Infinix INBook X1 Pro Harga 10 Jutaan Dengan Core i7-1065G7 Layar 100% sRGB

Infinix INBook X1 Pro Harga dan Spesifikasi | quick spec: Intel Core i7-1065G7, RAM 16GB, SSD 512 PCIe, 14” FHD 100% sRGB, webcam 720p, WiFi 6, Bluetooth 5.2, quad speaker, fingerprint sensor, 2x USB-C, 2x USB 3.0, 1x USB 2.0, Windows 10 Home x64 | Infinix cukup serius masuk ke pasar laptop setelah cukup sukses dengan smartphone mereka. Mengusung spesifikasi yang bagus dan harga yang sangat bersaing di kelasnya.

Kelebihan Infinix INBook X1 Pro yang paling terlihat ada pada perbandingan spesifikasi dengan harganya yang terjangkau. Di kelas laptop 10 jutaan, masih cukup jarang ada laptop dengan processor sekelas Intel Core i7-1065G7 yang kinerjanya kurang lebih setara dengan AMD Ryzen 7 4700U.

Layarnya juga sangat menarik, punya panel IPS, berdiagonal 14 inci, resolusinya Full HD, dan 100% sRGB. Wah…, ini bisa menjadi pilihan laptop terjangkau untuk desain grafis, mengedit foto atau video – dan content creator secara umum.

Masih cukup jarang laptop 10 jutaan punya color gamut 100% sRGB atau 72% NTSC seperti yang ditawarkan INBook X1 Pro ini.


Anda bisa cek harga atau beli Infinix INBook X1 Pro i7-1065G7 ini di Official Store mereka di:

Mau dapat cashback dari setiap belanjaan online kamu? Pakai Shopback saja! Gampang pakainya dan pasti!


Varian Infinix INBook X1

Infinix merilis 3 varian laptop INBoox X1 dengan perbedaan utama pada processor yang digunakan. Sementara untuk desain dan fitur unggulan tidak banyak berbeda. Mereka adalah:

Sementara untuk warna, masing-masing varian tadi tersedia dalam 4 warna, Noble Red, Elves Green, Elegant Black dan Starfall Grey. Dalam situs resminya, Infinix menyebutkan bahwa ke 4 varian warna ini terinspirasi oleh pemandangan langit malam Trysil di perbatasan Norwegia.

Infinix InBook X1 Pro

Desain dan Built Quality

Tampaknya Infinix menyasar pengguna kaum muda dengan memilih warna-warna yang segar dan berani. Utamanya pada warna Noble Red – yang merahnya cukup pekat sehingga jadi terlihat seksi dan catchy. Warna Elves Green juga memiliki hijau yang dalam dan kalem.

Sementara varian warna Elegant Black dan Starfall Grey bisa menjadi pilihan yang bagus untuk Anda yang gampang risih dilihatin orang lain ketika bekerja atau nyantai bekerja di tempat umum macam cafe begitu.

Infinix menggunakan material Anodized Premium Aluminum pada semua seri INBook X1 mereka, dan tentu saja pada versi Pro ini. Varian i3-1005G1 yang harganya 6 jutaan saja pakai… – kan…!

Material logam yang dipakai pada case-nya ini berhasil membuatnya tidak tampak seperti laptop murah.

Meskipun harganya murah, build qualitynya cukup mengejutkan – lebih baik dari rata-rata laptop di kelasnya. Permukaan bodi-nya halus dengan sudut-sudut yang pengerjaan finishingnya rapi dan tegas. Sulit untuk menemukan masalah pada bodi-nya ini. Aluminum sih….

Infinix menyatakan bahwa hanya bagian bezel layarnya saja yang tidak menggunakan material logam.

Pada finishing casing belakang layar, Infinix membaginya menjadi dua bagian yang berbeda teksurnya. Bagian atas bertekstur “brushed” – macam alur-alur bekas kena kuas begitu. Sementara bagian bawahnya bertekstur “sandblasted” – rada kesat seperti permukaan amplas yang halus. Anda bisa menemukan logo Infinix di bagian kanan tengah casing belakangnya ini.

Saya suka.

Varian Infinix INBook X1 Pro ini memiliki dimensi yang cukup tipis dan juga enteng. Sisi terpanjangnya 32.3 cm, lebar 21.9 cm, dan ketebalannya 1,63 cm. Tidak setipis ultrabook memang, tetapi berhasil terlihat tipis berkat desain bagian bodinya yang bagus.

Beratnya hanya 1.47 kg, bobot yang standar untuk laptop 14 inci keluaran sekarang. Dengan bobot segini, masih cukup ringanlah untuk dibawa ke sekolah, kampus, kantor, ataupun menemani bekerja sambil nyantai di cafe.

Ditambah dengan adaptor charger 65W bertipe konektor USB Type C yang bobotnya 253 gram, maka Anda akan membawa bobot total 1,72 kg. Masih enteng juga kan? Yang menyenangkan adalah bahwa kabel charger-nya ini bisa dilepas dari charger-nya, sehingga bisa lebih mudah menyimpannya di dalam tas.

Bagaimana dengan kinerjanya?

Laptop Infinix INBook X1 Pro ditenagai prosesor dari Intel generasi ke-10 – Intel Core i7-1065G7, sebuah CPU quad-core (8 thread) generasi Ice Lake yang bekerja dengan kecepatan standar 1,3GHz dan TurboBoost hingga 3,9GHz. Processor ini sudah terintegrasi dengan iGPU berupa Iris Plus G7.

Untuk info detailnya, Anda bisa baca juga Intel Core i7-1065G7 – Processor Intel 10th Gen Tangguh Dengan AI Deep Learning.

Meskipun Core i7-1065G7 ini bukan processor Intel generasi terbaru, tetapi kinerjanya masih sangat bisa diperhitungkan. Baik untuk pekerjaan kantoran dan rumahan – seperti mengedit dokumen di Microsoft Office, browsing, dan streaming – sampai menjalankan aplikasi yang rada berat untuk editing foto dan video, menjalankan Illustrator atau Corel Draw, atau mau menggunakannya untuk menjadi streamer masih bisa banget itu.

Tentu saja kinerja bagus laptop INBook X1 Pro ini karena dukungan RAM LPDDR4x berkapasitas cukup lega 16GB dan SSD PCIe 3.0 sebesar 512 GB yang dibawanya. Kegiatan komputasi yang butuh heavy multitasking masih bisa dilakukan dengan lancar dan minim lag.

Infinix InBook X1 Pro Gaming

Bagaimana kalau untuk main game?

iGPU Iris Plus G7 memang bukan GPU kelas atas. Tetapi kinerja grafisnya sama sekali tidak bisa diremehkan. iGPU bawaan Core i7-1065G7 ini membawa varian yang paling tinggi dengan 64 EUs dengan kecepatan 300 – 1100 MHz.

Kinerjanya kurang lebih dua kali lebih cepat dari Intel UHD Graphics 620 dan juga lebih baik dari AMD Vega 10 dari jajaran AMD Ryzen, ya mirip-miriplah dengan kinerja GeForce MX150

Jelas performanya masih dibawah GPU diskrit yang memang dirancang untuk melayani kebutuhan grafis yang berat. Tetapi ternyata dia masih cukup tangguh untuk bermain game-game ringan dengan lancar. Sementara kalau untuk bermain game-game yang berat, pengguna bisa memainkannya pada setting grafik low.

Ada banyak judul game yang bisa Anda mainkan dengan lancar pada Infinix INBook X1 Pro ini.

Dan jangan terlalu khawatir dengan panas yang ditimbulkannya. Infinix membekali laptop i7 murah 10 jutaan ini dengan sistem pendingin Ice Storm 1.0 yang menggunakan saluran udara kelas militer sehingga laptop tidak kepanasan dan tetap tenang tanpa menjadi terlalu berisik ketika bermain game atau sedang full load.

Pendingin Infinix INBook X1 Pro Ice Storm 1.0

Layar 100% sRGB?

Di kelas harga 10 jutaan, rata-rata layar laptop yang beredar di pasaran masih memiliki color gamut 45% sRGB. Laptop gaming harga 15 sampai 20 jutaan pun juga begitu. Lihat saja layar HP Victus 16 E0089AX yang harganya 18 jutaan itu. (tapi refresh rate-nya 144Hz!). Tidak banyak yang memberi cakupan warna seluas layar Infinix INBook X1 Pro ini.

Layar Infinix INBook X1 Pro ini punya bentang layar 14 inci, ukuran yang pas untuk rata-rata pengguna. Tidak terlalu besar seperti 15,6 inci ke atas, dan juga tidak kekecilan seperti layar 11,6 inci. Layar 14 inci ini sudah nyaman banget dipakai untuk berbagai keperluan, seperti browsing, mengedit dokumen di Word, mengolah data di Excel, membuat presentasi di PowerPoint, ataupun kegiatan editing foto di Photoshop ataupun video di Premiere.

Layar berukuran 14 inci berjenis panel IPS (In-Plane Switching) LCD LED backlight, resolusi full HD 1920 x 1080 piksel dengan kecerahan maksimal hingga 300 nits-nya bisa banget memberi pengalaman menyenangkan, baik untuk bekerja ataupun menikmati konten multimedia.

Color gamut 100% sRGB-nya menjamin bahwa apapun yang tertampil di layarnya sudah sesuai dengan standar industri desain. Ini sangat membantu Anda yang pekerjaannya butuh akurasi warna terbaik untuk memastikan warna karya Anda di layar laptop tetap akurat dan tidak mengalami color shifting terlalu banyak ketika dilihat di perangkat yang lain.

Desain layarnya cakep!

Kalau di lihat dari depan, tampilan layar Infinix INBook X1 ini cukup tipis di sisi kiri-kanan, dan atas. Bezel kiri-kanannya cuman sekitar 4.13 mm saja. Sementara bezel atasnya sedikit lebih tebal. Infinix menempatkan webcam HD 720p di tengah bezel atas ini. Anda bisa mendapatkan dua buah microphone array di sisi kiri dan kanan webcam.

Lagipula, layar ini juga sudah diberi lapisan anti-glare yang membantu menepis pantulan cahaya yang bisa membuat mata cepat lelah. Dan untuk memberikan pengalaman terbaik, layarnya ini juga bisa dibuka hinga lurus 180 derajat.

Untuk memudahkan pengguna membuka layarnya, Infinix menempatkan tonjolan memanjang di sisi dekat webcam. Detail kecil yang banyak diabaikan pada desain laptop-laptop jaman sekarang.


Infinix InBook X1 Pro Keyboard Layout
Credit https://www.notebookcheck.net/

Apakah Keyboard dan Touchpadnya nyaman digunakan?

Layout keyboard Infinix Inbook X1 Pro ini rapi banget. Jarak antar tombolnya pas, tidak terlalu dekat ataupun terlalu renggang. Tombol-tombolnya sendiri terasa empuk, travel distance-nya tidak terlalu dalam, dan enteng ketika ditekan, meskipun ya …, masih kerasa plastiknya.

Feel mengetik terasa cukup enak, meskipun mungkin sebagian orang akan merasa sedikit terganggu dengan suaranya yang cukup keras. Bukan masalah besar sih…, malah kerasa seperti mechanical keyboard, wkwkwk….

Jangan kecewa dulu, setelah beberapa lama, bakal kerasa nyaman kog. Dan supaya Anda bisa tetap bekerja dalam kondisi pencahayaan yang kurang ideal, ada backlit dengan dua tingkat kecerahan di keyboard-nya.

Laptop Infinix INBook X1 Pro ini memiliki touchpad yang ukurannya lumayan besar. Dukungan Windows Precision Driver membuat pengguna bisa melakukan navigasi dengan cepat dan nyaman. Permukaannya halus dan responsif, sehingga ujung jari bisa bergerak dengan cepat.

Sayang posisinya lebih center to body daripada center to spacebar – bukan posisi favorit saya sebenarnya, karena biasanya lebih mudah tidak sengaja touchpad tertekan telapak tangan. Setelah beberapa hari akan terbiasa juga sih….

Infinix InBook X1 i3 Ports

Konektivitas melimpah!

Mengingat laptop Core i7 murah ini cukup tipis, agak mengejutkan juga ketika Infinix menyematkan cukup banyak port dan konektor di sisi kiri dan kanan bodi-nya. Yang tidak ada hanya konektor LAN RJ-45 yang mana juga semakin sulit ditemui pada laptop tipis jaman sekarang.

Di sebelah kiri, Anda bisa menemukan 1x DC-In, 1x HDMI 1.4, 1x USB Type C (untuk data transfer, charging, dan display out), 1x USB Type C (untuk data transfer (USB 3.0) tapi tidak bisa untuk charging), 1x Webcam Shut-Down Switch.

Di sisi kanan, Anda akan temukan 1x Micro SD Card Reader, 1x Audio Combo Jack, 1x USB 2.0 Type A, 1x USB 3.0 Type A, dan 1x Kensington Lock.

Yang layak diperhatikan di sini adalah bahwa di dalam paket penjualannya, charger yang disertakan menggunakan konektor bertipe USB Type-C, bukan jack daya seperti biasa.

Artinya, ketika sedang dalam posisi mengisi baterai, maka jumlah port USB Type-C jadi tinggal satu. Padahal, USB Type-C yang bisa dipakai untuk mengisi daya ini juga punya fungsi sebagai display output. Seandainya charger yang disertakan menggunakan port DC-IN maka ini akan lebih baik.

Setidaknya masih ada port HDMI 1.4 untuk menghubungkannya dengan monitor tambahan, jadi tidak melulu bergantung pada port USB Type-C itu.

Switch WebCam Manual

Jika pada laptop rilisan Lenovo ada dedicated webcam cover, maka Infinix memiliki switch khusus untuk menghidup-matikan webcam sesuai kebutuhan secara manual. Anda bisa menemukan saklar ini di sisi kiri bodi laptop.

Keberadaan switch seperti ini bisa memberikan keamanan lebih bagi pengguna, terutama dalam keadaan dimana pengguna selalu terhubung dengan internet.

Switch webcam ini bekerja dengan efektif. Pada saat dimatikan, bahkan Windows pun akan menganggap laptop ini tidak dilengkapi dengan webcam.

Anda juga mendapatkan fingerprint scanner yang ditempatkan di sebelah kanan touchpad untuk keamanan yang lebih baik.

Pengisian daya hingga 70% dalam Sejam.

Kapasitas baterai terpasangnya 55 Whr berjenis Lithium Polymer. Daya tahannya sendiri cukup bagus. Untuk penggunaan standar, Infinix berani memberi klaim baterainya bisa bertahan sampai 13 jam. Untuk nonton video 1080p, bisa bertahan sampai sekitar 10 jam.

Cukup impressive.

Infinix menyertakan charger berdaya 65 Watt dengan PD3.0 yang terbilang cukup cepat mengisi daya baterainya. Dalam satu jam, baterainya sudah bisa terisi sampai 70% (dari 5%). Setelah itu kecepatan pengisian daya akan berkurang. Dalam 2 jam, 94%. Dan baru dalam waktu 2 jam 35 menit, baterainya akan terisi penuh.

Ini wajar, kecepatan pengisian baterai memang akan dikurangi. Pengurangan kecepatan ini untuk menurunkan suhu, sehingga dalam jangka panjang, akan membuat baterai lebih awet.

Audio 1.5 Watt Ada Tweeter-nya

Infinix menyebutkan jika laptop ini membawa dua buah base speaker berkekuatan 1.5 Watt yang ditempatkan di sisi bawah, dekat dengan sudut depan. Lalu ada lagi sepasang tweeter dengan daya 0.8 Watt yang dipasang menghadap ke atas berada di antara kedua hinge layar. Supaya suaranya lebih bagus, Infinix menggunakan DTS audio processing.

Hasilnya, keluaran audionya terdengar lebih baik dari standar audio laptop di kelas harganya. Tweeter-nya membantu menghasilkan detail-detail kecil dengan baik. Untuk suara frekuensi rendah memang masih kurang mantul.

Kelebihan Infinix INBook X1 Pro

  • Desain stylish, minimalis, tipis, ringan, dan ringkas
  • Build quality bagus dengan casing berbahan metal
  • Performa bagus dengan Intel Core i7-1065G7
  • Konektivitas melimpah
  • Layar IPS Full HD 100% sRGB
  • Windows 10 Home x64 asli pre-installe

Kekurangan Infinix INBook X1 Pro

  • RAM tersolder, tidak bisa diupgrade

Harga Infinix INBook X1 Pro

Anda bisa cek harga atau beli Infinix INBook X1 Pro i7-1065G7 ini di Official Store mereka di:

Ada banyak pilihan laptop harga 10 jutaan yang spesifikasinya mirip-mirip dengan INBook X1 Pro ini. Tetapi tidak banyak yang membawa fitur-fitur bagus seperti layar 100% sRGB. Infinix berhasil meramu laptop dengan perbandingan spesifikasi dan harga yang masuk akal.

Desain bagus, build quality tidak main-main, fitur melimpah, dan performa yang konsisten adalah sederet kelebihan Infinix INBook X1 Pro.

Jika Anda membutuhkan laptop untuk menunjang pekerjaan seputar desain grafis dan content creator, laptop Core i7 10 jutaan ini bisa menjadi investasi yang bagus.

Kalau versi Pro-nya ini masih terasa kemahalan, Anda bisa juga mempertimbangkan versi i5-1035G1 (8 jutaan) atau i3-1005G1 (6 jutaan). Anda bisa cek harga terbarunya di Official Store Infinix di shopee.co.id.

Spesifikasi Infinix INBook X1 Pro

General

Device Type Laptop
Model / Series Infinix INBook X1 Pro
Released 16 Juni, 2020
Status Available
Price Rp10.199.000

Platform

Processor Intel® Core™ i7-1065G7
VGA (Graphic Card) Intel Iris Plus
RAM (Memory) 16GB LPDDR4x
Storage 512GB PCIe M.2 SSD
Operating System Windows 10 Home Single Language 64-bit

Body

Dimensions 32,3 x 21,9 x 1,63 cm; 1,48 kg
Display 14” LED-backlit FHD (1920 x 1080) 16:9
IPS Panel, 178 degree viewing-angle
300 nits max brightness
100% sRGB
Battery 55 Wh battery
65 W power adaptor
Plug Type: USB-C, DC-in
70% in 60 mins

Connectivity

Webcam 720p HD
Bluetooth Bluetooth 5.2
Wi-fi IEEE 802.11a/b/g/n/ac/ax, 160MHz; WiFi6; 2.4GHz and 5GHz 2×2 MIMO
NFC
I/O Interface USB-C x 2 (1x support data, charging and DisplayPort)
USB 3.0 × 2 / USB 2.0 x 1
HDMI × 1
SD card slot x 1
camera switch x 1
3.5 mm Headset and Microphone Jack x 1

Other

Audio Quad speaker (2 x 0,8W tweeter, 2 x 1,5W bass), DTS audio processing
Features Warna: Noble Red, Starfall Grey dan Elegant Black
1 tahun garansi global
suka banget dengan gadget dan laptop. Mencobai laptop atau gadget baru, termasuk punya teman. Kalau sedang tidak ada ide, nonton film adalah hal terbaik untuk meloloskan diri dari waktu. Main game hanya untuk bikin reviewnya.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.