5 Merk Laptop Paling Laris Tahun Ini

Sedang mencari laptop terbaru dalam waktu dekat ini? Biasanya sih cara paling mudah menentukan merk laptop paling bagus itu dari jumlah penjualannya. Kalau laptop itu laris, berarti laptop itu bagus. Semudah itu? Bisa ya, bisa tidak. Pendapat saya pribadi sih gini, kalau sekarang, kita tidak bisa dengan mudah menentukan merk laptop terbaik. Karena masing-masing punya kelebihan dan kelemahan sendiri-sendiri.

Bisa jadi, merk laptop tertentu sangat laris karena bisa meramu spesifikasi laptop yang sesuai dengan kebutuhan pasar sekaligus efektif dari sisi biaya, sehingga harga jualnya bisa lebih murah dari yang lain. Bisa juga dari sisi iklan yang pas dengan budaya kelompok konsumen yang dituju. Laptop bagus, desain sip, tapi harga kemahalan ya jadi susah juga jualannya, hehehe….

Untuk tahun ini (2015), ada rilisan data penjualan laptop sepanjang kuartal kedua 2015 dari IDC. Untuk 5 besar merk laptop paling laris tahun ini, hasilnya adalah seperti ini:

  1. Lenovo
  2. HP
  3. Dell
  4. Apple
  5. Acer
Dell XPS 13
Dell XPS 13
Loading...

Mengejutkan? Iya. Bagi saya. Lenovo itu kan kemarin bermasalah karena insiden Superfish-nya yang membuat pembeli laptop Lenovo seri tertentu protes karena ada adware yang diselipkan dengan sengaja demi pendapatan dari iklan oleh pihak Lenovo. Kog ternyata masih laris ya? Atau mungkin juga sejak awal sebelum Superfish itu menjadi bencana, penjualan Lenovo sudah tinggi.

Memang sih data penjualan laptop yang dirilis IDC ini masih sampai kuartal kedua saja. Tapi tampaknya tidak akan perubahan yang terlalu besar sampai akhir tahun nanti.

  1. Lenovo
  2. HP
  3. Dell
  4. Apple
  5. Acer

Ini daftar lengkap laptop terlaris 2015

Merk Laptop Paling Laris 2015

Kalau dibandingkan dengan penjualan laptop di Indonesia, daftar di atas tampaknya juga tidak jauh berbeda. Merk HP, Dell, Apple, dan Acer memang merk yang besar di sini.

Mungkin ada yang bertanya, Asus di mana ya? Sebenarnya Asus juga berada di urutan ke 5 bareng dengan Acer. Hanya dia kalah penjualan sebanyak 4000 unit.

Jangan heran dengan ketidak hadiran merk laptop yang dulu sempat sangat exist macam Toshiba. Beberapa tahun ini Toshiba seperti membiarkan divisi laptop-nya tertinggal dari produsen lain. Hampir tidak ada seri laptop Toshiba baru yang punya kelebihan dibanding produk sejenis. Iklan mereka juga jarang terlihat di media. Jualan TV lebih menguntungkan sepertinya.

Saya sendiri sekarang cuman memakai netbook Asus 1215B jadul setelah sebelumnya memakai netbook Acer. Keduanya saya gunakan sampai lebih dari 3 tahunan dan baik-baik saja. Kalau sekarang, saya lagi senang dengan Dell yang membawa perubahan desain laptop mereka lebih mengkotak. Saya suka itu. Hehe….

(Dibaca 4,135 kali, hari ini 1)

Share ya....

Jangan ragu untuk berkomentar ya....