua akan lancar-lancar saja.

Untuk storage, tersedia EMMC berkapasitas 128GB. Kecepatan baca tulisnya hanya sedikit dibawah SSD. Proses booting, shutting down, buka-tutup aplikasi masih terasa cukup gegas.

Kapasitas 128GB mungkin terlihat agak terbatas untuk sebagian pengguna. Tetapi senyampang penggunaan utama laptop murah 3 jutaan Asus BR1100CKA ini adalah untuk anak sekolah, maka sejatinya itu sudah lebih dari cukup.

Karena laptop Asus BR1100CKA ini sedari awal memang dirancang untuk digunakan anak-anak, Asus menyertakan juga pengamanan tambahan berupa keyboard yang spill resistant – jadi kalau semisal laptop ini tidak sengaja ketumpahan air pada area keyboardnya, resiko kerusakannya bisa diminimalisir.

Asus BR1100CKA lampu di belakang layar

Jika Anda perhatikan di bagian belakang kiri layarnya, ada sebuah lampu indikator yang akan menyala berkelap-kelip ketika laptop Asus BR1100CKA ini menyala. Saya belum sempat mengamati proses apa saja yang membuat lampunya berkedip.

Dari yang saya baca-baca sih, lampu indikator ini akan menyala ketika laptop mengalami kendala – dalam skenario bahwa di dalam kelas ada banyak anak yang menggunakan laptop ini, maka guru akan bisa melihat dan memberi bantuan lebih cepat pada siswa yang indikator di belakang layar ini berkedip.

Anda tidak akan menemukan lubang exhaust pada laptop Asus BR1100CKA ini. Karena memang dia tidak menggunakan kipas untuk mendinginkan processor-nya. Intel Celeron N4500 cukup didinginkan dengan pendingin pasif.

Dengan begitu, ada beberapa keuntunggan yang didapatkan pengguna. Yaitu tidak berisik karena putaran kipas pendingin – yang biasa memakai laptop gaming pasti paham.

Kedua, minim perawatan. Karena casingnya tidak memiliki lubang udara, berarti juga tidak ada udara yang masuk. Anda terbebas dari rutinitas membersihkan kipas dan lubang exhaust laptop yang kadang harus dilakukan di tukang servis.


Ketiga, laptop ini bisa digunakan di atas bantal atau kasur. Bisa ya…, tapi jangan keseringan dan lama-lama juga.

Asus BR1100CKA kanan

Yang agak mengejutkan adalah kualitas speakernya yang ternyata cukup baik. Memang bukan yang terbaik, tetapi suara bisa direproduksi dengan jelas, suara frekuensi rendah cukup terasa, middle-nya pas, tetapi agak kurang di frekuensi tinggi.

Mungkin karena kompartemen casingnya yang cukup tebal mempengaruhi bagaimana audionya dihasilkan. Dibandingkan dengan Asus E410MA, suaranya lebih bulat dan enak.

Kualitas webcam 720p yang disematkan di atas layarnya juga cukup bagus. Warnanya memang rada kurang pas cenderung kekuningan, tetapi untuk detail sudah cukup jelas. Sepanjang Anda berada di ruangan yang cukup cahayanya, maka wajah Anda akan terlihat bening.

Ketika dicoba merekam dengan aplikasi Camera bawaan Windows, gambarnya juga bagus dengan audio yang juga clear meskipun saya tidak berbicara dengan keras. Untuk urusan camera webcam dan microphone-nya, tidak ada komplain.

Asus BR1100CKA kiri

Apakah laptop Asus BR1100CKA ini bisa dipakai untuk bermain game?

Game apa dulu? Kemampuan grafis laptop ini lebih cocok untuk penggunaan Office dan internet, tidak untuk main game – pas banget dengan peruntukannya yang untuk anak sekolah.

Kalau untuk bermain game ringan-ringan yang ada di Microsoft Store masih bisa.

Jadi bagaimana? Apakah laptop mungil 3 jutaan ini layak dibeli?

Kembali pada kebutuhan Anda.

Laptop Asus BR1100CKA ini dirancang untuk anak sekolah SD dan SMP. Sehingga fitur keamanan – seperti bodi rugged nan tebal, keyboard spill resistant, penggunaan eMMC yang lebih aman dari benturan – lebih diutamakan daripada sisi penampilannya.

Kalau Anda ingin laptop murah 2 jutaan tapi tampilannya stylish banget, coba tengok Samsung Chromebook 4 Laptop Stylish Baterai 12 Jam!!

Layarnya yang mungil 11.6 inci pas buat anak-anak. Buat yang sudah berumur, itu rada menyiksa dan perlu membiasakan diri.

Di harga 3 jutaan, Review Laptop ID sih sangat merekomendasikan laptop Asus BR1100CKA ini sebagai laptop pertama untuk anak usia SD dan SMP. Kinerja memadai, rugged sehingga aman, dan baterainya awet.

Kalau soal tidak bisa main game, itu malah bagus – biar bisa lebih fokus mengerjakan tugas…, hehe….

Ow iya, layarnya bisa ditidurkan sampai 180 derajat begini. Lumayan, selain memudahkan berbagi layar supaya bisa dilihat teman tanpa harus memutar laptop, ini juga membuat engsel layarnya lebih aman dari patah.

Asus BR1100CKA 180 derajat

Kelebihan Asus BR1100CKA

  • casing rugged berlapis karet
  • keyboard spill resistant (aman dari tumpahan air)
  • kinerja mumpuni di kelasnya
  • webcam, microphone, dan audionya bagus
  • ada lampu indikator di belakang layar
  • tidak ada suara berisik

Kekurangan Asus BR1100CKA

  • tidak ada opsi upgrade RAM dan storage

Anda bisa cek harga atau membeli Asus BR1100CKA ini di:


Spesifikasi Asus BR1100CKA

  • Processor: Intel® Celeron® N4500 ( 4MB Cache, 1.1 GHz up to 2.8 GHz )
  • Windows 10 Home
  • Memory 4GB DDR4 Onboard
  • VGA Intel® UHD Graphics
  • Display 11.6-inch, LCD, HD (1366 x 768) 16:9, Wide view, Glossy display, LED Backlit, 250nits, NTSC: 50%, Screen-to-body ratio 63 %
  • NON TOUCH SCREEN
  • NO ODD
  • Storage 128GB eMMC
  • Chiclet keyboard
  • VGA 720p HD camera
  • Networking: Wi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2 – Gigabit WiFi
  • Audio: SonicMaster, Built-in speaker, Built-in microphone, with Cortana support
  • Interface: 1x USB 2.0 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support power delivery, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x RJ45 Gigabit Ethernet, 1x DC-in
  • FREE ; Asus Sleeve Case, Garansi Resmi 1 Tahun Asus Indonesia
suka banget dengan gadget dan laptop. Mencobai laptop atau gadget baru, termasuk punya teman. Kalau sedang tidak ada ide, nonton film adalah hal terbaik untuk meloloskan diri dari waktu. Main game hanya untuk bikin reviewnya.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.