Asus VivoBook S14 S410UN Laptop Tipis Performa Garang

Asus VivoBook S14 S410UN ini sulit sekali ditolak. Dengan spesifikasi yang tidak main-main, ukuran yang pas untuk rata-rata orang Asia, bobot yang enteng banget, dan fitur yang luar biasa lengkap. Bagi Review Laptop ID, Asus VivoBook S14 S410UN adalah salah satu laptop yang paling saya inginkan. Doakan saja, saya mampu membelinya tahun depan.


Asus VivoBook S14 S410UN hadir dengan banyak sekali hal bagus yang bisa menjadi alasan tepat untuk saya – dan juga anda – untuk membelinya. Ukurannya ituloh…

Bagi saya, laptop 15,6 inci – seperti Asus VivoBook S15 S510UQ – itu besar banget.

Sementara Lenovo IdeaPad 120s 11IAP itu terlalu kecil. Maklum, mata tua, gampang capek kalau bekerja dengan laptop yang layarnya terlalu imut.

Kita akan coba melihatnya satu persatu untuk mendapat gambaran jelas tentangnya, disamping juga untuk membandingkannya dengan beberapa laptop rilisan terbaru, baik dari Asus maupun vendor lain.

Kelebihan Asus VivoBook S14 S410UN

  • desain tipis dan enteng
  • tersedia varian dengan processor Kaby Lake Refresh
  • menggunakan GPU NVIDIA GeForce MX150
  • RAM bisa diupgrade sampai 16GB
  • layar 14 inci dalam form factor laptop 13 inci dengan bezel tipis
  • keyboard backlit
  • Dual storage HDD dan SSD
  • fitur tambahan yang bagus
ASUS VivoBook S14 S410UN

ASUS VivoBook S14 S410UN

Desain tipis dan enteng

Tampaknya Asus mulai fokus membuat laptop dengan dimensi yang semakin tipis, foot print kecil, enteng dan tampak sangat stylish. Laptop Asus yang tipis sekarang bukan hanya seri ZenBook, tapi juga VivoBook S series.

Loading...

Asus VivoBook S14 S410UN adalah laptop 14 inci tapi besarnya kurang lebih sama dengan laptop layar 13 inci. Bagaimana bisa begitu?

Ini bisa dicapai, berkat teknologi NanoEdge yang digunakan Asus untuk meminimalkan bezel layarnya.

Memang tidak setipis HP Spectre x360 atau Dell XPS 15 9560 sih. Tapi tetap saja berhasil membuat Asus S14 S410UN ini terlihat premium.

Dimensinya adalah 326.4 x 225.5 x 18.75 mm.

Tuh, kan… Tebalnya cuman 18,75 mm. Hmmmm….

Untuk varian paling ringan, beratnya hanya 1,3 kg. Sanggup dibandingkan dengan laptop mungil 11.6 inci yang murah meriah itu. Varian atasnya masih cukup ringan, terentang antara 1.4 sampai 1.7 kg saja.

Kalau kita bandingkan dengan spesifikasi Asus VivoBook S14 S410UN yang relatif tinggi, bobotnya ini membuat kita berasa membawa laptop high-end mahal yang enteng tapi sakti. Padahal, ini masih masuk kategori laptop low-med saja.

Processor generasi terbaru Kaby Lake Refresh

Setidaknya ada tiga varian Asus VivoBook S14 S410UN ini, berdasarkan processor yang digunakan.

Ada yang menggunakan Intel Core i3-7100U dari seri Kaby Lake, kemudian ada yang memakai processor dari generasi terbaru Kaby Lake Refresh, Core i5-8250U dan juga versi dengan Core i7-8550U.

Untuk detailnya, silahkan baca dulu Intel Core i5-8250U Processor Intel Generasi 8 Semakin Irit Daya.

Kaby Lake Refresh sendiri membawa beberapa peningkatan signifikan dibanding generasi sebelumnya. Yang paling berubah adalah bahwa dia adalah processor quad-core – bukan lagi seperti seri Kaby Lake yang dual-core.

Peningkatan lainnya adalah dari sisi efisiensi tenaga yang lebih bagus. TDP alias kebutuhan dayanya bisa lebih irit dengan jalan memperluas rentang frekuensi kerjanya.

Pada saat menjalankan aplikasi yang ringan, frekuensinya bisa diturunkan sampai hanya 1.6 GHz saja. Dan pada waktu dibutuhkan, dia bisa meningkatkan frekuensi kerjanya sampai 3.4 GHz.

Ini membawa banyak sekali keuntungan dimana yang utama adalah semakin iritnya baterai dan suhu kerja yang lebih rendah. Yang pada gilirannya, akan membuat sistem pendingin laptop bisa bekerja lebih ringan, dan usia komponen laptop akan lebih awet.

Itu teorinya loh ya…. Kalau pengguna salah pakai, ya sama saja bohong, hehe….

GPU diskrit tanggu NVIDIA GeForce MX150

Sejatinya, IPU atau pengolah grafis bawaan processor (Kaby Lake membawa Intel HD Graphics 620, sementara Kaby Lake Refresh membawa Intel UHD Graphics 620) sudah cukup tangguh untuk mengolah grafis ringan sampai sedang.

Manajemen dayanya juga terhitung sangat baik dan bisa memanfaatkan tenaga baterai dengan sangat efisien. Tapi memang untuk menjalankan aplikasi grafis dan dan video yang berat, seperti bermain game atau graphic rendering yang kompleks agak kedodoran.

Untuk itulah, NVIDIA GeForce MX150 akan secara otomatis mengambil alih demi performa yang lebih tinggi.

Di laman resmi NVIDIA, https://www.geforce.com/, tertulis bahwa kinerja GeForce MX150 ini 4 x lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan Intel UHD Graphics 620.

Dan jangan lupa, bahwa ada dua versi, meskipun sama-sama menggunakan MX150. Ada yang kapasitasnya 2GB, dan ada yang 4GB GDDR5 VRAM.

Soal kinernya sendiri, anda tidak perlu ragu.

Anda bakal bisa memainkan banyak judul game terbaru dengan lancar. Untuk game-game kelas berat memang maksimal anda bisa atur kombinasi low – med begitu. Untuk game yang rilis sebelum 2017, beberapa bisa dimainkan di setting full med, atau high.

RAM bisa diupgrade sampai 16GB

RAM bawaan Asus S14 S410UN ini adalah 8GB DDR4 2133MHz. Dan anda bisa upgrade sampai maksimal 16GB jika suatu saat nanti perlu.

Keleluasaan melakukan upgrade RAM ini sangat krusial untuk laptop. Karena untuk komponen lain, opsi upgrade yang pengguna miliki memang sangat terbatas. Paling cuman di RAM dan HDD saja.

Layar 14 inci Full HD 1920 x 1080 piksel

Untuk yang kemarin protes, karena Asus VivoBook 14 A405UQ harganya 8 jutaan tapi layarnya belum Full HD, jangan protes dengan S14 S410UN ini ya, karena yang inipun ada dua versi layarnya.

Ada yang resolusinya masih HD 1366×768 piksel, dan ada juga yang sudah Full HD 1920×1980 piksel.

Resolusi layar Full HD, akan membuat tampilan layar terlihat lebih tajam, cerah, dan halus. Jika pekerjaan anda menuntut detail tinggi, seperti graphic designer atau video editor begitu, layar resolusi Full HD ini akan sangat membantu anda bekerja.

Kalau cuman buat ngetik posting blog atau tugas sekolah, makalah, atau skripsi sih, hampir tidak ada lebih-lebihnya. Kecuali puas saja melihatnya. wkwkwk

Keyboard dengan backlit, Touchpad dengan Finger Print Scanner

Mungkin – karena memang admin Review Laptop ID ini bukan gamer – salah satu alasan mengapa laptop gaming Asus itu laris adalah karena keyboard-nya yang nyaman untuk main game. Bener ga sih?

Karena jujur saja, buat saya, rata-rata keyboard laptop Asus itu terlalu dalam key-travel-nya. Sehingga agak butuh tenaga lebih untuk mengetik. Key-travel rata-rata keyboard laptop Asus adalah 1.6 mm.

hNah, Asus membuat perubahan sedikit pada keyboard Asus VivoBook S14 S410UN ini. Key-travel tuts-nya dibuat lebih dangkal, menjadi 1.4 mm. Harapan saya sih, ini akan membuat keyboardnya jadi akan seenak punya laptop Lenovo yang sepanjang saya pernah coba, keboard-nya huenak untuk mengetik dengan cepat dalam waktu lama.

Di sisi keyboard, Asus juga menambahkan fasilitas tambahan yang sangat berharga untuk anda yang suka (atau kadang harus) mengetik di kondisi yang remang-remang.

Semisal ketika anda sedang dalam perjalanan di kereta atau pesawat terbang, atau yang agak konyol, harus mengetik kerjaan di saat lampu mati padahal baterai laptop masih penuh (pernah kan? hehe…)

Tidak itu saja, untuk membuat laptop Asus VivoBook S14 S410UN ini semakin nyaman dan aman digunakan, ada tambahan Finger Print Sensor yang diletakkan di pojok kanan atas Touchpad-nya.

Dengan sensor ini, membuat laptop tipis, enteng, dan tangguh dari Asus ini support Windows Hello. Asik kan… kalau kamu bisa menyalakan laptop tanpa mengetik password, cukup dengan menempelkan jarimu di sensor sidik jarinya, kemudian di sapa oleh mbak Cortana?

Sensor sidik jarinya lebih bagus dari pada yang ada pada Asus Pro P2420LJ yang sekarang saya gunakan. Desainnya mirip dengan finger print sensor pada smartphone. Kalau di P2420LJ terlihat seperti barang peninggalan mantan gitu…

Dual storage HDD dan SSD

Untuk menunjang kinerjanya, Asus VivoBook S14 S410UN menggabungkan SSD dan HDD. Ada beberapa kemungkinan kombinasi kapasitas masing-masingnya.

Untuk hard disk, ada pilihan antara kapasitas 500GB sampai 1TB.

Kapasitas SSD yang tersedia mulai 128GB, 256GB, dan 512GB.

Ini adalah kombinasi yang bagus untuk mengoptimalkan kinerja S410UN secara keseluruhan.

SSD digunakan sebagai tempat untuk menginstall sistem operasi, sementara HDD digunakan untuk menyimpan file-file kerja yang bisa sangat besar ukurannya dan sering simpan-hapus.

Menginstall OS di SSD memberikan anda kecepatan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan HDD. Silahkan baca Apakah SSD Bagus Untuk Laptop Saya? Harganya kan Mahal….

Fitur tambahan yang bikin tambah nyaman

Seperti pada laptop Asus yang lainnya, Asus VivoBook S14 S410UN ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan yang sangat bagus. Antara lain adalah…

  • Asus Splendid (normal, eye care, vivid, manual)
  • Tru2Life Video meningkatkan kontras dan ketajaman sampai 150%
  • Asus SonicMaster
  • Asus IceCool menjaga suhu di bawah palm rest dibawah 35 derajat
  • Baterai Lithium Polymer mengisi lebih cepat dan lebih tahan lama (60% dalam 49 menit)

Kekurangan Asus VivoBook S14 S410UN?

Hmmm…, agak susah mencarinya.

Dari beberapa laptop tipis dan enteng yang pernah saya coba gunakan, masalah yang biasa muncul adalah mereka tidak terlalu nyaman digunakan ketika terpaksa mengetik di pangkuan.

Rasanya seperti mereka itu mudah sekali terbang gitu, karena entengnya, haha….

Tapi jangan khawatir. Bisa jadi itu perasaan saya saja. Karena semua laptop enteng yang saya coba gunakan itu cuman pinjaman. Sehingga lebih besar takut njatuhin dari pada mencoba mengalaminya sendiri.

Semoga, Asus VivoBook S14 S410UN ini tidak seperti itu.

Untuk anda yang memerlukannya, silahkan download Asus VivoBook S14 S410UN Laptop Drivers.

Spesifikasi Asus VivoBook S14 S410UN

Processor

 

 

Intel® Core™ i3 7100U Processor
Intel® Core™ i5 8250U Processor
Intel® Core™ i7 8550U Processor

Operating
System

Windows 10 Home
Windows 10 Pro – ASUS recommends Windows 10 Pro

Chipset

Integrated Intel® CPU

Memory

up to 16 GB SDRAM

Display

14.0″ (16:9) LED backlit HD (1366×768) 60Hz Anti-Glare Panel with 45% NTSC
14.0″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) 60Hz Anti-Glare Panel with 45% NTSC
with 178˚ wide-viewing angle display

Graphic

NVIDIA GeForce MX150, with 4GB GDDR5 VRAM
NVIDIA GeForce MX150, with 2GB GDDR5 VRAM

Storage

 

Hard Drives:
500GB 5400RPM SATA HDD
1TB 5400RPM SATA HDD
Solid State Drives:
128GB SATA3 M.2 SSD
Solid State Drives:
256GB SATA3 M.2 SSD
Solid State Drives:
512GB SATA3 M.2 SSD

Keyboard

Chiclet
keyboard
Illuminated Chiclet Keyboard(On selected models)

Card Reader

 

Multi-format card reader

WebCam

VGA
Web Camera

Networking

Wi-Fi
Integrated 802.11 AC (2×2)
Bluetooth
Built-in Bluetooth V4.2

Interface

1 x COMBO audio jack
1 x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1)
1 x Type A USB3.0 (USB3.1 GEN1)
2 x USB 2.0 port(s)
1 x HDMI
1 x SD card reader

Audio

Built-in
Stereo 2 W Speakers And Microphone
Support Windows 10 Cortana
ASUS SonicMaster Technology

Battery

3 Cells 42 Whrs Battery

Power Adapter

Plug
Type :ø4 (mm)
Output: 19 V DC, 3.42 A, 65 W
Input: 100 -240 V AC,
50/60 Hz universal

Dimensions

326.4
x 225.5 x 18.75 mm (WxDxH)

Weight 1.3 kg with Battery
*Disclaimer: It may differ by product specifications.

Security

 

BIOS
Booting User Password Protection
HDD User Password Protection and
Security

Bagaimana?

Apakah ulasan Review Laptop ID tentang Asus VivoBook S14 S410UN di atas semakin memperkuat keinginan anda untuk membelinya? Atau justru tambah bingung milihnya? Bandingkan saja dulu dengan Asus Zenbook UX410UQ – salah satu seri ultrabook terbaik dari Asus. Monggo ditimbang-timbang dulu.

Asus VivoBook S14 S410UN Laptop Tipis Performa Garang
Beri rating dunk....


Jangan lupa cek dulu flash sale laptop, gadget, dan smartphone terbaru. Sehari bisa 4 kali flash sale loh....!

Loading...
Comments(3)
  1. Omen

Jangan ragu untuk berkomentar ya....