Asus M409BA BV422T Laptop Murah 3 Jutaan RAM 4GB SSD 256 USB Type-C

By | Juni 8, 2020

Asus M409BA BV422T spesifikasi dan harga | Quick spec: AMD A4-9125, RAM 4GB, SSD 256GB, 14 inci, Radeon R3, WiFi a/c, Bluetooth 5.0, USB 3.1 Gen 1, USB 3.1 Gen 1 Type-C, USB 2.0, HDMI, card reader, fingerprint sensor, fast charging, Windows 10 Home x64 | Harga Asus M409BA BV422T berada di kisaran 3,8 sampai 4,2 jutaan.

Jika anda mencari laptop murah 4 jutaan dengan SSD 256GB, punya fingerprint sensor dan fast charging, maka salah satu pilihan terbaiknya adalah Asus M409BA ini.

Berikut ini adalah update harga Asus M409BA BV422T paling murah di beberapa marketplace yang sudah dikumpulkan Review Laptop ID:


Pasar laptop murah entry level memang sangat ketat. Dengan perbedaan spesifikasi yang tidak terlalu signifikan, memilih laptop murah 3 – 4 jutaan terbaik bukan perkara mudah.

Dari sekian banyak pilihan, Asus M409BA BV422T bisa menjadi pilihan yang bagus. Pas banget untuk Anda yang membutuhkan laptop untuk anak sekolah, teman-teman yang sedang kuliah, bapak – ibu guru, ataupun Anda yang bekerja kantoran dan karena WFH, harus bekerja online dari rumah.

Asus M409BA BV422T Silver

Kelebihan Asus M409BA

  • desain bagus dan minimalis
  • kinerja lumayan untuk Office dan browsing
  • opsi upgade RAM sampai 16GB
  • SSD PCIe 256GB
  • ada sensor sidik jari
  • USB 3.1 Gen 1 Type-C

Dibandingkan laptop murah lainnya yang berada di rentang harga 3 – 4 juta, laptop Asus M409BA ini memiliki beberapa kelebihan.

Desain bagus dan minimalis

Kelebihan Asus M409BA yang utama terlihat pada desainnya yang sangat kekinian. Ini bisa kita lihat dari desain layar NanoEdge yang membuat secara keseluruhan dimensinya menjadi lebih kompak, tegas, bersih, dan terlihat premium – termasuk pada jajaran laptop kelas entry murah 3 jutaan seperti M409BA BV422T ini.

Layar NanoEdge-nya bisa memberi rasio sampai 77.5%. Meskipun layar 14 incinya berjenis TFT TN LCD dengan LED backlight, tapi secara kualitas cukup bagus. Dengan 178° viewing angles, layarnya tetap bisa terlihat dengan jelas meski Anda berada di posisi tidak tepat di depan layar.

Dengan kemampuan menampilkan sampai 45% NTSC color gamut, warna pada layar laptop Asus M409BA BV422T ini cukup terang dan jernih menampilkan warna, meskipun jelas masih kalah dengan layar berjenis IPS.

Resolusi HD 1366 x 768 piksel juga masih nyaman digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari menonton film, mengedit dokumen, ataupun menikmati kenangan dengan melihat foto-foto dari masa lalu ketika masih bareng mantan.

Dan bagi Anda yang harus lama bekerja sampai seharian di depan layarnya, Asus masih menghadirkan fitur Asus EyeCare protection agar mata Anda terhindar dari kelelahan.

Layar matte dengan lapisan anti-glare digabung dengan Asus EyeCare sangat berperan membuat kegiatan komputasi dengan laptop Asus M409BA ini nyaman sekaligus aman.

Warna casing luar transparent silver pada Asus M409BA BV422T ini juga terlihat modern dan minimalis. Pas buat Anda yang ingin tampil formal tapi tidak ketinggalan jaman.

Kinerja sepadan dengan harganya

Untuk urusan kinerja, laptop murah Asus M409BA BV422T ini mempercayakan pada processor AMD A4-9125. Pilihan yang agak kurang pas sih ya…, mengingat ini processor sudah agak berumur.

Processor AMD A4-9125 ini sangat populer digunakan pada laptop entry seperti Lenovo Ideapad 330 14AST. Dibanding M409BA harganya memang lebih murah. Wajar-lah, karena dia masih pakai HDD konvensional 500GB.

Meskipun AMD A4-9125 ini masih dual-core, tetapi AMD berhasil membuatnya menjadi processor dengan kinerja bagus dan efisien di kelasnya. Sebagai processor APU generasi ketujuh, A4-9125 bekerja dengan frekuensi kerja 2,3GHz dan Turbo maksimal 2,6GHz.

Untuk ukuran sekarang, memang A4-9125 ini sudah agak ketinggalan. Meski sebenarnya masih cukup tangguh untuk tugas harian dan pekerjaan kantoran yang lebih banyak menjalankan aplikasi berbasis Office.

Anda tidak akan mengalami masalah untuk bekerja ‘serius’ dengan laptop Asus M409BA BV422T ini.

Kinerja multitaskingnya terhitung bagus, berkat RAM bawaan 4GB DDR4. Jika masih dirasa kurang, masih bisa upgrade sampai 16GB pada satu slot memory yang tersedia.

Dengan spesifikasi bawaan, Anda bisa menjalankan banyak aplikasi berbarengan dengan lancar, beralih tab di browser meskipun jumlah tab yang anda buka cukup banyak, bisa streaming lagu sambil mengetik tugas atau pekerjaan, sembari mencari referensi di internet.

SSD (Solid State Drive) PCIe M.2 berkapasitas 256GB sangat berperan meningkatkan kinerja keseluruhan laptop Asus M409BA ini.

Kinerjanya baru baru akan terasa kurang, ketika Anda memaksanya menjalankan aplikasi berbasis grafis yang memang bukan peruntukannya.

Meskipun sebenarnya kemampuan grafis laptop Asus M409BA BV422T ini cukup lumayan, karena telah didukung GPU (Graphics Processing Unit) AMD Radeon R3 terintegrasi.

Ini bukan GPU kelas atas ya…. Jadi ya jangan paksa untuk main game 3D yang berat atau merender proyek video dengan banyak object dan efek-lah….

Dengan mengandalkan 128 shader core dan arsitektur GCN (Graphics Core Next) yang berlari dengan kecepatan 655MHz dengan antarmuka memori 64-bit, serta ditandemkan dengan sharing VRAM hingga 512MB (shared), performa grafisnya masih cukuplah untuk menjalankan aplikasi grafis standar dan game ringan (yang benar-benar ringan maksudnya.)


Sensor Sidik Jari dan Keyboard empuk

Beberapa tahun belakangan ini, sensor sidik jari semakin populer hadir di laptop untuk memberi keamanan lebih pada pengguna.

Fingerprint sensor pada laptop murah meriah Asus M409BA ini ditempatkan pada pojok kanan atas touchpad-nya. Mudah digunakan, responsif, dan bisa digunakan terintegrasi dengan fitur Windows Hello bawaan Windows 10.

Laptop ini bisa Anda aktifkan dengan menempelkan jari saja, sama dengan HP (dari mode sleep ya.)

Bagaimana dengan keyboard-nya?

Ada yang berbeda. Jika sebelumnya rata-rata laptop Asus memiliki keyboard yang ‘rada dalam’ – dengan key travel 1.6mm. Pada laptop Asus murah M409BA ini, key travel tombol keyboard-nya sedikit lebih dangkal – 1.4 mm.

Apa artinya?

Buat saya pribadi, key travel yang lebih dangkal berarti lebih hemat tenaga. Tidak perlu menekan tombol keyboard terlalu kuat untuk mengetik. Rasanya jadi lebih mirip keyboard laptop Lenovo yang selama ini saya anggap sebagai laptop dengan keyboard paling nyaman.

Ini akan menyenangkan Anda yang pekerjaannya memang mengharuskan untuk mengedit dokumen yang panjang, seperti teman-teman yang sekarang masih sekolah atau kuliah – dimana sedang banyak-banyaknya tugas online karena semua dijalankan secara daring.

Port USB 3.1 Gen 1 Type-1

Belum banyak loh laptop murah 3 – 4 jutaan dengan USB Type-C.

Secara kecepatan, memang tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya. Tapi yang pasti, kompabilitasnya yang jauh lebih baik.

Asus M409BA ada USB Type-C

Fitur seperti ini membuat laptop Asus M409BA BV422T ini selangkah lebih bagus dari laptop dengan harga setara.

Baterai lebih awet dan fast charging

Meskipun baterai M409BA BV422T ini standar saja kapasitasnya, sebesar 32Whr berjenis lithium-ion, tetapi Asus membekalinya dengan fitur yang bisa memperpanjang usianya menjadi 3 kali lebih awet dibandingkan baterai laptop biasa.

Selain itu, ada fitur fast-charging yang pastinya sangat berguna bagi Anda yang sering terburu-buru. Dari baterai low sampai 60% bisa diisi ulang dalam waktu 49 menit saja.

Untuk penggunaan normal, baterainya sanggup bertahan selama 6 jam. Tentu saja, baterainya akan lebih cepat habis jika Anda membuka banyak sekali aplikasi berbarengan dengan kondisi terhubung internet.

Tetapi secara umum, baterainya terhitung awet.

Konektivitas lengkap

Selain hadir dengan port USB 3.1 Gen 1 Type-C dan sensor sidik jari yang sudah diulas diatas, laptop Asus M409BA BV422T ini juga membawa kelengkapan konektivitas yang lengkap supaya Anda mudah menghubungkannya dengan perangkat lain.

Tersedia modul WiFi tipe 802.11 ac yang lebih cepat, Bluetooth 5.0 yang lebih cepat dan hemat energi, port USB 3.1 Gen 1 Type-A, masih ada juga port USB 2.0 untuk perangkat yang lebih lawas, port HDMI, slot microSD, dan jack combo audio.

Yang agak berbeda lagi adalah slot card reader-nya. Laptop Asus M409BA BV422T ini menyediakan slot card reader untuk microSD yang biasa digunakan pada smartphone itu, bukan card reader ukuran standar yang biasa digunakan pada kamera pocket, DSLR, atau mirrorless itu.

Asus M409BA sisi kanan

Kalau bagi saya, ini hal bagus. Karena saya tidak punya kamera tersendiri, dan hanya mengandalkan smartphone untuk foto-foto. Lagipula, saya selalu lupa dimana konverter microSD ke SD card saya simpan. Ini lebih praktis – buat saya.

Lagipula, dengan spesifikasi yang dibawanya, laptop ini kurang cocok untuk Anda yang bekerja sebagai photographer atau videographer, sehingga kemungkinan ini akan jadi masalah rada kecil.

Untuk urusan audio, Asus membekali M409BA BV422T dengan 2 x 2W speaker stereo yang dipasang di sisi depan menghadap ke bawah. Sehingga memanfaatkan pantulan dari permukaan keras dibawah laptop untuk memperkuat suaranya.

Agak kurang nyaman buat yang suka nonton drakor di kasur nih, hehe….

Seperti biasa, ada Asus SonicMaster untuk memudahkan pengguna mengatur setting audionya supaya sesuai dengan preferensi masing-masing.

Suaranya terhitung cukup keras, tetapi ya standar saja. Kalau mau lebih, silahkan gunakan headset atau speaker eksternal – bisa yang pakai kabel dengan mencolokannya pada jack combo audionya, atau speaker Bluetooth yang sekarang harganya semakin murah itu.

Anda juga tidak perlu bingung harus membeli OS Windows 10, karena Asus sudah membundle-nya dalam paket penjualan.

Kekurangan Asus M409BA

  • kinerja standar

Harga Asus M409BA BV422T

Anda bisa membelinya di:

Spesifikasi Asus M409BA BV422T

  • Prosesor: AMD APU A4-9125 dual-core 2,3GHz dengan Turbo Core 2,6GHz
  • Chipset: AMD
  • Grafis: AMD Radeon R3 Graphics
  • Layar: TFT LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi HD 1366 x 768 piksel, 45% NTSC color gamut, Asus Splendid, Asus Eye Care, NanoEdge Display
  • Memori: RAM 4GB DDR4-2400MHz onboard, upgradeable to 8GB DDR4
  • Storage: SSD 256GB PCIe Gen3 x2 SSD
  • Konektivitas: WiFi 5 (802.11 ac), Bluetooth 5.0, Port USB 3.1 Gen 1, Port USB 3.1 Gen 1 Type-C, Port USB 2.0, Port HDMI, card reader, combo audio jack, fingerprint sensor
  • 2 x 2W dual speaker stereo, ICEpower, SonicMaster Audio
  • Kamera: webcam dengan resolusi VGA
  • Baterai: 2 Cell 32WHr lithium-ion Battery, fast charging 60% dalam 49 menit
  • Sistem Operasi: Microsoft Windows 10 Home x64 Asli
  • Dimensi: 325 x 216 x 22.9 mm
  • Berat 1,5 kilogram
  • Warna: Transparent Silver, Slate Grey, Peacock Blue, dan Rouge finish

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *