Harga dan Spesifikasi Infinix INBook X1 Core i3-1005G1 Laptop 6 Jutaan Layar 100% sRGB

Infinix INBook X1 Core i3-1005G1 harga dan spesifikasi | Quick Spec: Intel Core i3-1005G1, SSD 256GB PCIe, RAM 8GB, UHD Graphics G1, 14 inci IPS FullHD 100% sRGB, backlit keyboard, webcam 720p, Windows 10 Home | Di kelas laptop harga 6 jutaan, Infinix INBook X1 Core i3 ini adalah yang terbaik – sampai sekarang, sepertinya belum ada pesaing yang menawarkan spesifikasi setara.

Kelebihan terbaik dari Infinix INBook X1 Core i3 terletak pada layarnya, 14 inci resolusi Full HD dengan 100% sRGB. Laptop harga 6 jutaan yang lain juga banyak yang memberi layar 14 inci Full HD 1080p, tapi sangat jarang yang color gamutnya mendekati 100 % sRGB ini.

Dengan color gamut 100% sRGB ini, maka layarnya bisa menampilkan warna yang akurat, sesuai dengan standar industri desain. Ini sangat memudahkan pengguna yang memerlukan akurasi warna terbaik ketika menentukan warna yang dipakai pada foto, desain, ataupun video yang diedit.

Itulah sebabnya, laptop Infinix INBook X1 Core i3 bisa menjadi alternatif pilihan laptop murah untuk desain grafis dan content creator terbaik di harga 6 jutaan.

Setidaknya Anda tidak harus membeli monitor 100% sRGB sebagai layar kedua untuk keperluan color grading. Ya, meskipun sekarang harganya sudah lumayan terjangkau – seperti LG 22MK600M yang hanya 1.4 jutaan itu – tetap saja lebih hemat ketika Anda bisa melakukannya langsung pada layar laptop sendiri.


Anda bisa membeli laptop Infinix INBook X1 Core i3-1005G1 di Official Store Infinix di:


Varian Infinix INBook X1

Infinix merilis 3 varian SKU jajaran laptop INBook X1 ini, yaitu:

Infinix tampak cukup serius masuk ke pasar laptop di tanah air. Meskipun semuanya masih menggunakan processor Intel generasi ke 10, tapi untuk sekarang, mereka masih cukup bertenaga, dan yang pasti, masih mendapatkan upgrade ke Windows 11 dengan gratis.

Pilihan warna Infinix InBook X1 i3-1005G1 harga dan spesifikasi

Desain kekinian yang stylish dan tipis

Meskipun harga laptop INBook X1 ini terjangkau, tetapi Infinix tampak tidak setengah-setengah. Desain bodi-nya tidak terlihat seperti laptop murah. Pun bahan material yang digunakan juga terasa premium.

Sulit sekali ada laptop terjangkau di kelas harganya yang memakai material Anodized Premium Aluminum. Infinix menyatakan bahwa hanya bagian bezel layarnya saja yang tidak menggunakan material logam.

Infinix menerapkan dua tekstur dan dua tone warna pada bagian belakang layarnya. Bagian bawah-nya bertekstur “sandblasted,” sementara yang bagian atas bertekstur “brushed.” Logo Infinix tersemat di bagian kanan tengah casing belakangnya ini.

Tidak terlalu mencolok, tetapi cukup memberinya karakter yang berhasil membuatnya berbeda dari desain laptop yang lain.

Anda bisa memilih salah satu dari 4 varian warna yang tersedia: Noble Red, Elves Green, Elegant Black dan Starfall Grey. Kalau saya sih, cenderung memilih Elegant Black atau Starfall Grey yang lebih netral. Meskipun sebenarnya Noble Red dan Elves Green juga menarik dan memberi kesan lebih berani.

Laptop Core i3 murah Infinix INBook X1 ini memiliki dimensi yang cukup tipis dan juga enteng. Beratnya hanya 1.47 kg, bobot yang standar untuk laptop 14 inci keluaran sekarang. Cukup ringan untuk dibawa ke sekolah, kampus, kantor, ataupun menemani bekerja sambil nyantai di cafe.

Sisi terpanjangnya 32.3 cm, lebar 21.9 cm, dan ketebalannya 1,63 cm. Tidak setipis ultrabook memang, tetapi berhasil terlihat tipis berkat desain bagian bodinya yang bagus.

Ditambah dengan adaptor charger 65W bertipe konektor USB Type C yang bobotnya 253 gram, maka Anda akan membawa bobot toal 1,72 kg. Masih enteng juga kan? Yang menyenangkan adalah bahwa kabel charger-nya ini bisa dilepas dari charger-nya, sehingga bisa lebih mudah menyimpannya di dalam tas.

Infinix InBook X1 i3 enteng

Layar 14 inci Full HD 100% sRGB

Color gamut sampai 100% sRGB adalah salah satu fitur unggulan di laptop murah 6 jutaan Infinix INBook X1 ini. Untuk varian Pro yang memang harganya lebih tinggi, itu biasa saja. Tapi kalau ini juga ada di varian paling bawahnya, X1 Core i3-1005G1 maka ini benar-benar sulit dicarikan lawan.

Color gamut 100% sRGB ini biasanya baru kita temui di laptop pada level harga diatas 10 jutaan.

Layar Infinix INBook X1 ini punya bentang layar 14 inci, ukuran yang pas untuk rata-rata pengguna. Tidak terlalu besar seperti 15,6 inci ke atas, dan juga tidak kekecilan seperti layar 11,6 inci. Layar 14 inci ini sudah nyaman banget dipakai untuk berbagai keperluan, seperti browsing, mengedit dokumen di Word, mengolah data di Excel, membuat presentasi di PowerPoint, ataupun kegiatan editing foto di Photoshop ataupun video di Premiere.

Panel yang digunakan juga sudah IPS (In-Plane Switching) yang memastikan pengguna menikmati warna yang tidak banyak berubah ketika melihatnya dari sudut yang kurang pas.

Resolusi layarnya juga sudah Full HD 1920 x 1080 piksel. Ini resolusi yang sudah mantap untuk layar 14 inci. Refresh rate-nya memang hanya 60 Hz – standard-lah untuk laptop di kelas harga ini. Ini bukan laptop gaming yang perlu refresh rate sampai 144 Hz seperti HP Victus Series.

Lagipula, layar ini juga sudah diberi lapisan anti-glare yang membantu menepis pantulan cahaya yang bisa membuat mata cepat lelah. Dan untuk memberikan pengalaman terbaik, layarnya ini juga bisa dibuka hinga lurus 180 derajat.

Kalau di lihat dari depan, tampilan layar Infinix INBook X1 ini cukup tipis di sisi kiri-kanan, dan atas. Bezel kiri-kanannya cuman sekitar 4.13 mm saja. Sementara bezel atasnya sedikit lebih tebal. Infinix menempatkan webcam HD 720p di tengah bezel atas ini. Anda bisa mendapatkan dua buah microphone array di sisi kiri dan kanan webcam.

Kualitas webcam Infinix INBook X1 cukup baik, detail dan saturasi warnanya juga lumayan pas. Dengan catatan, Anda berada di ruangan dengan pencahayaan yang bagus.

Untuk memudahkan pengguna membuka layarnya, Infinix menempatkan tonjolan memanjang di sisi dekat webcam. Detail kecil yang banyak diabaikan pada desain laptop-laptop jaman sekarang.

harga dan spesifikasi Infinix InBook X1 i3-1005G1


Audio 1.5 Watt Ada Tweeter-nya

Reproduksi audio di laptop core i3 murah Infinix X1 ini juga digarap dengan baik. Infinix menyebutkan jika laptop ini membawa dua buah bass speaker berkekuatan 1.5 Watt yang ditempatkan di sisi bawah, dekat dengan sudut depan. Lalu ada lagi sepasang tweeter dengan daya 0.8 Watt yang dipasang menghadap ke atas berada di antara kedua hinge layar. Supaya suaranya lebih bagus, Infinix menggunakan DTS audio processing.

Hasilnya, keluaran audionya terdengar lebih baik dari standar audio laptop di kelas harganya. Tweeter-nya membantu menghasilkan detail-detail kecil dengan baik. Untuk suara frekuensi rendah memang masih kurang mantul.

Konektivitas

Anda tidak perlu meragukan ketersediaan port dan konektor pada laptop Core i3 murah ini. Yang tidak ada hanya konektor LAN RJ-45 yang mana juga semakin sulit ditemui pada laptop tipis jaman sekarang.

Di sebelah kiri, Anda bisa menemukan 1x DC-In, 1x HDMI 1.4, 1x USB Type C (untuk data transfer, charging, dan display out), 1x USB Type C (untuk data transfer (USB 3.0) tapi tidak bisa untuk charging), 1x Webcam Shut-Down Switch.

Di sisi kanan, Anda akan temukan 1x Micro SD Card Reader, 1x Audio Combo Jack, 1x USB 2.0 Type A, 1x USB 3.0 Type A, dan 1x Kensington Lock.

Yang layak diperhatikan di sini adalah bahwa di dalam paket penjualannya, charger yang disertakan menggunakan konektor bertipe USB Type-C, bukan jack daya seperti biasa.

Artinya, ketika sedang dalam posisi mengisi baterai, maka jumlah port USB Type-C jadi tinggal satu. Padahal, USB Type-C yang bisa dipakai untuk mengisi daya ini juga punya fungsi sebagai display output. Seandainya charger yang disertakan menggunakan port DC-IN maka ini akan lebih baik.

Setidaknya masih ada port HDMI 1.4 untuk menghubungkannya dengan monitor tambahan, jadi tidak melulu bergantung pada port USB Type-C itu.

Keyboard Backlit

Sekali lagi, Infinix membuktikan bahwa tidak perlu harga kelewat tinggi untuk mendapatkan laptop dengan fitur-fitur penunjang produktivitas yang bagus.

Keyboard laptop INBook X1 ini sudah dilengkapi dengan backlit dengan dua tingkat kecerahan. Lumayan membantu ketika suatu saat Anda harus bekerja dalam ruangan dengan pencahayaan yang kurang mencukupi – pernah dikejar deadline pada saat mati lampu kan? Hehe….

Layout keyboard laptop ini sepintas terlihat seperti layout keyboard dari laptop-laptop rilisan Apple. Kesannya minimalis, bersih, dan rapi. Desain tombol chiclet seperti ini memang sedang populer.

Ukuran tombol-tombolnya cukup pas dengan jarak antar tombol yang juga pas. Hanya saja desain tombol panahnya mengikuti trend jaman sekarang, tombol panah atas dan bawah berukuran separuh dari tombol lain. Untungnya tombol panah kiri dan kanan ukurannya tetap penuh. Tidak seperti tombol panah pada Asus E410MA yang super-duper konyol itu.

Infinix membawakan touchpad berukuran cukup besar. Posisinya lebih center to body daripada center to spacebar – bukan posisi favorit saya sebenarnya, karena biasanya lebih mudah tidak sengaja touchpad tertekan telapak tangan.

Touchpad-nya terlihat bersih, tidak ada batas jelas tombol klik kanan dan kiri. Dukungan Windows Precision Driver membuat navigasi cukup mudah dan nyaman dilakukan.

Infinix InBook X1 i3 Ports

Switch WebCam

Jika pada laptop rilisan Lenovo ada dedicated webcam cover, maka Infinix memiliki switch khusus untuk menghidup-matikan webcam sesuai kebutuhan secara manual. Anda bisa menemukan saklar ini di sisi kiri bodi laptop.

Keberadaan switch seperti ini bisa memberikan keamanan lebih bagi pengguna, terutama dalam keadaan dimana pengguna selalu terhubung dengan internet.

Switch webcam ini bekerja dengan efektif. Pada saat dimatikan, bahkan Windows pun akan menganggap laptop ini tidak dilengkapi dengan webcam.

Jika Anda memilih Infinix INBook X1 Pro, Anda juga akan mendapatkan fingerprint scanner yang ditempatkan di sebelah kanan touchpad.

Pengisian daya hingga 70% dalam Sejam.

Kapasitas baterai terpasangnya 55 Whr berjenis Lithium Polymer. Daya tahannya sendiri cukup bagus. Untuk penggunaan standar, Infinix berani memberi klaim baterainya bisa bertahan sampai 13 jam. Untuk nonton video 1080p, bisa bertahan sampai sekitar 10 jam.

Cukup impressive.

Infinix menyertakan charger berdaya 65 Watt dengan PD3.0 yang terbilang cukup cepat mengisi daya baterainya. Dalam satu jam, baterainya sudah bisa terisi sampai 70% (dari 5%). Setelah itu kecepatan pengisian daya akan berkurang. Dalam 2 jam, 94%. Dan baru dalam waktu 2 jam 35 menit, baterainya akan terisi penuh.

Ini wajar, kecepatan pengisian baterai memang akan dikurangi. Pengurangan kecepatan ini untuk menurunkan suhu, sehingga dalam jangka panjang, akan membuat baterai lebih awet.

Kelebihan Infinix INBook X1 – Core i3

  • value for money
  • layar IPS 100% sRGB
  • keyboard nyaman ada backlit
  • kinerja terbaik di kelasnya
  • ada slot M.2 kedua untuk menambah SSD
  • Windows 10 Home x64 dan Office 365 – Trial

Kekurangan Infinix INBook X1 – Core i3

  • RAM tidak bisa di upgrade
  • charger USB, bukan DC-IN

Harga Infinix INBook X1 – Core i3

Anda bisa membeli laptop Infinix INBook X1 Core i3-1005G1 di Official Store mereka di hampir semua market place besar.


Secara performa, Review Laptop ID melihat bahwa laptop core i3 murah dari Infinix ini cukup bersaing di kelasnya – masih sangat kompetitif dibandingkan laptop lain di kelasnya. Intel Core i3-1005G1 masih cukup tangguh untuk komputasi harian. Pekerjaan seputar desain dan editing video sederhana juga masih bisa dilakukan dengan lancar. Pun juga untuk main game tipis-tipis. SSD dengan kecepatan baca-tulis yang tinggi dan RAM dengan konfigurasi dual-channel cukup membantu menjaga kinerjanya.

Tetapi bukan itu saja yang membuat Infinix INBook X1 Core i3 ini sangat menarik.

Color gamut 100% sRGB pada layar IPS 14 inci dengan resolusi Full HD-nya menjadikan Infinix INBook X1 versi Core i3-1005G1 ini bisa menjadi pilihan terbaik content creator yang butuh akurasi warna lebih baik dari laptop kebanyakan, tetapi anggaran masih terbatas.

Mengedit video dengan resolusi Full HD 1080p 30 fps tidak akan menjadi masalah lagi.

Mau main game? Bisa. INBook X1 versi Core i3 juga masih cukup untuk bermain game di resolusi 720p.

Jika Anda masih harus sekolah, kuliah, atau bekerja dari rumah, laptop Core i3 6 jutaan ini juga sudah lebih dari cukup. Meeting online dengan Zoom, Google Meet, atau Microsoft Teams tidak akan membuatnya nge-lag. RAM 8GB-nya memungkinkan multitasking berjalan cukup lancar. Webcam 720p 30 fps-nya juga berkinerja bagus.

Keyboard yang nyaman dan dilengkapi dengan backlit, akan membantu Anda terus bisa bekerja meskipun berada dalam ruangan yang kurang ideal.

Di level harga 6 jutaan, Infinix INBook X1 Core i3-1005G1 ini masih menjadi salah satu laptop best value for money tahun ini.

Spesifikasi Infinix INBook X1 – Core i3

  • Prosesor: Intel Core i3-1005G1 (Ice Lake, 10 nm, 2-Core/4-Thread, 4 MB Intel Smart Cache)
  • RAM: 8 GB DDR4-3200 MHz, On-board, Dual Channel, tidak ada opsi upgrade RAM
  • Grafis: Intel UHD Graphics, 32 Execution Units, Graphics Max Dynamic Freq 900 MHz
  • Layar: 14 inci, Full HD, IPS, color gamut 100% sRGB
  • Storage: 256GB PCIe SSD, ada slot M.2 kedua
  • Konektivitas: Intel Wireless AC-9461, Wi-Fi 5 (IEEE 802.11a/b/g/n/ac,160MHz
    2.4GHz and 5GHz), Bluetooth 5.1
  • Webcam: 720p HD camera
  • Audio: 2x 1.5W base, 2x 0.8 tweeter, DTS audio processing, stereo microphone
  • Baterai: 55 Whr Lithium Polymer
  • Dimensi: 323.5 mm x 219.5 mm x 16.3 mm
  • Bobot: unit 1.48 kg; charger 253 gram; total 1,72 kg
  • OS: Windows 10 Home; Office 365 Trial 1 Bulan

Yang ada dalam paket penjualan

  • unit INBook X1
  • 65W USB-C Power Adapter
  • USB-C Charger Cable
  • Quick Start Guide
  • Warranty Card
suka banget dengan gadget dan laptop. Mencobai laptop atau gadget baru, termasuk punya teman. Kalau sedang tidak ada ide, nonton film adalah hal terbaik untuk meloloskan diri dari waktu. Main game hanya untuk bikin reviewnya.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.