Asus K403FA EB301T Harga 7 Jutaan Spesifikasi Bisa Diajak Main Game

By | Desember 2, 2019

Asus K403FA EB301T harga dan spesifikasi | Quick Spec: Intel Core i3-8145U, RAM 4 GB, SSD 512 GB, Intel UHD Graphics 620, 14 inci Full HD, Fingerprint, Windows 10 | Anda bisa membeli laptop Asus VivoBook K403FA EB301T ini dengan harga mulai 7,7 sampai 8,3 jutaan.


Berikut ini harga Asus K403FA EB301T [Silver Grey Blue] di beberapa toko online terpercaya:


 

Laptop yang bernama panjang Asus VivoBook Ultra K403FA EB301T ini dirilis berbarengan dengan seri VivoBook A412 beberapa waktu lalu. Bagi Review Laptop ID, yang paling menarik dari seri K403 adalah daya tahan baterainya yang bisa bertahan sampai 24 jam.

Dari beberapa laptop yang pernah saya gunakan, belum pernah tuh, saya memakai laptop Windows yang baterainya lebih dari 8 jam.

Kalau beneran baterai Asus K403 bisa seawet itu, akan sangat menyenangkan tuh….

Tidak perlu setiap hari menambahi beban bawa-bawa charger laptop ke tempat kerja.

Coba kita lihat apa saja yang mungkin membuat kita semakin mudah jatuh cinta pada laptop tipis dan ringan tapi baterainya awet ini….

Asus K403FA EB301T

Kelebihan Asus K403FA EB301T

  • desain ramping dengan bobot ringan
  • layar Full HD
  • kinerja tangguh di kelasnya
  • storage M.2 NVMe PCIe SSD
  • baterai awet
  • konektivitas lengkap
  • keyboard dengan backlit
  • fingerprint sensor

Desain ramping dengan bobot ringan

Untuk saat ini, laptop dengan desain ramping, tipis, dan terutama bobot yang ringan sudah menjadi kebutuhan. Sudah bukan jamannya lagi laptop tebal nggendebleg dan berat.

Desain laptop Asus VivoBook Ultra K403 ini ramping dan mungil. Dengan layar 14 inci dan tapi bezel tipis berdesain Nanoedge Display, besarnya bisa disandingkan dengan laptop berlayar 13 inci.

Asus K403FA EB301T tampak samping kiri

Dengan sisi terpanjang hanya 32,3 cm, lebar 20,8 cm, ketebalan hanya 1,65 cm membuatnya mudah dimasukkan ke dalam tas kerja dan masih menyisakan ruang untuk perangkat lain.

Meskipun baterainya di klaim awet banget, ternyata bobotnya hanya 1,3 kg. Phew!!! Ini sangat menyenangkan.

Dan meskipun bezelnya tipis, Asus masih bisa menempatkan webcam di sisi atas, bukan menaruhnya di bagian bawah seperti beberapa laptop berbezel tipis lainnya. Dengan begitu, lawan video call anda tidak akan melihat lubang hidung anda.

Laptop Asus VivoBook Ultra K403FA EB301T ini juga memiliki build quality yang bagus karena sudah memiliki sertifikasi MIL-STD 810G.

Layar Full HD

Jika selama ini anda sudah terbiasa dengan laptop berlayar 14 inci dengan resolusi HD 1366×768 piksel, bisa jadi penambahan harga beberapa ratus ribu demi layar full HD 1080p terasa terlalu berlebihan.

Tapi percayalah, begitu anda menghabiskan 5 menit saja menikmati konten di layar 14 inci Full HD, mata anda akan mudah sekali iritasi melihat konten di resolusi HD.

Resolusi FullHD 1920 x 1080 piksel memang bukan resolusi tertinggi yang bisa anda nikmati pada layar laptop jaman sekarang.

Tetapi, untuk layar berdiagonal 14 inci, ini adalah resolusi optimal untuk pengalaman menikmati konten multimedia dan juga bekerja – utamanya jika pekerjaan anda membutuhkan detail yang lumayan tinggi.

Kinerja bisa diandalkan

Dari spesifikasinya, kita bisa melihat bahwa laptop Asus K403FA EB301T menyandarkan kinerjanya pada processor Intel Core i3-8145U.

Ini adalah processor dari generasi Whiskey Lake yang diumumkan 2018 lalu. Dibuat dengan proses 14nm, membuatnya lebih efisien dalam manajemen tenaga dan kecepatan.

Selain hemat tenaga, i3-8145U juga cukup tangguh untuk menjalankan aplikasi harian, seperti Microsoft Office, browsing internet, maupun menonton konten multimedia melalui streaming maupun memutar file media yang sudah ada di SSD 512GB-nya.

Clock speed Intel i3-8145U bisa dinaikkan sampai 3.9 GHz dengan Turbo Boosts – ini memberi sedikit harapan buat anda yang juga ingin bermain game lumayan intens.

Untuk kinerja grafisnya, ada Intel UHD Graphics 620 dan dual-channel memory controller. Lumayan cukup bagus kinerjanya, baik untuk bermain game maupun menjalankan aplikasi grafis yang lumayan berat.

Meski ada batasannya ya…. Ini IGP – alias Integrated Graphics Processor – kurang lebih sama dengan APU-nya AMD begitu, bukan GPU diskrit.

Tetapi jangan terlalu minder juga kalau mau memakai Asus K403FA EB301T ini untuk bermain game. Kalau hanya DOTA 2, CS: Go begitu masih cukup lancar dimainkan. Mainkan di setting rata kiri atau beberapa pengaturan di tengah masih bisa kog….

Untuk detailnya, silahkan baca Review Intel Core i3-8145U.

Storage M.2 NVMe PCIe SSD

Untuk saat ini, SSD NVMe masih menjadi pilihan paling masuk akal bagi pengguna yang membutuhkan storage cepat dengan harga sepadan.

Asus K403FA EB301T ini membawa SSD NVMe PCIe M.2 berkapasitas 512GB. Kapasitas yang untuk sebagian orang terasa nanggung. Karena semakin hari semakin banyak saja laptop murah hard disk 1TB.

Kalau Review Laptop ID sih tetap pilih yang pakai SSD NVMe PCIe M.2 ini secara native.

Dibandingkan dengan HDD konvensional, penggunaan SSD memberi pengaruh yang lumayan besar, terlebih yang memakai slot M.2 ini. Mulai dari baterai lebih awet, bobot lebih ringan, dan memungkinkan desain yang lebih tipis.

Setelah anda memakai laptop dengan SSD, anda akan merasa laptop pakai HDD itu lambat pakai banget.

baca juga: Jangan Upgrade SSD SATA anda ke SSD NVMe. Percuma!

Baterai awet

Untuk penggunaan normal, berapa lama baterai laptop anda bisa bertahan sampai perlu charge ulang?

Yang sekarang saya pakai, Asus Pro P2420LJ, rata-rata 3 sampai 4 jam – setelah masa pemakaian 3 tahun. Pertama kali beli dulu bisa sampai 8 jam kalau hanya dipakai untuk ketik dokumen di Microsoft Word.

Asus berani klaim bahwa baterai Asus K403FA bisa sampai 24 jam. Hmmmm…. Agak ragu ya?

Klaim yang ketinggian?

Saya kira tidak. Karena laptop tipis Asus ini didukung dengan komponen yang sudah dioptimasi untuk hemat baterai. Baterai Asus K403FA EB301T ini juga cukup besar, 72 Wh, 4-cell Li-ion. Bandingkan dengan baterai Asus Pro 2420LJ saya yang cuman 37 Wh, 3 cell.

Dengan processor Intel Core i3-8145U, SSD NVMe, baterai berkapasitas besar, seharusnya wajar kalau baterainya awet.

24 jam memang terasa agak berlebihan, saya kira akan lebih bisa diterima di angka 12 sampai 15 jam.

Seperti tes yang dilakukan Medcom.id, baterai laptop ini bisa bertahan 7 jam.

Untuk penggunaan sehari-hari seperti menjalankan Microsoft Office, browsing, dan streaming, itu sudah lumayan.

Akan lebih awet lagi jika benar-benar hanya digunakan untuk mengetik, hehe….

Hasilnya pasti akan berbeda jika backlit keyboard-nya dimatikan, brightness layar di redupkan, tidak ada port USB yang digunakan, dan mode terbang diaktifkan, wkwkwk….

7 – 12 jam itu sudah lebih cukup buat saya.

Konektivitas lengkap

Meskipun bodi Asus VivoBook Ultra K403FA EB301T ini tipis, tapi anda masih bisa menemui port yang cukup lengkap untuk membuatnya mudah terhubung dengan perangkat lain.

Anda masih bisa menemukan sebuah port USB 3.1 Type-A dan 3.1 Type-C, USB 2.0 Type-A, port HDMI, hingga card reader dan lubang combo audio jack. Kebanyakan laptop tipis mengurangi port konektivitas ini untuk mengakomodasi desain tipis-nya.

Keyboard dengan backlit

Pada laptop harga 7 jutaan, kehadiran keyboard dengan backlit sudah mulai mudah kita temui. Asus VivoBook Ultra K403FA EB301T i3 ini juga tidak mau kalah menghadirkan ‘kemewahan’ yang sebelumnya hanya hadir pada laptop diatas 10 jutaan.

Sebagai upaya untuk menambahkan keamanan data, Asus menyematkan sebuah sensor sidik jari pada trackpad-nya. Fitur khas laptop bisnis ini menjadi salah satu alasan kuat untuk membelinya, terutama bagi anda yang membutuhkan keamanan lebih pada data yang tersimpan di dalamnya.

Karena memakai Windows 10, maka bisa dipastikan sensor sidik jarinya terhubung dengan Windows Hello. Kinerja pemindai sidik jarinya tergolong cepat.

Kekurangan Asus K403FA EB301T

Agak susah mencari kekurangan Asus K403FA EB301T ini. Dari sisi desain dia sudah sangat kekinian, kinerja juga bagus – sesuai harga gitu maksudnya – processor generasi anyar hemat baterai, RAM 4GB, SSD NVMe 512 GB, baterai awet, punya sensor sidik jari. Hmmm….

Dengan desainnya yang tipis, anda tentu tidak berharap ada drive optis kan? Jadi itu tidak bisa dianggap sebagai kelemahan.

Emmm, bagi anda yang suka pilih-pilih soal warna, mungkin akan merasa bahwa anda tidak punya banyak pilihan warna casing luar Asus VivoBook Ultra K403FA EB301T ini, karena pilihannya memang sedikit.

Spesifikasi Asus K403FA EB301T

  • Layar: 14 inci resolusi Full HD
  • Dimensi: 32,3 cm x 20,8 cm x 1,65 cm
  • Bobot: 1,3 kilogram
  • Prosesor: Intel Core i3-8145U
  • Grafis: Intel HD grafis 620 terintegrasi
  • RAM: 4 GB
  • Memori: SSD 512 GB
  • OS: Windows 10
  • Baterai: 72 Wh, 4-cell Li-ion
  • Input/Output”: 1x USB 3.1 (Gen1) Tyoe-C, 1x USB 3.1 (Gen1) Type-A, 1x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI, 1x audio jack, 1x SD card reader.
  • Kamera: HD Web Camera
  • Koneksivitas: Dual-Band 802.11ac WiFi, Bluetooth 4.2
  • Warna: Silver Blue

Daftar harga Asus K403FA EB301T [Silver Grey Blue] di beberapa toko online terpercaya:


Belum yakin dengan Asus VivoBook Ultra K403FA EB301T?

Ok, sepertinya memang klaim baterai Asus K403FA EB301T bisa dipakai selama 24 jam untuk sekali charge itu agak ketinggian. Tetapi, waktu 7 sampai 8 jam penggunaan normal itu masih terhitung lama.

Kalau hanya untuk pekerjaan kantoran, mengerjakan tugas sekolah atau kuliah, mengelola akun online shop, menikmati konten multimedia, atau nonton film, itu sudah sangat memuaskan.

Kinerja dan efisiensi penggunaan baterainya harus diakui adalah salah satu kelebihan Asus K403FA EB301T ini.

Yang jelas, jika pekerjaan menuntut anda kesulitan mendapatkan colokan listrik karena harus mobile, laptop Asus yang ringan ini sangat layak masuk daftar beli.

Desain yang tipis dan kekinian, berat yang hanya 1,3 kg, bezel tipis, keyboard yang nyaman digunakan mengetik dalam waktu lama, dan layar Full HD yang jernih dan mantap warnanya ini sangat layak beli.

Loading...
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *