Kapan Harus Mengganti Baterai Laptop?

Kapan harus mengganti baterai laptop? Pertanyaan ini muncul ketika kita merasa baterai laptop kita sudah tidak seawet ketika masih baru dahulu. Kira-kira setelah 2 tahun masa pemakaian-lah. Pada masa setelah dua tahun itu, biasanya baterai laptop kita akan terasa semakin cepat habisnya. Jika dahulu dari keadaan terisi 100% bisa dipakai sekitar 4-5 jam, sekarang jadi tinggal 2-3 jam saja. Bahkan keadaannya bisa lebih buruk. Tinggal 1-2 jam saja. Juga waktunya, penurunan kapasitas baterai bisa mulai terasa sekitar 1-1,5 tahun saja. Ini tentu sedikit menyesakkan. Masak investasi uang kita yang beberapa juta itu hanya bisa digunakan setahun dua tahun?

Baterai laptop yang nge-drop, atau mengalami penurunan kapasitas daya simpannya itu tidak berarti kita harus beli laptop baru kog. Cukup dengan membelikannya baterai baru. Harganya memang tidak murah. Tapi jika memang anggaran kita cekak, tidak ada salahnya. Apalagi ketika nilai tukar rupiah sedang lemah seperti saat posting ini ditulis. Laptop yang spesifikasinya mirip-mirip dengan yang kita pakai sekarang, harganya bisa 1,5 kali lipat untuk merek-merek tertentu. Sepertinya para produsen laptop agak pelit akhir-akhir ini. Kebanyakan lebih mementingkan tampilan yang tipis dari pada spesifikasi yang mantap. Pasar juga sih yang menuntun mereka jadi begitu. Atau jangan-jangan mereka yang menciptakan pasar dan kita hanya ikut jadi tertuntut untuk beli? Haha….

baca juga: Tips Membuat Baterai Laptop Lebih Awet

Kapan harus mengganti baterai laptop?

Tidak peduli sebagus apa anda merawat baterai laptop anda, dia tetap akan rusak suatu saat. Jika anda beruntung, anda baru perlu mengganti baterainya pas ketika anda perlu laptop baru yang lebih tangguh untuk kebutuhan anda. Jika tidak, maka beli baterai laptop pengganti menjadi pilihan terbaik dari pada beli laptop baru.

Kerusakan baterai laptop itu sepertinya terjadi tiba-tiba, padahal sebenarnya tidak. Windows akan memberi tahu anda ketika baterai anda sudah mencapai ambang batas bawah daya simpannya.

Secara normal, Windows tidak memberitahukan kondisi baterai anda secara terus menerus. Dipakai atau tidak, baterai anda akan melemah. Tahu-tahu anda menyadari laptop anda sudah tidak bisa dipakai selama dahulu ketika menggunakan baterai.

baca juga: Bagaimana cara melihat kapasitas baterai laptop?

Nah, ketika Windows menganggap baterai laptop anda sudah tidak sanggup bertahan lebih lama, dia akan memberitahu anda. Anda akan melihat tanda X merah pada ikon baterai di system tray Windows anda, dan jika anda menge-klik-nya, akan muncul informasi “consider replacing your battery.” Windows juga akan memperingatkan bahwa mungkin Windows akan secara tiba-tiba menshut down dirinya sendiri karena masalah baterai ini. Dengan kata lain, baterai anda tidak bisa menyediakan daya yang cukup bagi laptop anda untuk beroperasi dalam waktu lama ketika tidak terhubung dengan colokan listrik. Peringatannya seperti ini:

select a power plan

Loading...

(Dibaca 522 kali, hari ini 1)
Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....