Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC Laptop Untuk Content Creator 13 Jutaan Layar OLED

Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC harga dan spesifikasi | quick spec: AMD Ryzen 5 5600H, GeForce RTX 3050, RAM 8GB, SSD 512GB, 14 inci 2.8K OLED 16:10 100% DCI-P3, webcam 720p, backlit keyboard, Windows 11, OHS 2021 | Harga Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC Ryzen 5 5600H ada di kisaran 13 – 14 jutaan.

Anda bisa cek harga atau membelinya di Official Store Asus di:

Asus dikenal sebagai pembuat laptop yang sangat inovatif menghadirkan fitur-fitur baru ke dalam jajaran laptop mereka. Asus juga seringkali berhasil menemukan atau bahkan menciptakan pasar khusus sehingga muncul segmen baru.

Situasi dimana semakin banyak pengguna mulai menekuni pekerjaan sebagai content creator segera disambar oleh Asus dengan meluncurkan seri khusus dengan sebutan Asus Creator Series. Dan terlihat sekali bahwa Asus jarang sekali gagal dalam urusan seperti ini.

Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC OLED555 OLED556

Salah satu laptop yang ditujukan untuk para content creator ini adalah seri Asus Vivobook Pro OLED M3401QC yang masih dibagi menjadi dua varian berdasarkan processornya. Begini detailnya:

Varian Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC

Laptop Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC yang saya tahu memilki dua varian berdasarkan processor yang digunakan.

Pertama, varian yang menggunakan AMD Ryzen 5 5600H yang terbagi menjadi dua berdasarkan warna casingnya, yaitu OLED555 (Quiet Blue) OLED556 (Cool Silver).

Kedua, varian yang menggunakan AMD Ryzen 7 5800H, sama, juga terbagi dua lagi berdasarkan warna casingnya, yaitu OLED758 (Quiet Blue) dan OLED759 (Cool Silver).

Selain dari processor yang digunakan, tidak ada perbedaan yang signifikan diantara varian Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC ini.

Kalau Anda merasa seri M3401QC ini terlalu mahal atau justru menginginkan yang spesifikasinya lebih tinggi lagi, silahkan cek saja di Daftar Lengkap Laptop Asus Creator Series Terbaru Mulai 10 Jutaan.

Layar OLED? Sebagus Itukah?

Yang terlihat paling berbeda adalah dihadirkannya layar OLED pada laptop di harga belasan jutaan. Ini belum banyak ada. Layar OLED yang dikenal memiliki kemampuan reproduksi warna lebih bagus dari IPS dan juga lebih hemat daya benar-benar menjadi fitur unggulan di sini.

Layar OLED-nya punya resolusi 2.8K dan refresh rate 90Hz. Di level harga yang setara, sejauh ini belum ada pesaingnya sih, entah dalam beberapa bulan ke depan.

Proporsi layarnya juga beda dari layar laptop kebanyakan, dia memakai 19:10 – jadinya sisi tingginya lebih lebar di 2880 x 1800 piksel. Proporsi 19:10 ini dianggap lebih cocok untuk penggunaan editing content karena menyediakan ruang lebih lega.

Soal rawan terjadi shadow seperti pada layar OLED di HP juga sudah diantisipasi Asus dengan teknologi khusus mereka yang secara berkala menggeser piksel aktif sehingga layar OLED mereka di klaim bisa lebih aman dari resiko terjadi gejala shadow.

Layar yang mampu mereproduksi warna dengan baik (sangat baik pada seri OLED-nya Asus ini) pastinya menarik banget untuk para content creator. Pekerjaan yang berkaitan dengan warna akan berjalan relatif lebih cepat dan menyenangkan.

Ok…, layarnya bagus…, tapi apakah spesifikasi Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC yang lain juga mendukung kinerjanya?

baca juga: Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ACH6 21ID Laptop Gaming Terjangkau Ryzen 5 5600H dan RTX 3060

Kinerja Gegas dengan Ryzen 5 5600H dan NVIDIA GeForce 3050

Content creator tidak hanya perlu laptop dengan layar bagus, tapi juga yang kinerjanya mumpuni, mengingat kebanyakan aplikasi desain grafis dan editing video itu membutuhkan tenaga yang besar.

Untuk harganya, Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC membawa dukungan AMD Ryzen 5 5600H. Ini adalah processor yang sangat populer digunakan pada laptop kelas menengah dan juga laptop gaming.

Konfigurasinya sendiri terdiri dari 6 inti dengan 16 thread yang berasal dari generasi Cezanne H berarsitektur Zen 3. Kecepatan kerja dasarnya di 3.3 GHz yang bisa dinaikkan sampai 4.2 GHz pada mode Turbo.

Untuk detail lengkapnya, silahkan baca di AMD Ryzen 5 5600H Beneran Setara Intel Core i9-10980HK?.

Sementara itu, di sisi pengolah grafisnya, Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC cukup tangguh dengan AMD Radeon RX Vega 6 dan NVIDIA GeForce RTX 3050. Keduanya bekerja sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang sedang dijalankan pengguna.

AMD Radeon RX Vega 6 iGPU adalah pengolah grafis ringan dan hemat daya bawaan alias terintegrasi dengan Ryzen 5 5600H yang sebenarnya sanggup-sanggup saja menangani desain grafis ringan dengan mengusung 384 shader core, 24 TMUs, dan 8 ROPs dengan arsitektur Vega yang berlari dengan kecepatan 1800MHz dengan antarmuka memori system shared.

Sementara NVIDIA GeForce RTX 3050 Max-Q berbasis chip GA107 berarsitektur Ampere bertugas untuk menangani kebutuhan grafis yang lebih berat. RTX 3050 Max-Q ini mengandalkan 2048 CUDA core dengan kecepatan kerja 1222MHz dan Turbo sampai 1500MHz yang dipadukan dengan 64 TMUs, dan 16 ROPs. Kapasitas dedicated VRAM 4GB GDDR6 berkecepatan 12Gbps dengan antarmuka memori 128-bit cukup tangguh menjalankan berbagai pekerjaan grafis sampai rendering video 4K dengan lancar.

Untuk menyimpan data pekerjaan dan aplikasi, Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC menanamkan SSD PCIe 3.0 x4 M.2 NVMe yang cepat dan irit daya berkapasitas 512GB.

Semuanya tadi bekerja dengan dukungan RAM 8GB LPDDR4x-3200MHz. Sayangnya, modul RAM ini sudah tersolder pada motherboard dan tidak disediakan slot memori kosong untuk upgrade.

Supaya laptop untuk content creator yang tangguh ini bisa digunakan dengan nyaman tanpa terganggu panas berlebih, Asus memberinya teknologi IceCool Plus. Ada dua buah kipas dengan dua buah heatpipe yang didesain bisa aliran panas dengan cepat dan menjaga suhu di dalam kompartemen bodinya tetap aman. Anda bisa memilih salah satu dari tiga profil pendingingan melalui aplikasi MyAsus.

baca juga: Spesifikasi Laptop Untuk Desain Grafis Yang Ideal

Layar OLED

Content creator itu tidak bisa disebut manja jika memilih untuk mendapatkan layar terbaik. Karena memang yang dikerjakan menuntut akurasi warna yang tinggi. Layar Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC ini bisa memberikannya, bahkan di level harga belasan juta saja.

Resolusi 2.8K dengan 2880 x 1880 piksel pada bentang layar 14 inci terlihat padat dan konsisten menampilkan detail pada desain yang dibuat. Bagi Anda yang selama ini merasa layar Full HD 1920 x 1080 piksel itu sudah cukup, sebaiknya jangan beli laptop dengan layar 2.8K. Karena layar lama Anda itu akan terlihat buram, hehe….

baca juga: Daftar Laptop Asus Berlayar OLED Untuk Content Creator Mulai 11 Jutaan!!!

Layar OLED yang digunakan Asus Vivobook Pro 14 M3401QC ini juga sudah mengantongi sertifikasi VESA DisplayHDR serta PANTONE Validated Display dengan color gamut 100% DCI-P3 (= 133% sRGB) guna menjamin akurasi warnanya. Refresh rate 90% juga bikin pergerakan cepat bisa ditampilkan dengan lebih smooth.

Proporsi 16:10 menawarkan workspace yang lebih luas. Workspace ya…, bukan untuk nonton konten video. Dengan layar yang dimensinya lebih tinggi, berarti ada bidang yang lebih lega untuk workspace rata-rata aplikasi editor foto dan utamanya video.

Kalau untuk nonton konten video, proporsi ini malah kurang enak. Proporsi 16:9 masih menjadi yang paling populer. Sementara yang 21:9 belakangan ini baru mulai ramai.

Sampai saat ini, layar laptop berpanel OLED masih dianggap sebagai layar terbaik. Warna yang ditampilkan cenderung dalam, konsisten, vivid, dan akurat. Pada Asus M3401QC ini juga begitu, terlebih dengan kecerahan maksimal yang relatif tinggi – sampai 600 nits.

Hadir pula fitur untuk menjaga supaya mata pengguna tidak mudah lelah dan sakit berupa teknologi SGS Eye Care Protection. Content creator kan bisa sampai ber-jam-jam bekerja menatap layar monitor laptopnya tuh….

Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC OLED556 top view open

Desain Apik Pakai Banget

Konsep industrial yang coba digunakan Asus pada Content Creator Series mereka ini menurut saya pas banget. Kesannya minimalis, lugas, dan fungsional.

Logo Asus Vivobook yang ditempatkan dalam kotak minimalis di belakang casing layarnya itu keren banget. Cek juga pola yang disematkan pada tombol Enter.


Karena ini bukan ultrabook, jadi wajar kalau dimensinya rada tebal. Titik paling tebalnya ada di 1.92 cm. Sementara panjangnya adalah 31.74 cm dengan lebar 22.85 cm. Cukup kompak dan kekinian dibandingkan dengan dimensi laptop keluaran terbaru yang lain.

Bobotnya juga enteng di 1.45 kg. Berkat penggunaan chassis aluminium yang kokoh. Tidak memberatkan jika pengguna harus mobile dari rumah ke kantor, presentasi di depan client atau kampus. Secara keseluruhan, tampilannya cakep banget.

Ukuran tombol pada keyboardnya juga lumayan besar dengan jarak antar tombol yang pas. Pastinya bakal ada yang merasa kehilangan dedicated button untuk Home, PgUp, PgDn, dan End. Ndak hilang kog, cuman disatukan saja dengan tombol arrow.

Anda bisa mengaktifkannya dengan menekannya bareng tombol Fn.

Satu-satunya yang saya rasa kurang nyaman adalah tombol arrow yang dimensi-nya kecil-kecil itu. Bukan masalah besar juga sih…, setelah beberapa waktu juga pasti bakal terbiasa.

baca juga: Daftar Laptop Ryzen 5 5600H Terbaik Fitur Berlimpah

Baterai Awet Dengan Fast Charging

Memang sih…, rata-rata pekerjaan yang berkaitan dengan grafis dan video itu akan lebih maksimal jika laptop terhubung dengan colokan listrik – dengan mode Best Performance. Tetapi tentu saja cukup sering pengguna harus terpisah dari colokan dalam waktu relatif lama. Baterai laptop yang awet juga penting.

Baterai pada laptop untuk content creator Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC ini kapasitasnya cukup besar, 63 WHrs yang tersimpan dalam 3 cell baterai bertipe lithium-prismatic. Untuk penggunaan biasa, bisa bertahan antara 8 – 9 jam.

Tentu saja akan lebih boros ketika digunakan untuk kegiatan yang lebih intens. Wajar.

Untungnya, Asus juga membekali laptop Asus Vivobook Pro 14 M3401QC ini dengan charger berdaya 120 Watt (20 volt DC 6A) yang ukurannya kompak dan relatif ringan.

Fitur fast chargingnya bisa memaksimalkan pengisian daya hingga 60% dalam 49 menit saja.

Konektivitas

Supaya mudah terhubung dengan perangkat yang lain, Asus melengkapi Vivobook Pro 14 OLED M3401QC ini dengan I/O ports yang cukup lengkap.

Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC kiri kanan

Di sisi kiri, ada dua buah USB 2.0 Type-A dan dua buah lampu indikator.

Di sisi kanan, Anda bisa mendapati: paling belakang charging port, di depannya ada sebuah port USB 3.2 Gen 1 Type-A, ke depan lagi ada port HDMI 1.4, lalu port USB lagi, tapi ini Type-C 3.2 Gen 1, disusul card reader yang sayangnya untuk microSD – bukan memory card standar yang biasa dipakai di kamera. Dan yang paling depan adalah port combo Audio Jack 3.5 mm.

Yang rada disayangkan sih slot kartu memory-nya ya…. Jadinya, kalau Anda sering transfer data dari kamera ke laptop, pilihannya adalah menghubungkannya menggunakan kabel data dari kamera ke port USB, atau beli card reader eksternal.

Bukan masalah besar, tapi kalau saya boleh milih, mending itu slot kartu memori pakai yang standar saja, bukan microSD.

baca juga: Harga dan Spesifikasi HP Victus 16 E0084AX Laptop Gaming 20 Jutaan Dengan Ryzen 7 5800H dan RTX 3060

Fitur-fitur yang Menunjang Produktivitas

Ada cukup banyak fitur yang membuat bekerja ataupun menikmati konten multimedia di laptop Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC ini terasa menyenangkan.

Pertama sekali, kita mendapatkan speaker stereo dengan sertifikat dari Harman Kardon – ini jaminan kualitas audio yang direproduksi akan optimal. Fitur ini masih didukung lagi oleh teknologi ICEpower dan Asus SonicMaster.

Pengguna bisa mengaksesnya dengan mudah melalui aplikasi MyAsus.

Masih soal audio, Asus mengusung teknologi two-way AI noise-canceling digabungkan dengan ClearVoice Mic. AI akan meredam noise atau suara-suara lain – selain suara Anda untuk aktivitas merekam video, streaming, maupun meeting online. Sehingga lawan meet Anda akan lebih jelas menerima audio dari suara Anda, sekalipun Anda berada di lingkungan yang kurang mendukung alias rada bising.

Untuk webcam, Asus membekalinya dengan webcam dengan resolusi maksimal 720p di 30 fps. Cukup standar sih. Tapi hasilnya masih sangat bagus, selama pengguna berada di tempat yang cahayanya cukup. Supaya Anda lebih tenang dari kemungkinan di intip, webcamnya diberi privacy shutter manual.

Fitur keamanan pada laptop Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC ini juga cukup diperhatikan, selain webcam dengan privacy shutter tadi, masih ada juga sensor sidik jari. Anda tidak perlu mencari-carinya karena memang ditempatkan menyatu dengan tombol power, jadi praktis dan irit tempat. Sensor sidik jarinya ini mendukung Windows Hello. Sehingga pengalaman menyalakan laptop ini mirip dengan menyalakan smartphone.

Dan sama seperti jajaran laptop Asus terbaru lainnya, Anda juga dipastikan mendapatkan Microsoft Windows 11 Home dan bundling Microsoft Office Home and Student 2021 asli sudah terinstall di dalamnya. Anda hanya perlu mengaktifkannya. Sudah hemat beberapa juta tuh….

Kalau untuk aplikasi desain dan editing, beli sendiri ya….

Kelebihan Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC

  • kinerja bagus untuk content creator
  • layar OLED resolusi tinggi 2.8K refresh rate 90Hz
  • desain keren
  • Pre-installed Windows 11 Home + Microsoft Office Home and Student 2021 asli

Kekurangan Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC

  • RAM on-board hanya 8GB dan tidak dapat di-upgrade

Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC OLED556 open and bg

Harga Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC OLED555 / OLED556

Di berbagai marketplace Anda akan menemukan laptop Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC OLED555 / OLED556 ini di harga 13.9 sampai 14.5 jutaan – tergantung tokonya. Tentu saja yang paling aman adalah di Official Store Asus.

Meskipun di toko online yang lain, cukup banyak yang menjualnya dengan harga sama atau bahkan lebih murah. Jangan lupa untuk cek testimoni dan rating dari tokonya.

Anda bisa cek stok dan harga atau langsung membelinya melalui link berikut ini:

Di level harga 13 – 15 jutaan, Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC OLED555 / OLED556 menawarkan performa bagus dan kemewahan layar OLED. Layarnya ini menjadi salah satu alasan mengapa laptop yang satu ini pas banget untuk content creator.

Warna akurat, workspace luas, nyaman dilihat…, memanjakan mata banget-lah itu.

Ryzen 5 5600H punya kinerja yang tangguh dan sekaligus efiesien. NVIDIA RTX 3050 juga sangat powerful untuk keperluan grafis ringan sampai sedang dengan lancar. Render video 4K bisa Anda lakukan dengan aman dan relatif cepat.

Desainnya yang ringkas, praktis, dan lugas membuatnya tampak profesional tanpa gimmick macam-macam. Anda tidak akan ragu untuk membawanya ke sekolah, kampus, presentasi pada client, atau sesekali berpindah tempat kerja ke cafe untuk mendapatkan atmosfer yang berbeda.

Dan yang jelas harganya pas dengan yang ditawarkannya. Masih perlu waktu lama sebelum para pesaing mampu menghadirkan layar OLED yang sebagus ini di jajaran laptop belasan juta mereka. Saat ini, Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC OLED555 / OLED556 masih sangat layak direkomendasikan sebagai laptop terbaik untuk content creator di rentang harga 10 sampai 15 jutaan.

Spesifikasi Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC OLED555 / OLED 556

  • Processor: AMD Ryzen 5 5600H hexa-core (12 thread) 3,3GHz TurboBoost hingga 4,2GHz
  • Chipset: AMD
  • Grafis: AMD Radeon RX Vega 6 iGPU dan Nvidia GeForce RTX 3050 VRAM 4GB GDDR6
  • Memori: RAM 8GB LPDDR4x-3200MHz, onboard
  • Storage: SSD 512GB PCIe 3.0 x4 M.2 NVMe
  • Layar: OLED berukuran 14 inci resolusi 2.8K 2880 x 1880 piksel, aspek rasio 16:10, 600 nits, 100% DCI-P3 color gamut, 90Hz refresh rate, PANTONE validated, VESA DisplayHDR True Black, Asus Splendid, SGS Eye Care, 4-sided NanoEdge Display, 178° wide-view
  • Konektifitas: WiFi 6 802.11 ax (2×2), Bluetooth 5.0, Port USB 3.2 Gen 2, Port USB 2.0, Port USB 3.2 Gen 1 Type-C, Port HDMI, MicroSD card reader
  • Audio: Dual Speaker stereo Harman Kardon certified, ICEpower, SonicMaster Audio, AI noise-canceling
  • Keyboard: dengan backlight dan Touchpad yang dilengkapi NumberPad 2.0
  • Security: fingerprint sensor terintegrasi dengan tombol power, mendukung Windows Hello
  • Kamera: webcam 720p HD camera with privacy shutter
  • Baterai: 3 Cell 3S1P 63WHr lithium-polymer Battery, fast charging 60% dalam 49 menit
  • Sistem Operasi: Microsoft Windows 11 Home + Microsoft Office Home and Student 2021 asli pre-installed
  • Dimensi: 31.74 x 22.85 x 1.92 ~ 1.93 cm berat 1,4 kilogram
  • Sertifikat: UL, TUV, CE Marking Compliance, FCC Compliance, BSMI, CCC, EU Flower, Energy star, WEEE
  • Warna: Quiet Blue (OLED555) dan Cool Silver (OLED556)
suka banget dengan gadget dan laptop. Mencobai laptop atau gadget baru, termasuk punya teman. Kalau sedang tidak ada ide, nonton film adalah hal terbaik untuk meloloskan diri dari waktu. Main game hanya untuk bikin reviewnya.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.