Bagaimana cara melihat kapasitas baterai laptop?

Bagaimana cara melihat kapasitas baterai laptop? Jika anda ingin tahu seberapa jauh kapasitas baterai laptop anda sudah nge-drop, coba gunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengamatinya. Coba NirSoft’s free BatteryInfoView. Aplikasi ini akan menampilkan informasi mengenai masa pakai baterai, kapasitas simpan yang seharusnya, dan kapasitas yang sekarang dimiliki baterai anda.

Misalnya, silahkan cermati screenshot di bawah ini. Kita bisa lihat bahwa baterai ini dibuat untuk bisa menyimpan 86,580 mWh energi listrik. Tetapi kapasitas baterai sekarang pada saat kondisinya ter-charge 100% hanya 61,261 mWh. Artinya, baterai laptop ini hanya mampu menyimpan 70,8% dari kapasitas awal-nya.

baca juga: Kapan Harus Mengganti Baterai Laptop?

Beberapa jenis baterai laptop lainnya bisa menampilkan lebih banyak informasi, seperti berapa kali sudah di charge, dan sebagainya.

image_thumb10

Loading...

Mengkalibrasi baterai laptop

Infromasi yang disampaikan NirSoft’s free BatteryInfoView seperti diatas, bisa saja tidak sepenuhnya akurat. Terkadang baterai perlu dikalibrasi terlebih dahulu, supaya informasnya lebih tepat. Misalnya, kita punya baterai yang oleh Windows dianggap sudah waktunya diganti. Dan kita diberitahu kalau daya simpannya tinggal 27,7% dari kapasitas aslinya.

Setelah dikalibrasi, Windows berhenti memperingatkan kita dan mengabarkan kalau kapasitas baterai itu 70,8%. Sebenarnya, baterai tersebut tidak mengalami peningkatan daya simpan, tetapi proses kalibrasi membantu sensor baterai untuk mengukur kapasitasnya dengan lebih presisi. Jadi, jika suatu saat nanti Windows memberitahu anda, bahwa anda perlu segera mengganti baterai laptop, jangan lupa untuk mengkalibarasi baterai tersebut terlebih dahulu sebelum beli baru. Jika masih aman digunakan, tidak ada perlunya membuang uang beberapa ratus ribu rupiah untuk mengganti baterai yang belum perlu diganti, kan?

image_thumb12

Mengapa kapasitas baterai laptop bisa berkurang?

Ada beberapa penyebab berkurangnya kapasitas baterai. Panas, penggunaan, dan umurnya. Ketiga hal itu berpengaruh besar pada daya simpannya. Baterai itu perlahan-lahan akan mati, apapun yang anda lakukan padanya, bahkan jika anda meletakkannya di closet dan tidak pernah menyentuhnya. Tetapi, misalkan anda selalu melepas baterai anda ketika terhubung dengan colokan listrik, memang itu bisa sedikit memperpanjang usia baterai anda, karena akan lebih sedikit terpapar panas.

Mengganti baterai laptop

Jika anda menggunakan laptop yang baterainya bisa dengan mudah anda lepas, menggantinya dengan baterai baru bukanlah hal yang rumit. Membeli baterai laptop yang bagus itu masalahnya. Lain lagi kalau anda menggunakan laptop dengan desain baterai menyatu, alias unibody, maka anda perlu menghubungi pihak service center merek laptop anda itu untuk mengganti baterai, yang sayangnya, terkadang tidak gratis.

baca juga: Tips Membuat Baterai Laptop Lebih Awet

Ketika anda memutuskan untuk membeli baterai baru, pastikan anda beli yang baru, upayakan jangan yang bekas. Belilah dari toko atau dealer resmi laptop anda. Jangan beli dari perorangan yang kita tidak tahu benar riwayat penggunaan baterai tersebut. Baterai yang dijual bebas biasanya murah tapi tidak melewati standar tes yang cukup. Terkadang mereka itu berbahaya – murah, bajakan, desain buruk, terkadang bisa sampai terbakar.

image19[1]

Tidak ada gunanya anda terobsesi untuk menjaga agar baterai laptop anda awet. Baterai itu dibuat untuk dipakai. Tetapi memang kita bisa menjaganya untuk bisa dipakai lebih lama. Jika anda melihat kalai kapasitasnya turun dengan sangat cepat, itu tandanya anda harus memperlakukannya dengan lebih baik. Hindarkan dari panas berlebih. Minimal, lepaskan saja baterainya ketika anda main game berat. sumber: HTG

(Dibaca 1,479 kali, hari ini 2)
Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....